Festival de Cannes Film Week 2019 sudah berakhir. Festival yang diadakan pada 12-17 November 2019 lalu di destinasi budaya K11 Art House, Hong Kong ini merupakan festival film yang menampilkan deretan karya terbaik dari para pelaku dunia perfilman.

Festival ini juga dihadiri oleh deretan tokoh penting, seperti Adrian Cheng selaku founder K11 Group, Pierre Lescure selaku Presiden Festival de Cannes dan Thierry Frémaux selaku General Delegate Festival de Cannes.

_OmKluXg.jpegFoto: Dok. Festival de Cannes Film Week 2019

Tidak hanya itu, beberapa tokoh penting dari industri film juga turut hadir, seperti sutradara Wong Kar-wai, aktor asal Thailand Sunny Suwanmethanont, aktris asal Tiongkok Fala Chen, dan aktor asal Australia Adam Pak.

0JJeQ42A.jpegFoto: Dok. Festival de Cannes Film Week 2019

Setelah digelar selama kurang lebih sepekan, Festival ini berhasil membawa para penggemar sinema untuk menikmati 5 film terbaik pilihan dari Official Selection Festival de Cannes. Mulai dari komedi hingga cerita drama,  Inilah 5 film yang berhasil ditampilkan dalam Festival de Cannes Film Week 2019. 

1/5 Young Ahmed 

young ahmad imdb.jpgFoto: Dok. imdb

‘Young Ahmed’ merupakan film drama asal Belgia yang disutradarai oleh The Dardenne bersaudara. Tidak hanya terpilih menjadi satu film yang ditayangkan selama festival ini, 'Young Ahmed' juga sempat masuk dalam nominasi untuk mendapatkan award Palme d’Or pada saat Festival Film Cannes 2019. Film ini mengisahkan tentang Ahmed, seorang pria Belgia Muslim yang berencana untuk membunuh gurunya dan memakai ajaran Agamanya untuk melindungi dirinya.

2/5 On a Magical Night (Chambre 212) 

chambre imbd.jpgFoto: Dok. imdb

‘On a Magical Night (Chambre 212)’ merupakan film komedi Prancis yang dibintangi oleh aktris Chiara Mastroianni. Film ini mengisahkan tentang Maria, seorang dosen yang sudah menikah dengan Richard, suaminya selama 20 tahun. Namun setelah Maria mengungkapkan cerita perselingkuhan kepada suaminya, ia memutuskan untuk pindah dan tinggal di satu hotel. Setelah berpisah, Maria mengalami pergolakan batin dan berusaha melanjutkan hidupnya.

3/5 Portrait of a Lady on Fire 

potrait imdb.jpgFoto: Dok. imdb

‘Potrait of a Lady on Fire’ merupakan film drama romance besutan sutradara Prancis, Celine Sciamma. Film ini berhasil memenangkan Queer Award dalam Festival Film Cannes 2019. Lebih spesialnya lagi, Celine menjadi sutradara wanita pertama yang berhasil memenangkan award ini. Film ini mengisahkan cerita tentang Héloïse, putri seorang Countess yang jatuh cinta pada Marianne, wanita yang berprofesi sebagai pelukis dan yang ditugaskan oleh kerajaan untuk melukis foto pernikahan Héloïse. 

4/5 The Climb 

the climb, imbd.jpgFoto: Dok. imdb

‘The Climb’ merupakan film bergenre komedi besutan sutradara Michael Angelo Covino. Film ini menjadi salah satu film yang berhasil ditayangkan saat acara Festival Film Cannes 2019. Alur cerita dari 'The Climb' akan membawa penonton untuk ikut larut dalam drama hidup tentang dua pria yang bersahabat sejak lama dan diuji pertemanannya saat ada seorang wanita masuk ke dalam hidup mereka. 

5/5 The Invisible Life of Euridice Gusmao 

eunice imbd.jpgFoto: Dok. imdb

Selanjutnya ada film drama romance ‘The Invisible Life of Euridice Gusmao’. Tidak hanya berhasil ditampilkan saat Festival Film Cannes 2019, film ini juga ditunjuk menjadi nominasi saat Piala Oscar 2020 untuk kategori Best International Feature Film perwakilan dari Brasil. Film ini mengambil set tahun 1950 di Rio de Janeiro dan mengisahkan cerita dua saudara perempuan yang berjuang hidup di tengah kerasnya kondisi represi dan bigotry era Patriaki.

Baca juga: Pemeran Serial 'Friends' Dikabarkan Akan Kembali Hadir di Televisi

Tags: Arts And Culture, Cannes Film Festival, Festival De Cannes Film Week 2019