Malam penghargaan Oscars ke-62 akan segera digelar pada 10 Februari mendatang. Namun tidak hanya sebagai acara pemberiaan penghargaan tertinggi kepada para aktor, artis dan seniman film, Academy Awards juga kerap menjadi ajang pamer busana terbaik. Seperti contoh 10 gaun yang paling ikonik di bawah ini. 

1/10 Nicole Kidman 

nicole pinterest .jpgFoto: Dok. Pinterest

Pertama ada gaun berwarna merah rancangan Balenciaga yang dikenakan oleh Nicole Kidman saat menghadiri Oscars 2011. Namun yang membuat gaun ini semakin spesial adalah modelnya yang backless dan juga dilengkapi oleh pita besar di bagian lehernya.

2/10 Mila Kunis 

mila pinterest .jpgFoto: Dok. Pinterest

Mila Kunis berhasil membuat publik takjub saat ia hadir di Oscars 2011 dalam balutan gaun low-cut berbahan lace dengan warna ungu lavender yang menawan. Sehingga tidak heran jika gaun ini menjadi salah satu gaun yang paling dibicarakan pada hari itu. 

3/10 Angelina Jolie 

angelina jolie oscars .jpgFoto: Dok. Oscars

Hadir di Oscars tahun 2012, Angelina Jolie berhasil membuat publik terpana dengan gaun high-cut berwarna hitam rancangan rumah mode Versace. Lebih spesialnya lagi, berkat gaun ini, Angelina berhasil masuk menjadi topik yang paling dibicarakan hari itu. 

4/10 Jennifer Lawrence  

jlaw oscars .jpgFoto: Dok. Oscars

Berhasil membawa piala Oscars tahun 2013 untuk kategori Artis Terbaik, Jennifer Lawrence terlihat seperti putri dongeng dengan balutan gaun berwarna pastel yang memiliki bawahan lebar rancangan rumah mode Dior. 

5/10 Amy Adams 

amy oscars.jpgFoto: Dok. Oscars

Meskipun tidak berhasil membawa pulang piala Oscars tahun 2013 untuk kategori Artis Pendukung Terbaik, Amy Adams berhasil masuk dalam list berpakaian paling legendaris di sejarah Oscars. Tampil cantik dengan balutan gaun tanpa lengan berwarna abu-abu rancangan Oscar de la Renta, artis berusia 45 tahun ini terlihat layaknya putri.

6/10 Lupita Nyong’o

lupita pinterest .jpgFoto: Dok. Pinterest

Tidak hanya berhasil membawa pulang piala Oscars untuk kategori Artis Pendukung Terbaik di 2014, Lupita Nyong’o juga sukses membuat para pecinta fashion terpukau dengan gaunnya yang sangat cantik. Lupita terlihat menawan dengan balutan gaun low-cut bergaya Yunani berwarna biru muda rancangan rumah mode Prada. 

7/10 Emma Stone

emma oscars .jpgFoto: Dok. Oscars

Masuk nominasi Artis Pendukung Terbaik di Oscars 2015, Emma Stone hadir dalam balutan gaun high-cut berwarna hijau lime rancangan dari rumah mode Elie Saab. Selain itu, pemeran artis berusia 31 tahun ini juga mengenakan heels berwarna senada yang membuat penampilannya menjadi semakin sempurna. 

8/10 Brie Larson 

brie oscars.com .jpgFoto: Dok. Oscars

Brie Larson tampil sangat cantik di Oscars 2016 dengan balutan gaun low-cut berwarna biru rancangan rumah mode Gucci. Gaun Brie ini juga semakin terlihat spesial dengan tambahan aksesoris di bagian punggungnya yang menyerupai belt

9/10 Charlize Theron 

charlize pinterest .jpgFoto: Dok. Pinterest

Hadir di Oscars 2016, artis kelahiran Afrika Selatan, Charlize Theron tampil sangat seksi namun tetap elegan dengan gaun low-cut berwarna merah dari rumah mode Dior. Lalu untuk melengkapi penampilannya, artis berusia 44 tahun ini mengenakan kalung berlian yang panjang.

10/10 Gemma Chan 

gemma oscars .jpgFoto: Dok. Oscars

Terakhir ada gaun lebar berwarna pink rancangan rumah mode Valentino yang dikenakan oleh Gemma Chan saat menghadiri ajang Oscars 2019. Desain dan pola yang unik dari gaun ini berhasil menarik perhatian para pecinta fashion dan publik sejak detik pertama Gemma hadir di red carpet Oscars 2019.

Baca juga: 10 Busana Paling Ikonik di Ajang Grammy Awards

Tags: Actress, Academy Awards, Oscars, Best Gowns, Best Dressed Oscars