Tahun ini ajang penghargaan bergengsi Emmy Awards akan kembali digelar di Los Angeles, Amerika Serikat pada 19 September 2021 mendatang.

Dua bulan jelang acara puncak, penyelenggara mengumumkan daftar lengkap nominasi Emmy Awards 2021 pada pertengahan Juli dan kami pun sadar, kiprah dari aktor dan aktris keturunan Asia ternyata masih kurang terwakili dalam industri perfilman di Barat. Meski baru-baru ini kita melihat deretan nominasi Oscar yang beragam dengan Chloé Zhao dan Youn Yuh-jung, masih ada jalan panjang yang harus dilalui.

Artikel ini dibuat bukan untuk meminta persetujuan, tapi lebih untuk menghargai para aktor, aktris dan creators berbakat yang mendedikasikan dirinya ke dalam sebuah karya agar generasi selanjutnya, dapat melihat eksistensi dan kiprah sukses mereka di layar lebar.

Berikut lima aktor keturunan Asia yang mengukir sejarah pada ajang Emmy Awards selama bertahun-tahun.

1/5 Sandra Oh

Nominasi

Outstanding Supporting Actress in a Drama Series (Grey's Anatomy)
Outstanding Lead Actress in a Drama Series (Killing Eve)
Outstanding Guest Actress in a Comedy Series (Saturday Night Live)
Outstanding Variety Special, Live (76th Gloden Globe Awards)

Sandra Oh menjadi salah satu figur yang berhasil memenangkan beberapa penghargaan selama beberapa tahun terakhir dan menjadi aktris keturunan Asia pertama yang dinominasikan sebagai pemain utama dalam kategori serial drama di Emmy Awards. Tak hanya itu saja, ia juga merupakan perempuan Kanada-Asia pertama yang menjadi pembawa acara Saturday Night Live dan aktris ketiga keturunan Asia yang melakukannya. Dia juga wanita Asia pertama yang berhasil memenangkan dua piala Golden Globes.

Sandra dikenal akan perannya sebagai Christina pada serial medis hits, “Grey’s Anatomy”, yang membuatnya mendapatkan nominasi untuk kategori akting di Emmy Awards. Namun, perannya sebagai Eve Polastri dalam serial spy thriller berjudul “Killing Eve” mendapatkan pujian kritis, memasukkan namanya dalam deretan nominasi sebagai pemeran utama.

2/5 Bowen Yang

Nominasi:

Outstanding Supporting Actor in a Comedy Series (Saturday Night Live)

Bowen Yang mengukir sejarah ketika dirinya resmi bergabung dengan pemeran Saturday Night Live setelah setahun menjadi penulis. Kini ia pun turut menorehkan pencapaian sebagai aktor Cina-Amerika pertama yang dinominasikan untuk kategori akting utama dan bukan sebagai bintang tamu. Ia pun jua menjadi salah satu featured player (pemeran yang muncul selama dua musim) dalam sejarah SNL yang dinominasikan untuk Emmy.

3/5 Riz Ahmed

Nominasi:

Outstanding Actor in a Limited Series or Movie (The Night Of) — Won
Outstanding Guest Actor in a Comedy Series (Girls)

Memiliki portofolio akting yang menakjubkan, Riz Ahmed menjadi aktor Asia sekaligus seorang Muslim pertama yang memenangkan penghargaan Emmy Awards kategori akting untuk serial “The Night Of”. Tidak hanya itu saja, Ia juga menjadi aktor Muslim pertama yang mengantongi nominasi Aktor Terbaik di Oscar untuk film “Sound of Metal”. Ahmed memulai kariernya dengan film indie, yang kemudian mendapatkan  sebuah peran yang besar di Nightcrawler (2014). Sejak itu, ia telah muncul di berbagai film blockbuster Hollywood seperti Jason Bourne (2016) dan Rogue One (2016).

4/5 BD Wong

Nominasi:

Outstanding Guest Actor in a Drama Series (Mr. Robot)

Jauh sebelum BD Wong mengukir sejarah sebagai aktor Tionghoa Amerika pertama yang menerima nominasi Emmy sebagai aktor tamu dalam serial drama Mr. Robot, ia juga menulis namanya di buku sejarah saat ia memenangkan Tony Award untuk penampilannya sebagai Song Liling dalam M. Butterfly. Namun, prestasinya sampai saat ini melebihi itu. Wong adalah satu-satunya aktor dalam sejarah Broadway yang menerima beberapa penghargaan seperti Tony Award, Drama Desk Award, dan lainnya untuk peran yang sama. Selain karir akting dan teaternya, Wong juga turut melakukan pekerjaan voiceover. Salah satunya menjadi pengisi suara Kapten Li Shang dari film animasi Disney, Mulan.

5/5 Aziz Ansari

Nominasi:

Outstanding Lead Actor in a Comedy Series (Master of None)
Outstanding Writing for a Comedy Series (Master of None) — Won with Alan Yang
Outstanding Director for a Comedy Series

Aziz Ansari mengukir sejarah sebagai orang India-Amerika dan Asia-Amerika pertama yang memenangkan Golden Globe untuk kategori aktor terbaik serta memenangkan penghargaan Emmy sebagai penulis untuk “Master of None”. Hal ini membuatnya menjadi salah satu dari sedikit aktor Asia yang memenangkan penghargaan menulis. Untuk kategori aktor utama, ia terpilih sebagai orang Asia Selatan pertama yang pernah dinominasikan sebagai aktor dengan peran yang besar. Selain “Master of None”, Ansari juga terkenal karena perannya dalam “Parks and Recreation” sebagai Tom Haverford.