Selain dekorasi bernuansa Imlek yang meriah, tidak ada salahnya jika kita menginkorporasikan beberapa tanaman hijau di dalam hunian. Selain memiliki fungsi aestetik, kelima tanaman ini juga dipercaya sebagai simbol keberuntungan. Berikut ulasannya.

1/5 Money Tree

money tree.jpgFoto dok: The Spruce 

Seperti namanya, pohon uang panchira umumnya dipercaya dalam praktif feng shui untuk membawa kemakmuran dan kekayaan finansial bagi pemiliknya. Dikenal akan batangnya yang ramping berkepang dan daunnya yang segar, perawatan tanaman ini sangatlah menarik bahkan bagi mereka yang tidak percaya pada feng shui. Karena sifatnya yang subur, pohon uang sering ditemukan pada daerah perkantoran, hunian dan tempat usaha.

2/5 Lucky Bamboo

bam,boo.jpgFoto dok: Bloom This 

Lucky bamboo adalah tanaman hias yang menjadi salah satu favorit pada perayaan Imlek. Merepresentasikan rezeki yang selalu bertambah, kehormatan dan stabilitas, lucky bamboo biasanya disusun rapi daam satu tingkatan. Mudah dirawat, tanaman hias ini juga bagus untuk para pemula. Banyak yang percaya bahwa menambahkan pita merah dan ornamen dekoratif emas akan melengkapi elemen kayu bambu dan membawa keberuntungan serta memperkuat kualitas keberuntungannya.

3/5 Orchids

orchids.jpgFoto dok: Wayfair 

Bunga anggrek seringkali menjadi incaran para pecinta tanaman hias karena kecantikannya. Tidak hanya indah untuk dilihat, ternyata di dalam Feng Shui, anggrek dapat meningkatkan keberuntungan di dalam keluarga.

Selain itu, anggrek dipercaya dapat membawa efek positif yang berdampak pada keberuntungan asmara, ketentraman bagi yang melihat dan bisa mempererat hubungan anggota keluarga. Tradisi Yunani kuno juga memercayai bahwa tanaman ini memiliki kaitan dengan fertilitas atau kesuburan. Dalam arti yang lain, tanaman anggrek sangat cocok untuk pasangan yang baru-baru menikah.

4/5  Pussy willows

willow.jpgFoto dok: Carousell

Tanaman ekor kucing atau Pussy Willows kerap kita temukan pada Tahun Baru Imlek. Cabangnya yang panjang dan kuncupnya yang putus-putus melambangkan pertumbuhan dan kemakmuran. Pussy willow juga menandakan awal musim semi, menjadikannya tanaman yang sempurna untuk musim ini. Tidak hanya itu saja, Pussy Willows juga dapat bertahan selama berbulan-bulan dan dapat disimpan sebagai tanaman hias yang indah setelah perayaan.

5/5 Calamondin orange trees

calamoundin.jpgFoto dok: SUN Education

Pohon kumquat berhias amplop keberuntungan adalah dekorasi yang dipercaya membawa nasib baik, terutama di awal Tahun Baru China. Maka itu, keberadaannya lekat dengan perayaan Imlek.  
Melansir laman South China Morning Post, buah keberuntungan ini dikenal di Hong Kong sebagai ‘kut’ yang terdengar seperti kata dalam bahasa Kanton untuk 'keberuntungan'. Nama ini menyediakan homofon yang banyak digunakan.

Salah satunya adalah 'dai kut lai see' yang diterjemahkan sebagai 'keberuntungan dan keberuntungan besar'. Tidak hanya itu saja, tanaman ini juga dipercaya dapat memberikan energi positif dan menyenangkan ke dalam ruangan.

Source: tatlerasia.com