Jagat maya kembali dihebohkan dengan koleksi terbaru dari berbagai rumah mode mewah di pagelaran busana Men’s Fashion Week Spring/Summer 2023. Diselenggarakan secara besar di Milan, Italia, segalanya menjadi menarik saat Versace menyelenggarakan pertunjukan fashion koleksi pria pertamanya setelah vakum selama beberapa tahun—dimana rumah mode tersebut kembali hadir bersama rumah mode lainnya seperti Fendi dan Prada untuk koleksi pakaian musim panas mereka. Selain itu, rumah mode lainnya seperti Fendi dan Moschino juga turut memeriahkan runway dengan koleksinya yang chic dan modern.

Bagi para pria yang sedang menginginkan sebuah perubahan besar dalam isi wardrobe mereka, beberapa koleksi terbaru dari brand mewah tersebut akan membantumu untuk merasakan kembali gairah untuk berbusana mewah setelah sepak terjang pandemi yang cukup lama berlangsung. 

 

1/5 Fendi

SnapCrab_NoName_2022-6-23_17-26-35_No-00.pngFoto: Dok. Fendi

Ketika Artistic Director Dior & Men's Artistic Director Fendi Kim Jones terinspirasi oleh California untuk koleksi outing Dior Men terbarunya, Silvia Venturini Fendi mendapatkan sebuah inspirasi besar ketika sang designer melihat lemari pakaian para peselancar dan skater. Hal inilah yang membuatnya tertantang dalam mewujudkan sebuah liburan musim panas yang eksentrik melalui koleksinya yang segar. 

Potongan denim yang berjumbai, aksen tambalan, kemeja, dan celana baggy menonjolkan kebebasan berekspresi dan relaksasi bagi para pemakainya. Selain itu, terlihat pula berbagai potongan-potongan yang menyoroti daya tarik kerajinan seperti embroidered knit top, jaket yang dilapisi dengan potongan shearling dikombinasikan dengan tas Peekaboo yang bertekstur cantik.

2/5 Prada

SnapCrab_NoName_2022-6-23_17-25-54_No-00.pngFoto: Dok. Prada

Memasuki jaman modern, pria memiliki kebebasan yang lebih luas dalam menentukan sebuah pilihan—termasuk dalam hal berbusana. Itulah yang menjadi fokus utama dari kolaborasi terbaru Miuccia Prada dan Raf Simons. Dipamerkan di rumah kertas Fondazione Prada, koleksi ini menawarkan rangkaian fashionable yang terdiri dari setelan jas yang simpel, jaket kulit, kemeja denim dan jeans, serta pakaian yang lebih menyenangkan dan colourful seperti mantel kotak-kotak, rajutan bergaris cerah, dan celana pendek. Di dalam 49 desain yang diperlihatkan di runway, para tamu juga dapat melihat berbagai koleksi T-shirt yang plaful. Salah satunya adalah T-shirt berwarna biru dan kuning cerah yang menampilkan print botol yang playful.

3/5 Versace

SnapCrab_NoName_2022-6-23_17-29-17_No-00.pngFoto: Dok. Versace

Kembali hadir di area halamannya yang indah di Via Ges, rumah mode mewah Versace meluncurkan koleksi pakaian pria yang memadukan petualangan bisnis dengan kesenangan yang pria inginkan. Dalam fashion runway-nya, brand asal Italia tersebut menampilkan putra para mantan supermodel seperti Helena Christensen dan Carla Bruni, dalam balutan pakaian bergaris dan mantel sutra mengungkapkan koleksi musim panas yang lebih sensual. 

Itu termasuk atasan berpotongan body-skimming, rajutan tembus pandang, pakaian kulit dengan potongan yang slouchy, dan kemeja kamp warna neon yang dihiasi dengan wajah patung-patung Yunani yang ditemukan di reruntuhan Pompeii. Tentunya, koleksi pakaian yang eklektik ini tidak mungkin dilewatkan pada liburan musim panas berikutnya.

4/5 Moschino

SnapCrab_NoName_2022-6-23_17-29-1_No-00.pngFoto: Dok. Moschino

Selama bertahun-tahun, koleksi wanita seringkali menjadi sorotan di peragaan busana rumah mode mewah asal Italia, Moschino. Musim ini, Creative Director Jeremy Scott meluncurkan koleksi pria pertamanya dan membuat para pecinta fashion terkesima. Pertunjukan fashion runway-nya di Fonderia Macchi memberi penghormatan kepada ilustrator mode Tony Viramontes, dimana karya seninya berupa wajah bermata baja dan berahang kuat muncul di seluruh jahitan, pakaian kerja, dan berbagai potongan kulit lainnya. Beberapa pakaian menggemakan siluet ala Buffalo Boys yang populer di tahun 80-an, dengan sapuan kuas warna-warni yang berani untuk menciptakan trik trompe l'oeil yang menyenangkan yang telah dilakukan Scott sebelumnya.

5/5 Givenchy

SnapCrab_NoName_2022-6-23_17-25-17_No-00.pngFoto: Dok. Givenchy

Creative Director Matthew Williams menelusuri, menyerap, dan menganalisis apa yang dikenakan para pria di sekitarnya sebelum merefleksikannya kembali menjadi sebuah koleksi fashion yang stylish. Dipersembahkan di École-Militaire di Paris. Koleksi ini terinspirasi oleh kiasan subkultur dan ekspresi komunitas yang berada di sana, termasuk pemusik dan seniman yang mengorbitkan namanya. Alkaline, yang berkarir sebagai musisi reggae dan Jamaican Dancehall kali ini menjadi sumber inspirasi untuk musim ini.

Koleksi ini memperlihatkan blazer dan mantel yang dirancang khusus dibuat dari kulit yang ringan, dimana menjadi salah satu dari banyak elemen yang memberikan daya tarik haute couture. Menunjukkan kepekaan militeristik, jaket varsity kulit dihiasi oleh bordir logo dengan motif yang identik dengan tato kartu tarot yang terlihat di kaki Williams. Terlebih lagi, dalam 51 desain yang ditampilkan juga terlihat motif kamuflase yang turut muncul pada koleksi potongan denim Jepang, hand-destroyed muslin, dan printed nylon.