Jika kamu mengikuti perkembangan restoran dari masa ke masa, pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan penghargaan paling bergengsi ini. Ya, Michelin Star. Michelin Star adalah suatu penghargaan restoran yang diakui oleh dunia internasional. Ibarat piala Oscar, Michelin Star adalah tiket emas bagi para chef dan restoran untuk dikenal dunia. Namun ternyata tidak semua koki dunia merasakan hal yang sama. Contohnya seperti 5 koki ini yang mengembalikan penghargaan bergensi tersebut. Yuk cek siapa saja. 

Baca juga: 5 Atlet E-Sport Indonesia Dengan Pendapatan Tertinggi

Marco Pierre White

Marco Pierre White adalah koki termuda yang restorannya pernah dianugerahi tiga Michelin Star pada tahun 1994. Lima tahun kemudian, ia juga menjadi koki pertama yang mengembalikan penghargaan bergengsi tersebut. Dikutip dari surat kabar The Guardian pada tahun 2015, White mengatakan bahwa orang-orang yang memberinya penghargaan dinilai memiliki pengetahuan yang lebih sedikit darinya. 

 Philippe Gaertner

Koki sekaligus pemilik restoran Gaertner, Philippe Gaertner, juga mengembalikan Michelin Star miliknya pada tahun 2005 walaupun restoran milik keluarganya ini telah mempertahankan penghargaan tersebut sejak tahun 1930an. Menurutnya, biaya yang dikeluarkan untuk mempertahankan penghargaan tersebut sangatlah mahal. Dari harga kain linen, peralatan makan, hingga tingginya gaji staf di dapur membuatnya menyebut penghargaan itu bagaikan "pedang Damocles".

Julio Biosca

Chef Biosca mengembalikan Michelin Star miliknya karena ia merasa penghargaan tersebut membuatnya tidak nyaman. Dia merasa bahwa penghargaan tersebut tidak hanya menjadi suatu kehormatan, namun juga pengekang baginya. Lalu ia memutuskan untuk mengembalikan penghargaan tersebut dan melakukan sesuatu yang lebih sederhana. Meski demikian, ia mengagumi sistem Michelin Star yang membuat restoran keluarganya di luar Valencia, Spanyol menjadi sorotan publik.

 Olivier Douet

Krisis keungan yang dialami Chef Olivier pada tahun 2008 memaksanya untuk mengembalikan penghargaan bergengsi tersebut. Seperti yang dikatakan Chef Gaertner, mempertahankan Michelin Star tidaklah mudah dan memakan biaya yang tidak sedikit. Setelah mengalami krisis besar-besaran, Olivier akhirnya mengubah restoran miliknya dengan menwarkan konsep rumah makan yang lebih santai dan menu yang jauh lebih murah.

Sebastien Bras

Chef Sebasian Bras adalah pemilik Le Suquet, sebuah restoran telah dihormati dengan tiga Michelin Star selama hampir 20 tahun. Chef Sebastien Bras mengambil alih restoran milik keluarganya 12 tahun yang lalu dan mengembalikan Michelin Star yang dimiliki restoran keluarganya tersebut karena tekanan besar yang datang seiring dengan penghargaan tersebut.

Baca juga: 5 Hal Mengenai Adik Ipar SBY, Jendral Pramono Edhie Wibowo