IMG_0011.JPG

Tahun ini memang penuh kejutan. Secara tiba-tiba, diva favorit semua orang, Beyonce, merilis single terbaru yang berjudul "Break My Soul", pada 21 Juni 2022. Kabar baik ini Ia bagikan lewat media sosial dengan memperbarui bio di akun Instagram pribadinya. Lagu yang mencuri perhatian ini, ternyata masuk dalam album studio bertajuk "Renaissance" dan direncanakan rilis pada 29 Juli 2022. 

Dari sekian banyak album Beyonce yang telah rilis, apa yang membuat album "Renaissance" begitu spesial? Bagaimana proses produksi dari album tersebut? Buat kamu yang penasaran dengan album "Renaissance" milik Beyonce, cari tahu hal menariknya di sini. 

IMG_0007.JPGFoto: Dok. Beyonce

1/8 Merilis "Renaissance" secara mendadak

Pada 2013, Beyonce pernah merilis album self-titled bertajuk Beyonce di iTunes tanpa promosi atau pemberitahuan sebelumnya. Ternyata, cara ini cukup ampuh mengejutkan fans yang tak menyangka idolanya merilis album baru. Sebenarnya, cara merilis album secara mendadak ini juga dilakukan oleh beberapa musisi seperti Kanye West, Taylor Swift, hingga Drake. Mengingat kehebohan yang terjadi di sembilan tahun lalu, akhirnya pelantun lagu “Crazy in Love” (2003) memutuskan memakai cara tersebut.

2/8 Berisi 16 lagu

Jika dilihat dari salah satu aplikasi streaming Apple Music, album "Renaissance" sudah tersedia dalam album yang dapat disimpan. Album ini berisi 16 lagu dan merupakan kelanjutan dari antologi album populernya yang berjudul "Lemonade" pada 2016 lalu.

3/8 Proses pembuatan album dilakukan sudah cukup lama

Untuk menciptakan album "Renaissance", Beyonce mengaku tak mudah dan melewati jalan yang panjang. Ia mengungkapkan bahwa album tersebut adalah proyek musik impiannya selama pandemi COVID-19. Di akses terbatas lantaran pandemi, Beyonce menghabiskan waktu selama satu setengah tahun di studio dan lahirlah "Renaissance" di Juli mendatang.

IMG_0013.JPGFoto: Dok. https://shop.beyonce.com/ 

4/8 Warna musik "Renaissance" lebih bervariasi

Album yang bakal dirilis oleh Beyonce dalam waktu dekat ini memiliki warna musik lebih bervariasi. Sang diva juga dikabarkan memasukkan genre musik dance dan country ke dalam albumnya. Misalnya lagu "Break My Soul", menggabungkan dua warna musik the ‘90s house classic “Show Me Love” oleh Robin S dan lagu Big Freedia, “Explode”.

5/8 Album "Renaissance" menjadi dua versi

Kali ini, Beyonce meluncurkan album studio yang terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama diberi nama ‘Act I’ dan terdiri dari 16 lagu. Sedangkan, bagian ‘Act II’ belum dirilis detailnya.

6/8 “Break My Soul” masuk dalam daftar album Renaissances

Baru dirilis pada 21 Juni 2022, ternyata “Break My Soul” masuk ke dalam album terbaru Beyonce. Terungkap dari angka ‘6’ yang tertera di akun media sosialnya, seolah menyiratkan bahwa single ini berada di urutan ke-6 di album.

IMG_0009.JPGFoto: Dok. Beyonce

7/8 Detail album terungkap di situs musik resmi Beyonce

Situs musik resmi Beyonce telah memberikan tampilan album barunya, dengan mengungkap pre-order album Renaissance pada 24 Juni 2022. Dalam satu album ini, penggemar akan mendapatkan kotak berwarna hitam terdiri dari kemasan luar, t-shirt Renaissance, album, buku foto setebal 28 halaman, serta poster mini untuk dikoleksi. Namun, album tersebut habis terjual dalam waktu singkat. 

8/8 Banyak musisi ternama bekerja sama dalam album "Renaissance"

Di album terbarunya, Beyonce menggandeng banyak musisi ternama di belakang layar. Sebut saja, produser Tricky Stewart dan The Dream, yang pernah menggarap lagu hit “Single Ladies” bersatu kembali dengan sang diva musik.

Lalu, ada Rapper Bounce Big Freedia yang muncul di single “Break My Soul”. Sejumlah penulis lagu seperti Adam Pigott dan Freddie Ross juga turut serta. Jay-Z, sang suami juga dikabarkan berkontribusi dalam album ini dengan nama samaran, S.Carter.