1/5 Lakukan pijatan wajah secara rutin

foreo mask .jpgFoto: Dok. Foreo

Cara pertama untuk mengencangkan kulit wajah adalah dengan melakukan pijat wajah secara rutin sebelum tidur malam. Caranya pijat beberapa bagian penting seperti dahi, tulang pipi, leher, dahi dan hidung menggunakan tangan yang bersih dengan gerakan memutar. Pijat wajah ini dipercaya bisa membantu meregangkan otot wajah dan membuatnya wajah menjadi lebih rileks.

2/5 Lindungi wajah dengan pelembab dan tabir surya

cream freepik senivpetro .jpgFoto: Dok. senivpetro via freepik

Selain itu, kelembaban wajah juga perlu dijaga untuk tetap menjaga kulit wajah menjadi kencang. Selain perbanyak minum air putih, kamu juga harus selalu menggunakan pelembab wajah yang bisa melembabkan sekaligus menutrisi kulit. Satu lagi, jangan lupa untuk gunakan tabir surya dengan SPF setiap keluar rumah karena kulit bisa menjadi kering jika terlalu lama terkena paparan cahaya matahari.

3/5 Bilas wajah dengan air garam atau air rendaman beras

cuci wajah pinterest Çerkes Güzelleri..jpgFoto: Dok.  pinterest Çerkes Güzelleri

Satu cara alami yang paling banyak dilakukan untuk membuat wajah menjadi kencang adalah dengan membasuhnya dengan air garam atau air rendaman beras putih. Air garam dipercaya memiliki sifat antibakteri yang dapat membuang kotoran dan racun yang ada di kulit wajah, sehingga kulit akan terlihat lebih cerah dan menghindari timbulnya jerawat.

Tidak kalah dengan air garam, air rendaman beras juga memiliki banyak manfaat bagi kulit. Dipercaya jika air beras kaya akan kandungan gamma-oryzanol yang mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Selain itu, air rendaman beras juga mengandung Vitamin E yang dapat memperlambat tanda-tanda penuaan dini.

4/5 Gunakan masker yang terbuat dari bahan alami 

forbes mask .jpgFoto: Dok. Forbes

Menggunakan masker dari bahan alami juga bisa membantu mengencangkan wajah. Sebut saja seperti putih telur, lidah buaya, tomat, madu dan baking soda. Lakukan masker secara berkala sehabis mencuci wajah dengan bersih untuk hasil yang maksimal. 

5/5 Perbanyak konsumsi makanan sehat dan istirahat

makan sehat silviarita .jpgFoto: Dok. silviarita via Pixabay

Akan tetapi, selain menjaga kulit dari luar, kulit juga perlu nutrisi dari dalam. Caranya juga tidak muluk-muluk, melainkan hanya dengan mengkonsumsi makanan sehat dan istirahat yang cukup. Perbanyak makan sayuran hijau dan buah segar seperti pepaya, kiwi, delima dan pisang agar kulit wajah menjadi cerah. Selanjutnya, seimbangkan dengan istirahat cukup selama 7-8 jam sehari karena dengan beristirahat, tubuh akan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak yang membuat kulit menjadi lebih cerah.

Baca juga: 5 Rempah yang Berkhasiat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tags: Tatler Beauty, Wajah Kencang, Cara Alami