Film kini bukan lagi sekadar tontonan, tetapi bisa menjadi media untuk menyuarakan suatu hal yang dianggap sensitif, seperti halnya penyandang disabilitas. Kehidupan mereka sering kali terpinggirkan dan diremehkan orang sekitar. Berangkat dari kegelisahan tersebut, para penggiat film berupaya membuka mata penonton melalui seri film mengenai penyandang disabilitas. Seri film ini diharapkan dapat perlahan mengikis stigma buruk atau membuka sudut pandang baru tentang mereka yang memiliki kondisi spesial. 

Kami menghadirkan lima rekomendasi seri film yang berkomitmen dalam mewakili penyandang disabilitas, untuk ditonton di akhir pekan:

1/5 Extraordinary Attorney Woo (2022)

Berlatar pengadilan, Extraordinary Attorney Woo menjadi drama Korea paling populer di Netflix. Dalam drama ini, kamu dapat melihat perjuangan Woo Young Woo (Park Eun Bin) untuk bisa pengacara andal di firma hukum ternama. Gangguan spektrum autisme yang diderita Woo membuatnya sering menerima perlakuan tidak pantas, bahkan diremehkan saat pertama kali masuk kerja. Padahal, Ia adalah lulusan terbaik di Universitas Nasional Korea dan memiliki IQ di atas rata-rata. Meski begitu, Woo tidak putus asa. Ia menunjukkan semangat juang yang tinggi dan berhasil memenangkan kasus, hingga koleganya yang meragukan mulai berbalik mempercayai dan menghargai dengan segala kelebihan dan kekurangan Woo.

2/5 Atypical (2017)

Seri film garapan produser Seth Gordon ini juga mengangkat tema yang serupa dengan kisah Extraordinary Attorney Woo, lho. Kali ini, Sam (Keir Gilchrist) menjadi tokoh sentral dari seri film Atypical, Ia adalah remaja laki-laki berusia 18 tahun yang berjuang menjalani kehidupan kuliah dan membangun hubungan romantis. Kisah Sam di Atypical lebih berwarna dengan bumbu komedi di dalamnya. Kamu akan menemukan berbagai peran pendukung yang menambah keseruan cerita. Meski banyak bergelut dengan keterbatasannya, Sam mampu mencapai apa yang ia inginkan. Selain Keir, Atypical turut dibintangi Jennifer Jason Leigh, Brigette Lundy Paine, hingga Fivel Stewart. Seri film ini tayang dalam tiga musim dan dapat ditonton untuk usia 18 tahun ke atas.

3/5 Daredevil (2015)

Biasanya, superhero digambarkan sebagai sosok yang hebat tanpa cela, padahal mereka juga memiliki kelemahan lain layaknya manusia biasa, termasuk kisah Matt Murdock di Daredevil. Ben Affleck yang memerankan karakter Matt Murdock ini diceritakan sebagai pahlawan super. Ia melawan para penjahat dalam kondisi buta atau tunanetra. Sebuah kecelakaan merenggut kedua mata Matt dan membuatnya tidak bisa melihat selamanya. Pasca kecelakaan, Matt sempat mengalami kesulitan untuk menjalani aktivitas. Namun, ia tidak menyerah dan berusaha keluar dari zona gelap dengan mempertajam panca indera lain.

4/5 Raising Dion (2019)

Mengikuti perjalanan hidup Nicole Reese (Alisha Wainwright) yang membesarkan putranya, Dion (Ja’siah Young) pasca kematian suaminya, Mark (Michael B.Jordan). Nicole berupaya menyembunyikan rahasia Dion dari orang-orang yang mengeksploitasi kemampuan sang putra. Di sekolah, Dion memiliki seorang sahabat bernama Esperanza, seorang gadis cilik dengan kursi roda yang menemani kesehariannya. Peran itu dimainkan oleh Sammi Haney, Ia terlahir dalam kondisi osteogenesis imperfect (OI) atau dikenal dengan penyakit tulang rapuh.

5/5 3% (2016)

Rilis tahun 2016 silam, 3% menjadi serial asal Brazil yang menuai kesuksesan besar dan digarap hingga season 4 di Agustus 2020. Serial garapan Pedro Aguilera memperlihatkan kisah Michelle Santana (Bianca Comparato) bersama  ratusan pemuda-pemudi yang berjuang dalam mempertahankan posisi di arena pertandingan. Sesuai dengan judulnya, hanya 3% peserta yang bisa mendapat kehidupan layak di sebuah tempat bernama Offshore. Kamu akan dibuat terkejut dengan aksi bertahan hidup Michelle di seri film, 3%. Tak sampai di situ, serial ini juga menunjukkan rasa depresi Michelle dan peserta lain saat dihadapkan dengan serangkaian tes. Yang tadinya aliansi berubah menjadi rival. Satu per satu sifat asli mereka pun keluar tanpa terduga.