Minggu ini akan menjadi momen yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat. Selain menikmati long-weekend, kita juga akan menyambut Hari Kemerdekaan yang jatuh pada hari Senin mendatang. Jika kamu belum memiliki rencana untuk melakukan aktivitas di luar rumah, berikut lima rekomendasi film Indonesia bertemakan nasionalisme yang dapat melengkapi akhir pekanmu.

1/5 Soekarno

Disutradarai oleh Hanung Bramantyo, film berjudul Soekarno ini menceritakan tentang perjalanan hidup Presiden pertama RI yang diperankan oleh Aryo Bayu. Berlatarkan era pra-kemerdekaan, film ini juga menceritakan perjuangan Soekarno dan Bung Hatta dalam upaya mewujudkan Indonesia Merdeka.

2/5 Tanah Surga Katanya

Film yang dibintangi Aji Santoso dan Fuad Idris ini berkisah tentang sukarelawan konflik Indonesia-Malaysia 1965 yang harus rela berjuang bersama anak dan cucunya setelah istrinya meninggal di perbatasan Indonesia-Malaysia. Para menghuni kawasan perbatasan tersebut menghadapi dilema dimana mereka hidup dalam kesetiaan dan loyalitas pada Indonesia dengan segala keterbelakangan teknologi dan pembangunan, atau berpindah ke negara tetangga yang menawarkan hidup yang lebih layak.

3/5 Gie 

Film yang muncul dirilis pada tahun 2005 ini adalah film garapan Riri Riza, yang diangkat dari kisah hidup aktivis muda bernama Seo Hok Gie. Gie adalah mahasiswa keturunan Tionghoa dari Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Ia dikenal sebagai pria yang memiliki pendirian teguh, sangat idealis dan memegang prinsip. Dalam film tersebut, Gie yang diperankan aktor Nicholas Saputra sebagai seseorang yang sangat menginginkan Indonesia berdiri dengan keadilan dan kebenaran murni.

4/5 Guru Bangsa Tjokroaminoto

Siapa dan bagaimana perjuangan seorang HOS Tjokroaminoto mungkin belum banyak diketahui masyarakat terutama generasi muda. Seperti pernah dikatakan Reza Rahadian yang memerankan sosok pahlawan nasional tersebut, kita mungkin hanya tahu namanya dari nama jalan dan disebut sebagai pahlawan pergerakan nasional. Sosok pahlawan yang akrab dipanggil Tjokro ini coba ditampilkan oleh Garin Nugroho lewat film Guru Bangsa: Tjokroaminoto.

Berlatarkan zaman penjajahan, film berdurasi dua setengah jam ini mengisahkan perjuangan Hos Tjokroaminoto dalam melawan penjajahan juga perjuangan menyamakan hak dan martabat masyarakat Indonesia yang terjajah.

5/5 Denias, Senandung di Atas Awan

Diproduksi pada tahun 2016 lalu, film garapan John de Rantau ini mengisahkan seorang anak suku pedalaman Papua bernama Denias, yang berjuang untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Dalam film berdurasi 110 menit ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan wilayah Papua yang sangat indah namun jarang terpublikasi. Beberapa aktor dan aktris yang turut berperan dalam film ini adalah Ari Sihasale, Nia Zulkarnaen, Marcella Zalianty dan Pevita Pearce.