Coba cek botol skincare dan makeup Anda. Tahukah Anda, mana kandungan yang berbahaya atau tidak? Ada beberapa kandungan di produk kecantikan yang sering dicap kurang baik oleh beauty enthusiasts. Misalnya saja paraben. Padahal fungsinya adalah sebagai pengawet yang mampu mencegah pertumbuhan mikroba. 

SLS alias Sodium Lauryl Sulphate juga dianggap buruk karena busanya dianggap terlalu keras untuk digunakan pada kulit, bahkan dapat menyebabkan kerontokan rambut. Namun, lembaga analisis Cosmetic Ingredient Review menyatakan bahwa kedua kandungan tersebut aman digunakan. Selain soal kandungan bahan baku, berbagai produk kecantikan juga sering menampilkan berbagai istilah yang diklaim baik bagi tubuh. Kali ini, Tatler Indonesia mengajak Anda untuk mengenal arti dari berbagai istilah tersebut. 
1/7 Botanical

1 chris-lee-70l1tDAI6rM-unsplash.jpgFoto:Dok.unsplash.com/Chrislee

Mengandung bahan baku yang berasal dari tanaman. Hati-hati, bukan berarti bahan tersebut aman untuk segala jenis kulit. Citrus oil contohnya, yang bisa mengiritasi kulit sensitif.


2/7 Clean

2 tim-chow-9IcKPSQ9G5Q-unsplash.jpgFoto:Dok.unsplash.com/TimChow

Mengandung bahan yang tidak berbahaya bagi tubuh dan lingkungan. 


3/7 Green 

3 yoal-desurmont-jqgsM3B9Fpo-unsplash.jpgFoto:Dok.unsplash.com/Yoal

Produk dibuat dengan memikirkan dampak lingkungan, seperti menggunakan bahan baku yang berasal dari sumber beretika atau yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. 


4/7 Natural

4 kris-atomic-Z5dKUnRJIiY-unsplash.jpgFoto:Dok.unsplash.com/ChrisAtomic

Mengandung bahan baku dari sumber alam. Label EcoCert berarti sebuah produk mengandung formulasi bahan alami sampai sebanyak 95%. 


5/7 Nontoxic

6 hans-reniers-lQGJCMY5qcM-unsplash.jpgFoto:Dok.unsplash.com/HansRenier

Mengandung bahan baku yang tidak berbahaya atau beracun bagi manusia. 


6/7 Organic 
tehzeeb-kazmi-DyO06vg5y7s-unsplash.jpg

Foto:Dok.unsplash.com/Kazmi

Mengandung bahan baku yang ditanam tanpa menggunakan bahan kimia. Untuk diketahui, tanaman yang tidak menggunakan bahan kimia bisa jadi butuh lebih banyak air, energi, dan lahan untuk tumbuh. 


7/7 Vegan 

didssph-Nh0aM4NyNMA-unsplash.jpgFoto:Dok.unsplash.com/MegynPomerla

Mengandung bahan baku yang tidak berasal dari hewan, seperti beeswax dan madu.