Tidak dapat dipungkiri bahwa emas masih menjadi produk pilihan untuk investasi yang diminati masyarakat. Menurut hasil riset Inside ID yang dilakukan pada tahun 2018 lalu, emas berhasil menempati urutan pertama pilihan investasi di Indonesia mengalahkan deposito, properti, reksa dana, ataupun saham. 

Melihat respon masyarakat yang gemar akan emas, beberapa pengusaha digital memutuskan untuk membangun aplikasi yang dapat memudahkan banyak orang saat ingin bertransaksi jual beli emas. Seperti contoh 5 aplikasi di bawah ini. 

1/5 E-Mas 

emas blogsderhana.jpegFoto: Dok. Blogsederhana.com

Aplikasi jual beli emas pertama yang bisa kamu punya adalah E-Mas. Pertama kali hadir di tahun 2014, E-Mas menyediakan platform untuk penjualan dan pembelian emas secara online. Melalui aplikasi ini, kamu bisa membeli emas mulai dari nominal Rp100 dan bisa ditambah atau jual kapanpun. Lebih spesialnya lagi, jika berat emas yang kamu beli sudah mencapai berat sebesar mulai dari 1 gram, maka kamu bisa menariknya dalam bentuk fisik asli. 

2/5 Lakuemas

appstore laku emas.jpgFoto: Dok. Appstore Apple

Selanjutnya ada Lakuemas. Sama halnya dengan E-mas, disini kamu bisa melakukan transaksi jual beli emas secara online. Tidak hanya jual beli, Lakuemas juga menyediakan layanan cetak sertifikat emas mulai dari pecahan terkecil mulai dari 10 gram. Untuk angka minimal pembeliannya, kamu bisa membeli emas mulai dari Rp50.000. 

3/5 IndoGold

ingogoldtwitter.jpgFoto: Dok. IndoGold Twitter

Aplikasi ketiga adalah IndoGold. Di aplikasi ini, kamu bisa membeli dan menjual emas secara efisien bahkan dalam jumlah kecil sekalipun. Tidak hanya itu, ada beberapa layanan selain jual beli yang ditawarkan di aplikasi ini. Mulai dari Tabungan Emas, Cicilan Emas dan juga Gadai Emas bisa kamu temukan di aplikasi ini. Emas digital milik kamu juga bisa ditarik dalam bentuk fisik saat jumlah emas yang telah ditabung mencapai berat minimal 1 gram. IndoGold sudah diawasi oleh OJK dan dilindungi oleh asuransi, sehingga aman dan terpercaya. 

4/5 Tamasia 

tamasia.jpgFoto: Dok. Tamasia.com

Bagi kamu yang ingin membeli emas batangan dari Antam dan tidak mau repot, maka kamu perlu mendownload aplikasi Tamasia ini. Di sini, kamu bisa mendapatkan emas batangan produksi Antam mulai dari kisaran harga Rp10.000. Namun bagi kamu yang ingin membeli emas dalam skala besar, Tamasia memberikan layanan pembayaran dengan cicilan selama 3 hingga 24 bulan. Lalu untuk urusan keamanan, tidak perlu diragukan karena Tamasia sudah terdaftar terdaftar di KEMKOMINFO dan berada dalam pengawasan oleh BAPPEBTI. 

5/5 Pegadaian Digital 

pegadaian digital .com.jpgFoto: Dok. Pegadaian Digital

Terakhir ada aplikasi Pegadaian Digital. Pegadaian Digital Service merupakan platfrom online dari Pegadaian yang diluncurkan pada tahun 2018 lalu. Melalui aplikasi ini, kamu dapat mendapatkan mendapatkan informasi terkini dari produk-produk Pegadaian termasuk juga membuka tabungan emas. Pegadaian Digital ini juga diketahui baru saja bekerja sama dengan Tokopedia untuk menghadirkan fitur Tokopedia Emas. Melalui platform ini, kamu bisa jual beli dan menabung emas mulai dari Rp500. 


Baca juga: What Skills Do Millennials Need To Survive In ‘Industrial Revolution 4.0’?

Tags: Arts And Culture, E-Mas, Tamasia, IndoGold, Pegadaian Digital, Aplikasi Emas, Lakuemas