cover.jpgFoto dok: Indonesiadesign.com

Kamar tidur adalah salah satu ruangan yang memiliki peran vital dalam sebuah hunian. Selain digunakan untuk beristirahat, kamar tidur juga sering digunakan untuk bekerja, terutama saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Tidak hanya kamar tidur yang luas, kamar yang kecil pun juga dapat memberikan suasana yang tenang dan menyenangkan apabila di dekorasi secara tepat. Berikut 8 tips yang dapat kamu lakukan untuk memaksimalkan ruang dan desain pada kamar tidur yang sempit.

1/8 Keep the layout simple

1.jpgFoto dok: Aesthetic.fandom.com 

Hal pertama yang wajib kamu perhatikan untuk memanfaatkan ruang sempit dalam kamar tidurmu adalah desain layout yang simple. Kurangi pemakaian furnitur yang terlalu besar, elemen desain yang terlalu berlebihan serta kurangi berbagai barang yang tidak memenuhi kebutuhanmu.

2/8 Add floating furniture

2.jpgFoto dok: dailydreamdecor.com 

Tips selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk memberi kesan luas pada kamar tidur yang sempit adalah penggunaan floating furniture seperti rak dan meja. Pada dasarnya, semua furnitur yang “melayang” atau yang ditempelkan pada dinding akan membuat ruangan tampak lebih luas dan tinggi.

Floating table memiliki peran yang penting dalam penataan kamar tidur mungil karena sifatnya yang multifungsi. Permukaan meja bisa kamu gunakan untuk bekerja dan meletakkan buku atau aksesoris lainnya. Sementara bagian bawahnya bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan barang-barang lain dengan menambahkan kompartemen berupa laci atau keranjang. Tak hanya itu saja, floating table yang diletakkan di samping tempat tidur juga bisa kamu manfaatkan sebagai nightstand atau side table sehingga kamu tidak perlu repot membeli furnitur tambahan.

Bagi para pecinta buku, floating shelves (rak dinding) juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan. Letakan dipojok ruangan atau dekat meja kerjamu dan hindari penempatan di atas kasur untuk alasan keselamatan.

3/8 Play with bright colors

3.jpgFoto dok: decoist.com

Cara menata kamar tidur mungil bisa dimulai dari pemilihan cat kamar. Warna-warna terang diketahui dapat membuat sebuah ruangan tampak lebih luas, apalagi jika ada cahaya matahari yang masuk. Karena itulah, memilih warna-warna netral atau pastel merupakan salah satu cara menata kamar tidur mungil yang ideal.

Selain itu perlu diingat bahwa kamu pun perlu membatasi jumlah palet warna. Gunakan corak yang serupa untuk dinding, furnitur dan tempat tidur. Keselarasan akan menciptakan kesan lapang dan terang. Agar tidak membosankan, kamu pun dapat menambahkan beberapa dekor ruangan dengan warna yang kontras yang akan kami bahas pada poin selanjutnya.

4/8 Accessorize Away

4.pngFoto dok: curatedinterior.com 

Cara yang tepat untuk menghias kamar yang sempit adalah penggunaan dekor ruangan atau aksesoris dengan aksen, tekstur dan warna-warna yang kontras. Jika kamu tidak memiliki banyak ruang, gunakan throw pillows, pajangan dinding multiwarna dan layered textiles. Selain itu kamu juga dapat meletakkan tanaman hijau dalam pot yang bisa diletakkan di pojok ruangan atau digantungkan di dinding dekat jendela.

5/8 Use hanging lights

5.jpgFoto dok: apppie.org

There are no excuses when it comes to getting creative with your pendants or hanging lights. Untuk memberikan pencahayaan yang cukup pada kamar yang sempit, kamu dapat menggunakan lampu gantung dengan berbagai motif. Selain itu, kamu pun juga bisa menggunakan mounted lamps (lampu dinding) yang dapat kamu letakkan di atas atau di samping tempat tidurmu serta floor lamps untuk memberikan ambience yang menenangkan. Salah satu produk yang dapat kamu gunakan adalah Phillip Hues: Smart Lighting yang warnanya bisa kamu adjust sesuka hatimu melalui aplikasi yang dapat kamu unduh di ponselmu.

6/8 Create the Illusion of Space

6.jpgFoto dok: ArchitectureIn

Menggunakan cermin untuk membuat ruangan tampak dua kali lebih besar adalah trik yang sudah sering digunakan. Pada dasarnya, cermin memantulkan cahaya dan menciptakan ilusi optikal pada ruangan sehingga memberikan kesan yang lapang.

Ada beberapa cara menata kamar tidur kreatif dengan cermin. Misalnya menggantung satu atau beberapa cermin pada dinding polos, memilih lemari pakaian yang sudah memiliki cermin atau meletakkan cermin full-body di pojok ruangan. Untuk menambah estetika ruangan, sesuaikan cermin dengan desain keseluruhan kamar tidurmu.

7/8 Multipurpose furniture

7.jpgFoto dok: resourcefurniture.com 

Memiliki kamar tidur yang sempit bukan berarti kamu tidak dapat memaksimalkan penggunaan furnitur yang dapat menambah estetika. Pemilihan furnitur multifungsi dapat mempermudah dan memenuhi segala kebutuhanmu seperti kursi dan meja lipat atau kasur lipat yang bisa kamu gunakan sebagai sofa untuk menonton TV maupun membaca.

8/8 Maximize the use of bedroom windows

8.jpgFoto dok: homeedit.com 

Jendela sering kali menjadi dead space pada sebuah ruangan, padahal mereka bisa menjadi fasilitas fungsional dan dekoratif jika kamu menggunakannya sebagai tempat untuk meletakkan berbagai aksesoris maupun tanaman. Cukup tambahkan papan kayu lapis pada ambang jendela dan kamu pun akan memiliki floating table yang apik dan menawan. Selain itu, cahaya matahari yang natural juga akan memberi kesan luas pada ruangan. Oleh karena itu, maksimalkan penggunaan jendela dalam kamar tidurmu sebaik mungkin.