Koleksi rancangan para desainer untuk musim semi / musim panas 2023 telah hadir. Beberapa pakaian yang dikeluarkan mereka memiliki warna yang beragam cenderung cerah, sesuai dengan musim dan tema yang diusungnya. Mulai dari pakaian untuk ke pantai hingga gaun berlapis menjuntai dengan backstory tak biasa yang mengharukan, simak ulasan berikut untuk mengetahui highlight rancangan para desainer versi Tatler!
1/5 Nina Ricci Spring 2023 Ready To Wear Screen Shot 2022-08-02 at 1.06.21 PM.png

Foto: Dok. Nina Ricci

Rancangan Nina Ricci untuk koleksinya kali ini dipenuhi dengan pakaian yang bisa kamu kenakan untuk ke pantai. Nana Baehr, design director Nina Ricci menyampaikan bahwa rancangannya di koleksi yang satu ini memang sengaja didesain dengan sentuhan ‘hippy moderen minimalis’, dimana pakaian-pakaiannya tersebut dirancang agar tetap ringan dan lapang. Seperti Organza deadstock yang dipelintir menjadi atasan berbentuk kelopak, sutra parasut bermotif, kemeja  dengan lengan yang mengembang, setelan wol ringan, dan evening wear jumpsuit. Restoring sophisticated softness to the brand.
2/5 Paco Rabbane Spring 2023 Ready To Wear
Screen Shot 2022-08-02 at 1.06.38 PM.png

Foto: Dok. WWD

Koleksi Paco Rabanne, Julien Dossena telah ‘membiaskan’ adanya berbagai sudut pandang pada rancangan-rancangannya. Seperti pada musim semi ini, terdapat ide-ide modern-romantis tentang gadis Prancis di tahun 70-an dan 80-an, yang berisikan; pakaian untuk pesta dan malam disko, serta kilasan futurisme goddess-y off-world. Pada runway berlapis logam, para model tampil dengan heavy chain-lashed combat boots, babushka headscarves dengan detail stud, serta potongan lateks dan renda, diselingi dengan tali pengikat hitam. Rancangan Paco Rabbane kali ini terlihat luar biasa memukau!
3/5 Patou Spring 2023 Ready To Wear

Screen Shot 2022-08-02 at 1.05.27 PM.png

Foto: Dok. Patou

Semasa pandemi, Patou membangun identitasnya sebagai ‘a playful young Parisian brand’ yang populer di kalangan influencer dengan koleksi yang menjadi awal perayaan pakaian dengan bentuk oversized bertema 'Prancis'. Kini, Patou lahir kembali dengan bentuk pakaian yang ramping dan cenderung fitted. Rancangannya kali ini dipenuhi dengan pakaian seperti; Tiny mini shifts, hourglass curve-clinging dresses, high waisted bootcuts, little cropped tops. Selain itu Patou juga mengeluarkan baju dengan volume besar yang berlipat & menjuntai keluar. Perubahan gaya yang sempurna.
4/5 Lala Berlin Spring 2023 Ready To Wear

Screen Shot 2022-08-02 at 1.06.57 PM.png

Foto: Dok. Lala Berlin

Pada rancangan untuk koleksi Lala Berlin Spring Ready To Wear tahun 2023 ini terlihat dipenuhi dengan kemeja, blazer dan dress. Warna-warna pilihan pada koleksi musim semi inipun berfokus pada beberapa warna pokok yaitu lime green, hitam, biru, dan beberapa warna lainnya. Penggunaan bahan yang ringan juga menjadi sorotan pada rancangan Lala Berlin kali ini, dimana kamu dapat tampil dengan stylish selagi tetap nyaman pada musim semi ini. Balutan headscarf dan topi juga dapat menyempurnakan tampilanmu agar terlihat lebih memukau!
5/5 Vetements Spring 2023 Ready To Wear
Vetements-SpringSummer-2023-Collection-63.jpeg

Foto: Dok. Vetements

Terdapat kisah haru pada koleksi yang satu ini, “This collection is about my life, it’s about my childhood, and my first acquaintance with fashion,” sampai Guram Gvasalia. Cukup mengejutkan saat mendengarnya menunjukkan sisi rentan selagi berbicara tentang kenangan pribadi mengerikan & menyedihkan yang ia tuangkan ke dalam pakaian Vetements untuk musim semi ini. Dimana dirinya sebagai child refugee Georgia dari perang proksi dengan Rusia pada tahun 1992 silam, serta harapan keluarga terhadapnya sebagai penyelamat finansial. Gvasalia memenuhi koleksinya dengan pakaian oversized dan jubah yang menjuntai, dimana beberapa pakaian rancangannya itu mengingatkannya pada masa kelam yang ia alaminya semasa kecil, seperti salah satu pakaian plaid ankle-grazing poncho berwarna merah  yang mengingatkannya pada “blankets that we got in a refugee camp, because we didn’t have the clothes when we were escaping; we were stuck in the mountains for over a month. And there were no clothes, no food. Nothing” Kisahnya dalam press release. Dari berbagai rancangan musim semi dan cerita dibaliknya, manakah yang jatuh menjadi pilihanmu?