Dunia kuliner lebih dari sekadar hidangan yang memanjakkan mata dan lidah penikmatnya. Di balik setiap restoran terbaik dan sepiring hidangan berkualitas, terdapat deretan chef yang tidak hanya fokus terhadap rasa dan kualitas, tetapi juga paham bagaimana cara menstimulasi senses dari para gastronomy afficionado. Dari Jakarta dan Bali, berikut para chef bintang lima yang memberi sentuhan berkelas di setiap sajian yang turut mengharumkan nama Indonesia di kancah kuliner Internasional.

1/6 William Wongso

William Wongso Tatler Asia.jpg

Foto: Dok. tatlerasia.com

Dengan karyanya yang cemerlang dan mendunia, Chef William Wongso didapuk sebagai Duta Kuliner Indonesia atas prestasinya dalam membuat kuliner Indonesia mendunia. Salah satu penampilannya yang paling diingat adalah ketika tampil di acara Gordon Ramsay: Uncharted bersama chef ternama Inggris, Gordon Ramsay. Di acara tersebut, William memasak rendang dan mengenalkan kuliner tradisional khas Sumatra Barat sekaligus mengenalkan budaya.Selain tampil di acara televisi internasional, prestasi William yang membuat harum nama Indonesia adalah meraih penghargaan Medali Kehormatan dari Academie du Pain Indonesia di Paris, Prancis. 

2/6 Petty Elliott

Petty Elliot Instagram.jpg

Foto: Dok. Instagram.com/@pettyelliottskitchen

Sebagai chef wanita ternama, Petty Elliott menghadirkan sentuhan elegan di tiap hidangannya dan memberi nafas baru di tengah profesi chef yang didominasi kaum pria. Tidak hanya terkenal di tanah air, Chef Petty pernah mengikuti kompetisi Masterchef Inggris dan tinggal di Negara tersebut pada tahun 1999. Keresahan Petty akan menjamurnya restoran Thailand dan China lah yang membuatnya bertekad untuk mengenalkan kuliner Indonesia kepada dunia. Selain aktif berkolaborasi dengan sederet hotel bintang lima, wanita yang juga berprofesi sebagai food critic ini juga pernah mendapatkan penghargaan Gourmand World Cook Book.

3/6 Degan Septoadji

Chef Degan Indonesia Tatler.jpeg

Foto: Dok. indonesiatatler.com

Kemampuan memasak Chef Degan sudah terasah sejak kecil. Melihat bakatnya, sang ibu mendorongnya untuk meneruskan sekolah di bidang kuliner. Chef yang pernah mengenyam Pendidikan di Jerman tersebut mulai dikenal publik saat tampil di acara Masterchef di tahun 2012 lalu. Selain acara televisi, Ia juga pernah terpilih sebagai salah satu dari 4 chef di Thailand yang berkesempatan memasak untuk keluarga Kerajaan Thailand dan menjadi Chef Indonesia pertama yang mengajar di Le Cordon Bleu, Paris dengan topik ajaran Les Saveurs D’ Indonesie (A Culinary Journey in Indonesia). 

4/6 Made Karyasa

BEJANA CHEF MADE (2).jpg

Foto: Dok. The Ritz-Carlton, Bali

Ketika kamu mengunjungi Pulau Bali, kamu tidak boleh melewatkan hidangan buatan Chef Made Karyasa. Menjadi Head Chef di The Ritz-Carlton, Bali, Chef Made menciptakan beragam menu premium dengan kualitas tinggi di Bejana Restaurant. Sebagai salah satu finalis di acara Top Chef Indonesia, Ia mengantongi lebih dari 20 tahun pengalaman di sejumlah premium kitchen di Bali dan Australia yang Ia terjemahkan dalam setiap hidangan di The Ritz-Carlton, Bali. Chef yang berasal dari Kintamani, Bali ini juga ada di Culinary Cave, dimana tamu dapat bergabung dalam kelas kuliner edukatif dan rahasia dari Spice Islands.

5/6 Dewa Wijaya

Chef Dewa Wijaya of COMO Shambhala Estate (2).jpg

Foto: Dok. Como Shambala Estate

Chef Dewa Wijaya berhasil mengubah persepsi cita rasa healthy food melalui beragam hidangan sehat yang berpenampilan menarik dan memiliki rasa yang lezat. Memiliki beragam pengalaman culinary di luar negeri seperti COMO Uma Paro, Bhutan dan Spices Islands Cruises, Ia berhasil menerjemahkan holistic wellness experience kedalam sepiring hidangan lezat. Handal dalam menangani beragam jenis makanan sehat dalam kategori Western, Asian dan dietary restrictions, Chef Dewa juga pernah menangani selebriti dan public figure internasional seperti John Legend dan Chrissy Teigen di COMO Shambala Estate. 

6/6 Vallian Gunawan 

SKOOL_chef_photo_Val_portrait.jpg.jpg

Foto: Dok. Skool Kitchen

Mendapat banyak pengalaman di berbagai restoran Michelin-starred – baik klasik dan contemporary fine dining di Asia Tenggara dan bergelar Diploma Restaurant and Culinary Operations dari Republic Polytechnic Singapore, Val membawa kemampuan tersebut di SKOOL Kitchen sebagai Executive Chef. Kemampuan kuliner Val tercermin melalui primitive cooking dan modern dining principles yang terlihat dis etiap hidangan Skool. Val pernah memegang restoran Michellin-Starred, Relais & Chateux Saint Pierre dan three Michellin-starrrred Odette Restaurant, Hong Kong’s Season Restaurant dan Viceroy Resorts di Bali.