Perempuan asal Surabaya pemilik nama lengkap Yorie Kumalasari merupakan salah satu anggota tim DreamWorks Animation yang dipercaya untuk menjadi Effects Artist sejak bulan Februari 2018 lalu. Mengenai profesinya sebagai effects artist, Yorie bertugas ‘menghidupkan’ gambar-gambar seperti air, ledakan, api, asap, dan debu. Berikut 4 hal yang bisa kita contoh dari effects artist Yorie Kumalasari. 

Baca juga: Tyovan Ari Widagdo, Founder Startup Bahaso Yang Telah Menjadi Entrepreneur Sejak Di Bangku SMA

Fokus belajar

Setelah lulus S1 Jurusan Sistem Informasi dari Universitas Surabaya, Yorie Kumalasari mengambil Master Degree di New York University dengan mengambil jurusan Digital Imaging and Design. Di situ ia mempelajari 3D terutama effects yang menurutnya bagian paling menarik dari 3D. Hal tersebut membuatnya fokus belajar dan mendalami effects and akhirnya hingga sekarang ia sudah mengerjakan banyak film di US.

Tidak hanya berkarya pada film

Sebelum bekerja di DreamWorks Animation, Yorie Kumalasari juga pernah bekerja di perusahaan The Mill di New York dan Los Angeles, di mana ia mengerjakan produksi banyak iklan untuk televisi. Setelah itu ia mulai magang di beberapa perusahaan mengerjakan commercial dan film. Ia juga sempat berkerja di Disney Animation dan turut andil dalam mengerjakan film Moana.

Tertantang sebagai effects artist

Profesi Yorie sebagai effects artist ini memang cukup menantang dan masih jarang ditekuni perempuan di industri animasi. Menurutnya hal ini karena perempuan dianggap kurang memahami hal yang terlalu teknis. Meski demikian, kehadiran para perempuan sebagai effects artist  turut berperan dalam pembuatan film How to Train Your Dragon: the Hidden World yang dikerjakan oleh sekitar 40 effects artist yang empat dari mereka adalah perempuan, termasuk dirinya.

Tidak pernah berhenti belajar

Sebagai perempuan, Yorie berhasil membuktikan bahwa dirinya mampu bekerja di industri animasi, khususnya sebagai effects artist di Amerika Serikat. Yorie berpesan kepada teman-teman yang ingin mengikuti jejak karirnya adalah agar tidak pernah berhenti belajar, karena dunia 3D akan selalu berkembang. Tip dari Yorie jika ingin bekerja di studio animasi besar seperti DreamWorks Animation adalah fokus ke bidang yang ingin ditekuni, apakah itu efek, animasi, modeling, atau rigging.

Baca juga: Dari Brasil hingga Cina, Berikut 7 Oase Tercantik Di Dunia Yang Wajib Kamu Kunjungi