woman and home.jpgFoto dok: womanandhome.com 

Tas Birkin pertama yang dimiliki oleh penyanyi legendaris, Jane Birkin akan menjadi salah satu highlight dari pameran fashion berskala besar di kota London. Bertajuk “Bags: Inside Out,” pameran ini akan diadakan di Museum Victoria & Albert (V&A) pada tanggal 21 November mendatang.

Pertama kali dirancang pada tahun 1984 silam, tas ikonik ini dibuat setelah pertemuan yang tidak disengaja antara Jane Birkin dengan Jean-Louis Dumas selaku Executive Chairmain dari Hermès. Keduanya bertemu pada rute penerbangan Paris – London dimana Jane mengeluh bahwa ia tidak dapat menemukan tas yang dapat memuat semua barang miliknya. Terinspirasi dari percakapan singkat tersebut, Jane-Louis pun membuat sketsa desain tas berbentuk persegi dengan flap mengkilap dan detail saddle stitch. Tanpa pikir panjang, ia pun menamai karyanya Birkin dan dalam waktu singkat Hermès pun menjadi pioneer pembuat tas modis serta fungsional bagi kalangan wanita dan pencinta mode saat itu.

Tas yang akan ditampilkan pada pameran mendatang tersebut memiliki inisial sang penyanyi dan residu dari stiker yang pernah ditempelkan oleh Jane. Saat ini, tas Birkin diproduksi secara terbatas dengan jumlah 12.000 setiap tahunnya. Hal ini juga menjadikan tas ikonik tersebut sebagai tas yang paling diminati.

Jane Birkin.jpgFoto dok: Pinterest.com

Sebuah studi pada tahun 2017 melaporkan bahwa membeli tas Birkin merupakan bentuk investasi yang tidak berisiko dibandingkan emas dan saham. Beberapa selebriti yang turut menjadi penggemar tas ini adalah Victoria Beckham, Kylie Jenner, Kate Moss hingga fashion infulencer dan sosialita asal Singapore, Jammie Chua.

Selain Hermès Birkin, ada beberapa item lain yang akan ditampilkan pada pameran mendatang seperti tas Mulberry yang dikenakan oleh Kate Moss dan Alexa Chung. Kedua tas ini dikabarkan menjadi salah satu yang paling populer. Para pengunjung juga akan mempelajari berbagai macam tas dengan nilai sejarah penting, mulai dari embroidered burse yang digunakan untuk melindungi silver matrix dari Great Seal of England untuk Elizabeth I dan tas masker gas milik HRH Queen Mary selama Perang Dunia kedua hingga dispatch box berwarna merah milik Winston Churcill.