Balmain.pngFoto dok: Balmain

Who could’ve thought Barbie, Balmain, and blockchain would ever be used in the same sentence? Seperti yang kita ketahui, boneka ikonik karya Mattel selalu mengikuti perkembangan tren dengan berbagai avatar terbaru. Di masa pandemi ini, Barbie pernah merilis sebuah koleksi untuk memberikan penghormatan kepada pahlawan Covid-19, termasuk pengembang vaksin AstraZeneca, Sarah Gilbert. Lalu tahun ini, di mana trend NFT semakin populer, Barbie juga bersiap untuk melebarkan sayapnya di dunia digital bukan dengan Ken tetapi dengan rumah mode asal Prancis, Balmain.

Baru-baru ini, keduanya berkolaborasi untuk merilis sebuah koleksi ready-to-wear dan serangkaian NFT ekslusif yang unik dan menawan. Di antara koleksi fisiknya, terdapat 50 pakaian serta aksesori siap pakai yang didominasi dengan warna merah muda. Di sisi lain, koleksi ini juga menghadirkan tiga avatar Barbie dan Ken dalam bentuk NFT yang catchy di mana kedua karakter mengenakan koleksi ekslusif yang menyatukan dunia nyata dan digital.

CEO dan Presiden Mattel, Richard Dickson, mengatakan pada salah satu wawancaranya bahwa kolaborasi unik ini memiliki potensi untuk membuka babak baru pada industri mode dan mainan.

"Sebagai rumah mode yang berkomitmen pada inovasi dengan cara yang seru dan tidak terduga, Balmain, di bawah arahan kreatif Rousteing, adalah mitra yang sempurna untuk menerjemahkan ikonografi unik Barbie dalam literasi modern seni digital dan mode.”

Kolaborasi yang sarat akan makna dan kreativitas

 

6e03d03b-fa65-4bd2-9ab9-d1a81c1b2348.jpgFoto dok: Balmain

 

28bfb0b9a3c8db853d35dda697f0f61e.jpegFoto dok: Norbert Schoerner

 

1.jpgBalmain x Barbie NFT | Foto dok: Norbert Schoerner

95939095-bd1d-43fb-a07c-8be888a8d2b4.jpgBalmain x Barbie NFT | Foto dok: Norbert Schoerner

 

2.jpgBalmain x Barbie NFT | Foto dok: Norbert Schoerner

 

Para penggemar mode pastinya juga sudah tidak asing lagi dengan pendekatan sang Creative Director Balmain, Olivier Rousting terhadap inovasi dan kreativitas. Hal tersebut dapat terlihat jelas pada koleksi terbaru ini di mana ia memadukan elemen bold prints, OTT silhouettes dan ikonografi yang optimis yang diambil dari ciri khas kedua brand. “Bagi saya, ini lebih dari sekadar proyek komersial. Ini sangat emosional,” ujar Olivier pada wawancaranya dengan New York Times. “Seperti yang ditampilkan pada kampanye kami, Barbie dan Balmain memulai petualangan multikultural, inklusif, dan selalu penuh kegembiraan,” tambahnya.

Sang desainer juga melanjutkan bahwa kolaborasi ini dibangun dari Gaya Prancis Baru khas Balmain dari koleksi teranyarnya yang terinspirasi oleh indahnya keberagaman yang dapat ditemukan di jalan raya Paris hari ini. Tidak hanya itu saja, koleksi ini juga turut menolak batasan gender di mana hampir 100 persen koleksinya bersifat unisex. Bagi kamu yang tertarik untuk membeli NFT-nya, Balmain x Barbie collection akan disediakan oleh Mattel Creations dan bisa didapatkan melalui lelang mintNFT.

Sebagai informasi tambahan, setiap NFT yang dijual akan dipasangkan dengan satu set Barbie-sized Balmain items. Penawaran atau bidding untuk Balmain x Barbie NFTs dijadwalkan mulai pada Selasa, 11 Januari 2022 sementara koleksi ready-to-wear dan aksesorisnya akan tersedia di gerai Balmain dan online.