Mercedes-Benz baru saja memperkenalkan konsep mobil baru bertajuk Mercedes-Benz Vision AVTR pada Consumer Electronics Show 2020 yang berlangsung di Las Vegas. Terinspirasi dari film Avatar yang dirilis pada tahun 2009 silam, konsep mobil ini juga melibatkan sutradara dari film Avatar itu sendiri, James Cameron.

MB 1.jpg

Foto: Instagram Mercedes-Benz

Mercedes-Benz Vision AVTR ini memang dikenalkan sebagai konsep mobil masa depan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika desain yang diusungnya pun juga sangat stylish dan futuristic.

Contohnya, bagian rear end dari mobil tersebut dipenuhi oleh 33 sisik, atau seperti yang disebut oleh Mercedes-Benz, “bionic flaps”. Tidak hanya memberikan penampilan yang unik dan futuristic, bionic flap ini juga disebut dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang-orang di luar mobil.

MB 2.jpg

Foto: Instagram Mercedes-Benz

Sementara itu, bagian roda dirancang menyerupai sphere yang terinspirasi dari “Seeds of the Tree of Souls” dari Avatar (2009). Roda-roda ini dapat berputar sehingga mobil ini dapat bergerak ke samping atau bahkan bergerak secara diagonal.

Keunikan Vision AVTR pun tidak berhenti di situ saja. Selain bionic flaps dan roda berbentuk sphere, Vision AVTR juga tidak memiliki setir kemudi. Alih-alih menggunakan setir seperti mobil pada umumnya, pengemudi dapat berinteraksi dengan mobil ini dan mengendalikannya melalui sebuah controller berbentuk oval yang terletak di tengah dua jok depan mobil.

MB 3.jpg

Foto: Instagram Mercedes-Benz

Bagian interior mobil pun tidak kalah mengagumkan. Mercedes-Benz menggunakan bahan daur ulang dan sustainable untuk bagian dalam, seperti misalnya bahan kulit vegan DINAMICA® untuk memastikan interior yang nyaman dan mewah, namun tetap ramah lingkungan.

Berhubung Vision AVTR dibuat dengan konsep yang berkelanjutan, mobil ini juga didukung dengan organic battery cells berbahan graphene sehingga tidak membutuhkan mineral langka lainnya.

Meski begitu, performa mobil ini pun tidak main-main. Dengan baterai berkapasitas 100 kWh yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 470 hp, mobil ini diklaim sanggup menempuh jarak hingga 700 km untuk sekali pengisian daya.

Baca juga: Koleksi Jam Tangan Termewah Pep Guardiola

Tags: Mercedes-Benz, Mobil Berkonsep Avatar, Vision AVTR, Avatar (2009)