oscars.jpgFoto dok: Mark Ralston/AFP

Setelah tertunda hampir dua bulan, ajang penghargaan Oscar 2021 yang sangat dinanti-nanti akhirnya akan berlangsung pada bulan April 2021. Berbeda dengan kedua ajang penghargaan sebelumnya, yaitu Emmy dan Golden Globes, acara Oscars kali ini akan tetap diadakan secara fisik. Namun, kehadiran hanya dibatasi untuk para nominasi dan tamu mereka, serta presenter yang akan memimpin acara. Para nominasi yang tidak dapat hadir atau terbang dari negaranya juga masih bisa berpartisipasi secara virtual.

Bagi kamu para penonton setia perhelatan Oscar, berikut beberapa informasi yang bisa membantu menjawab pertanyaanmu, mulai dari runtutan acara, nominasi yang masuk tahun ini, di mana kita bisa menyaksikannya dan masih banyak lagi. Berikut ulasannya.

1/5 Akan digelar di dua tempat terpisah
 
Pada tahun ini, Academy Awards yang ke-93 akan diadakan di dua lokasi terpisah. Dilansir dari Hollywood Reporter, acara ini akan bertempat di Dolby Theater dan Union Station, pusat kereta api Los Angeles yang ikonik. Namun, ini bukan pertama kalinya Oscar diadakan di dua lokasi. Sebelumnya, ajang penghargaan bergengsi ini juga diadakan sebagai acara bicoastal selama beberapa tahun selama tahun 1950-an.

2/5 Diadakan pada 25 April 2021
 
Sebelumnya, ajang penghargaan Oscar selalu dilakukan pada bulan Februari, namun kali ini harus diundur dua bulan karena pandemi Covid-19. Pada laman Instagram resminya, pihak penyelenggara mengumumkan bahwa acara ini akan diadakan pada 25 April 2021 pada pukul pukul 07:00 pagi GMT+7.

Selain jadwal yang berubah, pandemi Covid-19 juga merubah pakem Academy Awards dalam pelaksanaan seleksi tahun ini. Sementara industri pemutaran film bioskop lesu, konten dari layanan streaming melaju pesat. Oleh karena itu, seleksi tahun ini melonggarkan batasan kelayakan film dan memasukkan film yang bersaing tanpa dirilis di bioskop.

3/5 Dapat ditonton di saluran TV dan streaming platform

Bagi kamu yang ingin menyaksikan ajang penghargaan ini, Oscars akan disiarkan langsung pada saluran televisi ABC dan juga dapat dinikmati melalui streaming platform Disney+ Hotstar pada tanggal 26 April jam 07:00 pagi.

4/5 Daftar nominasi tahun ini sangat beragam
 
Tahun ini Oscars menjanjikan nominasi yang beragam dan menarik dengan para sineas dan pelaku industri film wanita dan Asia yang masuk ke dalam daftar terkemukanya.

Untuk pertama kalinya dalam 93 tahun perayaan Oscars, dua wanita, Chloé Zhao dan Emerald Fennell, dinominasikan sebagai Sutradara Terbaik dalam satu tahun. Mereka adalah wanita keenam dan ketujuh yang pernah tampil dalam kategori ini. Zhao juga wanita kulit berwarna pertama yang dinominasikan dalam kategori ini.

Steven Yeun, yang membintangi film Minari, berdasarkan keluarga Korea-Amerika yang pindah ke sebuah peternakan di Arkansas, juga merupakan nominasi Asia-Amerika pertama dalam kategori Aktor Terbaik.

Aktris dan aktor berkulit hitam juga masuk ke dalam nominasi tahun ini dengan Viola Davis yang mendapatkan nominasi untuk perannya di film “Mother of Blues” dan mendiang Chadwick Boseman menerima satu untuk perannya di “Black Bottom Ma Rainey”. Film biopic mengenai Fred Hampton, seorang pemimpin dan aktivis Black Panther berjudul “Judas and the Black Messiah”, juga dinominasikan untuk Film Terbaik tahun ini.

Untuk melihat daftar lengkap nominasi Oscars tahun ini, kamu dapat mengunjungi website resminya di sini.

5/5 Lineup presenter sudah diumumkan
 
Per tanggal 13 April 2021, Academy Motion Picture Arts and Science mengumumkan lineup pertama presnter penggargaan pada perhelatan Oscars mendatang. Beberapa di antaranya adalah Bong Joon Ho, Brad Pitt, Halle Berry, Angela Bassett, Reese Witherspoon, Renée Zellweger, Harrison Ford dan masih banyak lagi.