Dunia teknologi sekarang tidak hanya didominasi oleh kaum laki-laki saja, melainkan sudah menjadi dunia bagi sebagian perempuan di Indonesia. Tidak sedikit perempuan yang berhasil meraih kesuksesan dalam bidang ini. Kami menganggap mereka sebagai Kartini dalam bidang teknologi, karena untuk memasuki dunia teknologi ini tentunya membutuhkan  usaha yang keras dan waktu yang tidak sebentar hingga bisa meraih kesuksesan didalamnya. Yuk kita belajar dari kisah sukses para Kartini di bidang teknologi ini. 

Fransiska Hadiwidjana

1.jpg

Fransiska adalah seorang salah satu programmer perempuan di Indonesia yang telah berhasil mematahkan pemahaman “dunia teknologi dan laki-laki memiliki kedekatan yang erat." Berawal dari mimpinya untuk membuat perangkat lunak, hingga sukses mendirikan startup berbasis tenkologi yaitu Prelo. Sepanjang perjalanan karirnya dari awal hingga meraih kesuksesan yang luar biasa, Fransiska mengajarkan kepada semua kaum perempuan di luar sana untuk tidak takut dalam bermimpi. Mimpilah setinggi-tingginya dan berusahalah untuk menggapai mimpi itu.

 Alamanda Shantika

Nama Ala sudah tidak asing lagi dalam dunia teknologi. Perempuan lulusan Universitas Bina Nusantara jurusan IT ini mengaku sangat menyukai matematika dan IT. Karena kemampuan yang dimilikinya dalam ranah teknologi ini, akhirnya Ala berhasil mendirikan startup e-commerce brand fashion lokal di Indonesia sebelum bergabung dengan Gojek. Setelah beberapa waktu bergabung dengan Gojek, Ala memutuskan untuk hengkang untuk mewujudkan mimpinya mendirikan sekolah programming yaitu Binar Academy. Pesan Ala kepada semua perempuan khususnya milenial agar terus meningkatkan self worth dan self confidence, karena tidak ada sesuatu pun yang perlu ditakutkan jika kedua hal tersebut kita miliki.

Diajeng Lestari

Sosok perempuan lain yang juga sukses dalam bidang teknologi ini adalah Diajeng Lestari, pendiri e-commerce HijUp yang juga merupakan istri dari pendiri Bukalapak Achmad Zaky. Diajeng yang adalah lulusan FISIP UI jurusan Ilmu Politik memutuskan untuk mengembangkan sayapnya ke ranah teknologi dan akhirnya sukses mendirikan serta membangun startup sendiri. Ada 5 tips sukses dari Diajeng yang selalu dibagikan olehnya, yaitu Honest, Innovative, Just do it, Unique, dan Pray. Jika diperhatikan dan digabungkan, huruf pertama dari setiap kata itu merupakan nama dari startup miliknya yaitu HijUp.

 Catherine Hindra Sutjahyo

Catherine merupakan perempuan yang berjasa dibalik nama besar Zalora. Pintar, cekatan dan  juga energik, adalah 3 kata yang menggambarakan sosok perempuan kelahiran 1983 ini. Sebelumnya  Catherine berhasil membuat Zalora meraup 3000 transaksi per hari sejak Oktober 2013 silam, kemudian akhirnya dirinya menjadi CEO Alfacart.com . Bagi Catherine, kemauan dan kerja keras untuk terus mau belajar adalah kunci dari kesuksesannya.

Aulia Halimatussadiah

 5.jpg

Aulia atau yang kerap dipanggil Ollie, adalah perempuan yang gemar menulis sejak kecil. Mengawali karirnya sebagai web developer, Ollie akhirnya melebarkan sayapnya dengan membuat startup dengan  platform online publishing yang diberi nama Nulisbuku.com. Semua berawal dari kecintaannya kepada buku, hingga akhirnya bisa menghasilkan sesuatu dari hal yang disukai olehnya. Sebagai seorang penulis buku Ollie tidak gampang merasa puas hingga akhirnya dirinya berhasil meraih kesuksesan sebagai pengusaha yang berbasis teknologi.

Baca juga: Adi Kusuma, Seorang Techno Entrepreneur Di Balik Kesuksesan Biznet

Tags: Society, Startup, Kartini, Sukses, Perempuan, Teknologi, Inspiratif