Di era digital ini, media sosial memang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Tidak hanya kalangan remaja dan dewasa, anak-anak pun saat ini juga sudah bisa mengakses media sosial terutama Instagram. Hal ini tentunya sangat mengkhawatirkan terutama bagi orang tua yang menemukan kesulitan untuk memantau aktivitas online anak-anaknya. Berdasarkan kekhawatiran tersebut, Instagram meluncurkan panduan penggunaan untuk orang tua di Indonesia terkait dengan fitur-fitur yang dapat mempermudah mereka untuk memantau aktivitas online anak-anaknya. Hal ini juga terwujud atas kerjasama dengan dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) dan Parentalk.id.

1.PNG

Panduan Instagram Untuk Orang Tua

Fitur-fitur tersebut berfokus kepada pengaturan privasi, interaksi dan waktu. Pengaturan privasi berguna untuk menentukan siapa yang boleh melihat unggahan sang anak dan siapa yang berinteraksi dengan mereka. 

Sementara itu, pengaturan interaksi berguna untuk mengatur dan menyaring komentar di akun tersebut untuk mencegah sang anak melihat kata-kata yang tidak pantas.

Yang terakhir, pengaturan waktu dapat memberikan informasi mengenai waktu yang telah dihabiskan anak di Instagram dan mengingatkan anak akan batas waktu yang dialokasikan untuk penggunaan Instagram.

Tidak hanya itu, panduan tersebut juga meliputi sepuluh pertanyaan yang bisa orang tua tanyakan pada anak mereka untuk mengetahui apakah mereka menggunakan platform media sosial tersebut secara positif atau tidak. 

Tersedia juga daftar istilah yang ada di Instagram untuk memudahkan orang tua dalam mempelajari media tersebut dan memantau aktivitas anak. 

Dengan panduan tersebut, diharapkan orang tua dapat menciptakan lingkungan Instagram yang aman bagi anak-anaknya dan terbantu untuk membesarkan atau mengasuh anak secara ideal di era digital ini.

Panduan Instagram untuk orang tua dapat diunduh di situs Parentalk.id.

Baca juga: 3 Alasan Mengapa Edutech Dapat Menjadi Masa Depan Pendidikan Indonesia

Tags: Instagram, Orang Tua, Media Sosial