cover.jpgFoto dok: ft.com

Drive-in cinema sempat menjadi ikon budaya di berbagai negara termasuk di Negeri Paman Sam. Sempat lama ditinggalkan, bioksop ruang terbuka ini kini kembali diminati. Di tengah pandemi Covid-19, kehadiran drive-in cinema bisa menjadi pengobat rindu bagi para penikmat film dan memberikan pengalaman menonton bioskop yang berbeda. Berikut lima drive-in cinema di dunia yang beroperasi selama pembatasan sosial.
 
1/5 Drive-In Cinema Jakarta

indonesia.jpgFoto dok: MSN.com

Kehadiran Drive-in Cinema di Indonesia, khususnya di Ibu Kota, bisa menjadi pengobat rindu bagi para penikmat film di tengah pandemi COVID-19 saat ini. Sementara bioskop ditutup untuk umum, para pecinta film dapat menikmati berbagai tontonan menarik hanya dalam mobil saja. Memiliki konsep seperti layar tancap, Adam Hadziq selaku perwakilan dari Ergo and Co., EO yang menyelenggarakan Drive-In Cinema, mengatakan bahwa nantinya layanan ini akan di adakan di area parkir terbuka dimana hanya akan ada 80 mobil yang bisa masuk saat pemutaran film berlangsung.
 
Dikutip dari kompas.com, Adam mengatakan bahwa layar yang akan digunakan pada layanan ini tidak akan sama seperti layar tancap di masa lalu. Berukuran sekitar 240 meter persegi atau 24 x 10, Ergo and Co Drive-in Cinema akan menggunakan layar LED yang dilengkapi dengan data tone sehingga kualitas gambarnya akan lebih baik dan mudah untuk ditonton dari balik mobil. Selain itu, Adam juga menambahkan bahwa setiap pengunjung akan diberikan alat frekuensi dan earphone untuk mendapatkan audio berkualitas. “Acara-acara drive-in di luar negeri menggunakan frekuensi radio yang dapat mereka dengarkan langsung di dalam mobil. Namun, teknik semacam ini belum dapat dilakukan di Indonesia. Frekuensi radio juga menyebabkan keterlambatan audio saat menonton dan hal ini akan mengurangi kenyamanan penonton saat menikmati film.”

Tidak hanya itu, konsep drive-in cinema ini akan memutar beberapa film per hari dan pembelian tiket akan dilakukan secara online. Demi menjaga keamanan dan kebersihan, setiap mobil yang datang ke area pemutaran film juga akan disemprotkan disinfektan.
 
Saat ini belum ada penjelasan lebih detail terkait konsep, waktu dan lokasi pengadaan drive-in cinema tersebut. Namun, akun Instagram @driveincinemajkt menginformasikan bahwa acara ini akan digelar mulai Juni 2020 dengan venue di seputaran Jakarta. Ergo and Co. dikabarkan masih mematangkan konsep acara dan menyesuaikan dengan regulasi pemerintah agar Drive-In Cinema bisa segera terlaksana.
 
2/5 VOX Drive-in Cinema, Dubai

dubai.jpgFoto: arabianbusiness.com

Tidak hanya di Indonesia, Drive-in Cinema juga akan segera diadakan di Dubai. Dilansir dari gulfnews.com, bioskop drive-in ini akan di selenggarakan di atap salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Dubai yaitu Mall of Emirates. Dengan kewajiban pembatasan sosial, perwakilan VOX Cinemas , Majid Al Futtaim, mengatakan bahwa setiap mobil yang berkunjung hanya dibatasi untuk dua orang saja.

Semua staf yang bekerja juga akan mengikuti langkah-langkah kemanan dan kesehatan dari perusahaan induk malldan memastikan bahwa jarak fisik akan tetap terjaga saat pemutaran film berlangsung.
 
Sama seperti pemutaran di luar negeri, VOX Drive-in Cinema akan menggunakan frekuensi radio untuk audio film yang akan disiarkan secara langsung ke dalam mobil para pengunjung. Biaya per mobil (maks 2 orang) adalah 80 AED atau Rp728.000, yang termasuk paket makanan dan minuman seperti popcorn, nachos, M&, minuman ringan dan air mineral. Hasil dari biaya pemutaran ini juga akan digunakan untuk insiatif 10 Juta Makanan yang menyediakan makanan bagi mereka yang membutuhkan selama Ramadhan.

3/5 The Showboat Drive-In Theater, Texas-AS

texas.jpgFoto dok: groupon.com

Berlokasi sekitar 30 menit berkendara di luar Houston, Texas-Amerika Serikat, The Showboat Drive-In Theatre di area Hockley ini mengalami penurunan penjualan tiket pada awal tahun. Namun, pada akhir Maret, pemilik teater, Andrew Thomas mengatakan bahwa pada akhir Maret penjualan tiketnya meningkat hingga 40 persen. Ia mengatakan bahwa hal ini didorong oleh diberlakukannya pembatasan sosial yang memaksa berbagai bioskop ditutup untuk sementara.
 
Sama seperti drive-in cinema lainnya, Showboat menawarkan berbagai pilihan film untuk dinikmati. Namun, berbeda dari bioskop pada umumnya, outdoor cinema ini tidak memutar film terbaru, melainkan film yang di rilis di tahun-tahun sebelumnya.

4/5 Drive-in Cinema, Iran

IRANI.pngFoto dok: Haaretz.com

Ditiadakan sejak Revolusi Islam pada 1979, kini drive-in cinema kembali diadakan di Iran. Beroperasi di tempat parkir di bawah menara Milad yang ikonik di Teheran, bioskop drive-in ini menawarkan berbagai pilihan film lokal seperti ‘Exodus’ karya sutradara Ebrahim Hatamikia yang berfokus pada petani kapas yang ladangnya mati karena air garam yang dibawa oleh bendungan setempat. Tidak hanya itu, demi menjaga kemanan dan kebersihan, setiap mobil yang datang ke pemutaran film ini juga akan di semportkan disinfektan serta pemembelian tiket secara online. Walaupun sempat dikecam oleh kelompok revolusioner, drive-in cinema ini dapat memberikan pilihan menarik bagi para pecinta film di Negeri 1000 Mullah ini.

5/5 Mission Tiki Drive-In, California

tiki.jpgLosangeles.cbslocal.com

Mission Tiki Drive-In mungkin merupakan satu-satunya teater yang beroperasi di California Selatan selama pandemi COVID-19. Teater terbuka yang beroperasi sejak 1956 ini memiliki empat layar dimana masing-masing layarnya memutar dua film setiap harinya. Seperti Showboat Drive-In Theatre di Texas, Mission Tiki Drive-In menayangkan beberapa film yang telah dirilis dalam dua bulan terakhir seperti "Knives Out," "The Hunt," "The Invisible Man" dan “Troll’s World Tour.” Dengan harga tiket sebesar 10 dolar AS atau Rp 148.000, pengunjung dapat menikmati penayangan film dari dalam mobil. Beberapa stand makanan seperti pizza, burger dan nachos juga tersedia untuk menemani para pengunjung saat menonton. Berbeda dari drive-in cinema lainnya, Mission Tiki diperuntukan bagi keluarga yang ingin menikmati pengalaman menonton di ruang terbuka yang menyenangkan.