Banyaknya pertunjukan fashion di akhir pekan pada bulan ini membuat pecinta fashion sesungguhnya merasa termanjakan. Para perancang busana tanah air berbondong-bondong kembali dengan mengeluarkan rancangan khas Indonesia terbaiknya. Mulai dari penggunaan kain-kain batik hingga flowy dresses, berikut 5 pertunjukan busana pilihan dari desainer ternama tanah air versi Tatler!

1/5 Edward Hutabarat; Cruise Show 2023 edw.jpg

Foto: Dok. Edward Hutabarat

Digelar di Sarinah Skydeck 3rd floor, Show kolaborasi Edward Hutabarat dengan Sarinah kali ini berhasil memukau para tamu undangan. Edward memenuhi koleksi Cruise nya dengan rentetan gaun dan set pyjamas. Mulai dari Kimono dress, crop jacket, volume skirt, flowy dress, hingga pyjamas cocktail dress. Koleksi kali ini juga merupakan hasil kerja sama sang desainer dengan produsen batik dari Cirebon, dan Pekalongan; Nurcahyo, Warisan dan Trusmi. Tidak hanya menghadirkan motif Megamendung, dalam koleksi ini juga terdapat motif-motif yang lebih romantis dan feminin, seperti motif bunga Krisan atau Peony, yang dituangkan kedalam berbagai palet warna.
“Melalui koleksi ini, saya berusaha konsisten dengan menampilkan batik sebagai koleksi yang adaptif untuk cuaca di negara tropis namun tetap terjaga eleganitasnya. Koleksi UMKM dihadirkan dalam presentasi yang lebih mewah dan modern,” ucap Edward.

2/5 Bin House; Denyut KainScreen Shot 2022-08-22 at 2.08.41 AM.png

Foto: Dok. Bazaar Fashion Festival

Festival fesyen Bazaar kembali hadir setelah hampir dua tahun lamanya vakum sebab pandemi, kini Bazaar hadir untuk mendukung para desainer & industri fesyen tanah air. Bin House, brand milik desainer Obin lah salah satunya. Pagelaran bertajuk “denyut kain” atau “pulse of the cloth” yang ditujukan untuk menyambut perayaan Hari Kemerdekaan RI itu berhasil menggetarkan main stage BFF. Obin memamerkan koleksi yang penuh dengan kain batik, kebaya, serta selendang yang amat mencerminkan budaya Indonesia. Diakhiri dengan kibaran Bendera Merah Putih saat finale membuat para tamu terpukau dan bertepuk tangan dengan meriah.

3/5 Klamby; Selayar Series
klam.jpg

Foto: Dok. Bazaar Fashion Festival

“Tiga kata yang mendeskripsikan koleksi ini yaitu bright, details & dreamy.” Ujar Nadine Gaus, selaku Founder Klamby. Dalam pagelaran busananya di Bazaar Fashion Festival (BFF) kali ini, Klamby menampilkan koleksi  yang bertajuk “Selayar Series”. Diambil dari nama kepulauan di Sulawesi yang merupakan lokasi dari Taman Nasional Taka Bonerate, dimana disana terdapat beragam vegetasi flora endemik yang sesuai dengan ragam motif, embroidery & embellishment pada koleksinya kali ini. Selain itu busana Klamby pada koleksi Selayar Series terkesan girly & flowy, stunning!

4/5 Toton The Label; As I Stand in Fire

toton.jpg

Foto: Dok. Bazaar Fashion Festival

Another one from BFF, Show “As I Stand in Fire” karya Desainer ternama Toton kembali memukau para tamu undangan dengan kreativitas tak terduganya mengeksplorasi bahan-bahan bekas menjadi busana. Hal itu dilakukannya sebagai salah satu upaya untuk lebih ramah lingkungan. Digelar pada area white space, pagelaran yang satu ini menggunakan permainan warna lampu dominan merah untuk memberi kesan ‘on fire’.
Pada koleksi kali ini Toton memadukan berbagai perlengkapan rumah tangga seperti taplak meja, tirai jendela, hingga keramik kedalam pakaian-pakaiannya yang terinspirasi dari cara berpakaian tradisional wanita Jawa. ia bahkan mengombinasikan bahan porcelain dari koleksi Fall/Winter 2021 dengan ceramic busts dari koleksi Spring/Summer 2021. Toton benar-benar menyamarkan batas antara fashion & art!

5/5 Iwan Tirta X Kim Seo Ryong; Resort Collection 2022/2023

ksa.jpg

Foto: Dok. Iwan Tirta X Kim Seo Ryong’s Team

Berbeda dengan pagelaran-pagelaran sebelumnya, koleksi kolaborasi Iwan Tirta & Kim Seo Ryong ini digelar secara virtual. Desainer luxury menswear ternama di kalangan selebriti asal Korea Selatan, Kim Seo Ryong memilih Batik Iwan Tirta untuk Koleksi Terbarunya. Kim yang dulunya merupakan seorang pelukis amat mengapresiasi Batik, menurutnya batik memiliki motif yang sakral terutama Batik tulis yang dikerjakan secara manual. Motif batik karya Iwan Tirta dituangkan ke berbagai jenis pakaian seperti bomber jacket, flare pants, jas hingga long coat dalam proporsi yang konseptual. Pakaian-pakaian dalam Resort Collection ini juga memiliki motif Nusantara indah bernuansa cerah.
Dari beberapa rancangan khas Nusantara karya desainer ternama di atas, manakah yang membuat hatimu berlabuh?