Memilih untuk menjalani panggilan hidup dan meninggalkan karir yang diidam-idamkan banyak orang mungkin menjadi sesuatu yang sedikit sulit. Tapi tak sedikit orang yang memang memilih jalan ini dalam hidupnya, termasuk seorang pembawa berita Rieke Caroline. Rieke mulai membangun BuatKontrak yang sekarang berganti nama menjadi Kontrak Hukum bersama rekannya yang juga merupakan founder dari Young on Top, Billy Boen. Berikut beberapa hal yang bisa kita contoh dari Rieke Caroline.

 Baca juga: Rahayu Saraswati Djojohadikusumo Aktivis Human Trafficking Keponakan Prabowo

Tidak mudah menyerah

Menurut Rieke, membangun Kontrak Hukum bukan sesuatu yang mudah. Karena banyak tantangan yang juga dia hadapi di awal-awalnya. Mulai dari kesulitan untuk mengembangkan platformnya dan juga merekrut para pengacara yang memiliki hati di bidang UKM. Rieke bahkan sering menerima penolakan. Berkat kegigihan dan kerja kerasnya, kini Kontrak Hukum memiliki lebih dari 100 legal profesional dengan database yang menyertakan data tentang spesialisasinya. Rieke menambahkan, pihaknya melakukan kurasi terhadap legal profesional sehingga jumlah pengacara, notaris, dan konsultan HAKInya terus bertambah.

Ingin memberikan edukasi

Kontrak Hukum merupakan salah satu sarana bagi Rieke Caroline untuk membuat kalangan UMKM lebih melek hukum dan tidak tertipu. Sebagian UMKM tidak mengerti bahasa hukum, dan hanya menerima saja jika disodori kontrak, maka melalui KontrakHukum ia ingin memberikan edukasi.

 Menjalani panggilan hidup

Setelah berkarya selama 5 tahun sebagai pembawa berita, Rieke memantapkan diri untuk fokus pada panggilan hidupnya sejak kecil yaitu menjadi seorang pengacara dan membantu para pebisnis kecil yang kesulitan dalam hal hukum. Hingga kini, sudah ratusan UmKM yang dibantu Rieke. Mayoritas adalah pemilik startup dan UMKM dari berbagai sektor usaha. Beberapa kontrak yang telah dilayani ia sebutkan semisal Perjanjian endorsement, perjanjian bagi hasil, kontrak kerja karyawan (tetap, freelance/paruh waktu, magang), kontrak vendor atau supplier, dan lain-lain.

Mengedepankan kualitas

Saat ini, KontrakHukum telah menghadirkan beberapa layanan selain pembuatan kontrak, mulai dari bantuan pembuatan badan usaha, pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual, perizinan usaha, jasa notaris, hingga pengurusan investasi asing. Mereka juga memungkinkan para pengguna jasanya untuk berkonsultasi langsung dengan para praktisi hukum yang telah bergabung di platform mereka. Meski memasang banderol harga yang jauh lebih terjangkau, Rieke menjamin kualitas para pengacara yang tergabung dalam kontrakhukum.com. Rieke pun membuat saringan yang ketat bagi para pengacara yang hendak bergabung di perusahaannya. Di antaranya, wajib memiliki pengalaman minimum tiga tahun, dan fasih dalam membuat ataupun meninjau dokumen kontrak. 

Baca juga: 5 Chef Kelas Dunia yang Mengembalikan Penghargaan Michelin Star