nike.jpgFoto dok: unsplah.com/@flo_karr

Tahun ini, olahraga bersepada menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan dan sedang digemari semua kalangan. Tidak hanya membuat kita lebih sehat, aktivitas bersepeda juga menjadi salah satu kegiatan yang paling ampuh untuk melepas rasa kebosanan serta stress akibat pekerjaan dan jadwal harian yang padat. 

Selain road bike, mountain bike dan city bike, sepeda lipat kini juga menjadi salah satu yang paling digemari karena kepraktisannya. Bagi kamu yang baru menggeluti hobi bersepeda, berikut lima cara merawat sepeda lipatmu agar selalu terlihat baru dan tahan lama. Berikut ulasannya.

1/5 Setting sepeda lipat kepada ahlinya

ahli.jpgFoto dok: pushpedal.co.uk

Meski kamu dibekali dengan buku petunjuk perangkaian, ada baiknya jika kamu datang kepada ahlinya saat merakit sepeda. Pada salah satu wawancaranya pada media lokal, Hendra selaku CEO Element Bike mengatakan bahwa setelan sepeda dari pabrik tidak 100 persen pas sehingga dibutuhkan tenaga ahli yang berpengalaman untuk merakitnya untuk menghindari kerusakan.

2/5 Selalu cek tekanan ban sepeda

WHEEL.jpgFoto dok: unsplash.com/ @timberfoster 

Hal selanjutnya yang wajib kamu perhatikan ketika merawat sepeda lipat adalah tekanan ban. Pastikan agar ban sepeda yang kamu miliki dalam volume yang pas. Tidak terlalu kempes karena mudah tertusuk benda tajam dan membuat ban dalam terlihat dan juga tidak terlalu keras karena akan menimbulkan tekanan yang membuatnya pecah.

Setiap ban sepeda memiliki standar volume yang berbeda-beda. Oleh karena itu pastikan jika untuk melihat buku petunjuk. Tekanan ban yang tepat dapat membuat kegiatan bersepedamu lebih lebih aman dan lancar. Saat tidak digunakan, jangan lupa untuk melapisi ban sepeda lipatmu dengan kain atau karton tebal. Bersentuhan langsung dengan lantai atau keramik dapat membuat volume ban berkurang.

3/5 Cuci sepedamu secara rutin

waash.jpgFoto dok: bicycling.com

Mencuci sepeda kerap dianggap sepele karena terlihat biasa. Namun, mencuci sepeda lipat dibutuhkan perhatian ekstra. Usahakan untuk menghindari semprotan air bertekanan tinggi, karena akan merusak beberapa bagian vital seperti hub, kabel rem dan shifter. Membersihkan sepeda lipat sebenarnya cukup mudah. Hanya dengan disiran dan dilap secara merata. Setelah pencucian, pastikan jika kamu mengelap seluruh bagian sepeda, terutama di bagian yang sulit terjangkau dengan lap kering agar tidak berkarat. Perhatikan juga bagian-bagian penting lainnya seperti engsel stang, lingkat ban, katip di bawah jok, kerangka penyangga di sekitar ban juga bagian pedal. Untuk memastikan jika sepedamu bersih, perhatikan juga bagian BB yang berfungsi sebagai saluran air. Pastikan bahwa bagian tersebut tidak tersumbat kotoran terutama lumpur.

4/5 Lumasi bagian penting sepeda secara berkala

lumasi.jpgFoto dok: unsplash.com/ @wayneb250 

Seperti sepeda jenis lainnta, bagian-bagian sepeda yang penting seperti rem, rantai dan kabel shifter harus dilumasi secara berkala. Ketiga bagian ini sangat penting untuk menentukan bahwa sepedamu dapat beroperasi dengan baik. Hindari menggunakan pelumas WD-40 atau penetrant sejenis lainnya karena dapat membuat bagian-bagian tersebut menjadi aus. Jika kamu tidak melumasinya secara berkala, sepeda akan mengeluarkan bunyi berisik dan membuat rantai mudah kering.

5/5 Atur tempat penyimpanan

5d637579ab3cbb52b7f7362e12bd16f0.gifFoto dok: diynetwork.com

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting adalah penyimpanan. Saat tidak digunakan dalam jangan waktu cukup lama, pastikan bahwa kamu melipat dan menyimpannya di tempat yang mudah terlihat. Hal ini akan membantumu untuk mengakses dan mempehatikan kondisi sepeda lipatmu dan membuatmu mudah teringat bahwa kamu harus sering merawatnya.