Tinggal di sebuah apartemen memang memberimu kemudahan, mulai dari fasilitas, aksesibilitas hingga servis yang nyaman. Namun, tidak semua apartemen memberimu ruang terbuka hijau yang cukup untuk melepas lelah dan stress akibat pekerjaan sehari-hari.

Menurut sebuah penilitian, ruang terbuka hijau tidak hanya memberikan dampak positif bagi psikis seseorang tetapi juga berdampak baik terhadap fisik seperti meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi resiko infeksi pernapasan serta pneumonia.

Bagi kamu yang sulit mendapatkan waktu luang untuk menghabiskan waktu di ruang terbuka dan tinggal di tengah perkotaan yang jauh dari fasilitas ruang hijau, pemanfaatan lahan pada tempat tinggal dapat menjadi solusi yang tepat.

Berikut lima tips mudah yang dapat kamu lakukan untuk mengubah dan memaksimalkan balkon apartemenmu menjadi area terbuka hijau.

1/5 Set up your own vegetable garden

905ee03d-c92a-4874-ba24-b47ec59920e9.jpgFoto dok: unsplah.com/ @priscilladupreez 

Ruang terbuka hijau pada tempat tinggal tidak hanya berfungsi untuk mempercantik ruangan, tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai lahan yang menghasilkan. Selain tanaman hias, kamu juga bisa menanam berbagai sayuran seperti sawi, kemangi, wortel dan tomat. Jika kamu tinggal di sebuah apartemen, pastikan bahwa tanaman yang kamu pilih mudah dirawat dan tidak memerlukan banyak lahan untuk tumbuh.

2/5 Light it up

lighting.jpgFoto dok: unidcr.com

Ciptakan ruang terbuka hijau yang nyaman dan menyenangkan. Dengan begitu, kamu akan termotivasi untuk menghabiskan waktu lebih lama di luar ruang. Salah satu tips mudah yang dapat dilakukan adalah menambahkan pencahayaan. Kelompokkan lentera atau lampu lampion untuk menerangi sudut yang gelap, atau lentera tali di setiap sudut balkon. Untuk menjaga lingkungan, pilih produk dengan tenaga surya atau bohlam bertegangan listrik rendah hemat energi.

3/5 Multipurpose furniture

multipurpose.jpgFoto dok: ikea.com

Memiliki balkon yang sempit bukan berarti kamu tidak memaksimalkan penggunaan furnitur yang dapat menambah estetika. Pemilihan furnitur multifungsi dapat mempermudah dan memenuhi segala kebutuhanmu seperti kursi dan meja lipat atau hammock yang dapat dicopot pasang.

4/5 Fence the borders

shade.jpgFoto dok: realhomes.com

Manfaatkan ruang terbuka hijau di rumahmu sebagai area bersantai untuk melepas lelah. Jika kamu menginginkan privasi, tambahkan pagar kayu atau tanaman merambat pada area balkon. Dengan begitu, kamu dapat menikmati waktu bersantai tanpa mengorbankan privasimu. Selain itu kamu juga dapat memasang tirai yang dapat dibuka dan ditutup sehingga tanamanmu juga mendapatkan sinar matahari yang cukup.

5/5 Bring in a bird feeder

bird feeder.jpegFoto dok: aliexpress.com 

Make the most of your little space and invite some birds in. Gantungkan bird feeder pada sudut balkon untuk mendapatkan suasana yang berbeda. Enjoy hours of birdwatching wile sipping on your tea or coffee.