WhatsApp Image 2019-10-04 at 17.38.11.jpegFoto: Dok. Berklee Indonesian Community

Pada hari Rabu, tanggal 2 Oktober 2019, sebuah konser semi-teatrikal dengan tajuk “Legenda” berhasil menghibur 800 penonton yang hadir di Berklee Performance Center, Boston, US. Bertepatan dengan Hari Batik Nasional, “Legenda” menampilkan pertunjukan budaya dari Berklee Indonesian Ensemble (BIE) beserta beberapa musisi luar dari 15 negara. 

Ditemui sehabis acara, Yohanes Jatmiko selaku Plt. Konsul Jenderal RI di New York mengungkapkan bahwa ia sangat terkesan dengan penampilan dari anak-anak BIE. Tidak lupa beliau juga memuji kecantikan budaya Indonesia dan bangga terhadap potensi anak bangsa yang cemerlang dan luar biasa. 

Selain itu, Bernard Jonathan selaku Presiden Berklee Indonesian Community dan music director acara ini turut memberikan komentar yang serupa. Menurutnya, dengan adanya acara ini dapat menjadi momen untuk menciptakan kesatuan budaya Indonesia melalui musik. Sekaligus sebagai momen untuk menyebarluaskan pesona budaya Indonesia. 

Sang musisi legendaris Indonesia, James F. Sundah, juga turut hadir di acara ini. Musisi kelahiran Semarang ini memang sengaja hadir dari New York untuk menyaksikan penampilan anak bangsa. Dirinya mengaku sangat terkesan dan berharap dengan adanya pentas kebudayaan seperti ini dapat menjadi momen untuk menyadarkan betapa pentingnya untuk menghargai perbedaan di Indonesia. 

berklee.jpgFoto: Dok. Berklee Indonesian Community 

Ada 6 cerita rakyat dari seluruh penjuru Indonesia yang ditampilkan di acara ini. Cerita tersebut adalah Telaga Biru dari Maluku Utara, Ramayana dari Jawa Bawang Merah Bawang Putih, Cendrawasih dari Papua Barat, Telaga Tiga Warna dari Nusa Tenggara Timur, dan Malin Kundang dari Sumatera Barat.  

Keenam cerita tersebut diceritakan dalam bentuk visual seperti tari-tarian dari Nusantara Kreasindo, nyanyian dan juga teater. Namun sebelum cerita dimulai, ditayangkan sebuah cuplikan video dalam Bahasa Inggris untuk memberikan pengertian lebih kepada penonton lokal. 

Baca juga: 5 Aktor dan Aktris yang Menyesal Memainkan Peran Besar

Tags: Arts And Culture, Berklee Indonesian Community, Legenda, Berklee College Of Music