Mewabahnya COVID-19 memang membawa dampak negatif yang cukup besar bagi beberapa industri tertentu, terlebih karena banyak orang telah memilih untuk membatasi kegiatan mereka di luar rumah. Namun, sebaliknya, beberapa jenis bisnis dan layanan tertentu pun juga mengalami peningkatan yang besar dan semakin populer di kalangan masyarakat. Dari bisnis produk kesehatan hingga layanan kencan online, berikut lima bisnis dan layanan yang meningkat akibat COVID-19.

1/5 Produk kebersihan dan kesehatan

vitamin-b-871135_1280.jpg

Foto: Pixabay

Tidak dapat dipungkiri, produk kebersihan dan kesehatan adalah bisnis yang paling mengalami peningkatan sejak merebaknya COVID-19. Bahkan, berbagai produk kebersihan seperti masker dan hand sanitizer pun mengalami kelangkaan karena begitu banyak orang mencarinya, yang kemudian menyebabkan meningkatnya harga produk-produk tersebut. Selain itu, bisnis kesehatan pun juga meningkat pesat, di mana banyak orang membeli vitamin, suplemen, serta peralatan kesehatan seperti termometer. 

2/5 Katering makanan

2 catering.jpg

Foto: Unsplash

Jasa katering makanan adalah salah satu bisnis yang tengah mengalami peningkatan saat ini. Kekhawatiran akan COVID-19 membuat banyak orang memutuskan untuk menetap di rumah saja dan menyewa jasa katering makanan alih-alih pergi ke restoran untuk makan. Selain itu, seperti dilansir dari beberapa media lokal, beberapa pasar di berbagai daerah Indonesia pun dilaporkan semakin sepi pengunjung akibat COVID-19, sehingga dalam situasi ini, layanan katering makanan merupakan alternatif yang ideal untuk menikmati hidangan lezat tanpa harus keluar rumah untuk membeli bahan makanan dan memasaknya sendiri.

3/5 Aplikasi video conference

office-620822_1280.jpg

Foto: Pixabay

Untuk menekan angka kasus positif COVID-19 di Indonesia, Presiden Jokowi pun menghimbau masyarakat untuk bekerja di rumah (work from home) alih-alih berangkat ke kantor. Oleh karena itu, tidak heran jika berbagai aplikasi video conference, seperti misalnya Zoom Cloud Meetings dan Google Hangouts, semakin populer bagi banyak orang yang bekerja di rumah untuk tetap dapat berkomunikasi dan rapat dengan rekan-rekan kerjanya.

4/5 Layanan kencan online

4.jpg

Foto: Unsplash

Wabah COVID-19 memang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk kehidupan percintaan. Tren social distancing dan work from home yang tengah berlangsung saat ini menjadi penghalang bagi banyak orang untuk bersosialisasi dan berkencan di luar rumah. Sehubungan dengan hal ini, dilansir dari berbagai media lokal, layanan kencan online dilaporkan mengalami peningkatan pengguna. Dengan layanan kencan online, pengguna dapat berkencan melalui video call tanpa harus tatap muka secara langsung, sehingga dinilai lebih aman dalam situasi yang tengah berlangsung.

5/5 Layanan streaming olahraga

5.jpg

Foto: Unsplash

Tren olahraga dari rumah pun juga menjadi salah satu yang semakin populer selama masa social distancing ini. Selain dapat menjadi pengisi waktu luang yang bagus, berolahraga adalah salah satu cara yang tepat untuk menguatkan tubuh secara sehat. Namun, bagi beberapa orang, mungkin sulit melakukannya tanpa instruksi yang tepat atau pelatih yang menemani. Dalam hal ini, layanan streaming olahraga dinilai dapat menjadi alternatif yang tepat untuk memudahkan aktivitas berolahraga tanpa harus harus pergi ke fitness center.

Baca juga: 5 Tips Untuk Bekerja Secara Efektif di Rumah Saat Social Distancing

Tags: Bisnis, Layanan, Virus Corona, COVID-19, Jasa