Untitled(1).jpg

Foto: Dok. Getty Images

Saat dunia berduka sejak kepergian Ratu Elizabeth II dan kenaikan Raja Charles III yang seharusnya disambut meriah. Publik justru lebih pilih membahas masa lalu Charles, khususnya tentang Camilla. Istri dari Raja Charles III itu langsung menjadi sorotan publik dunia terkait kehidupannya. Tidak hanya itu, pembahasan Charles dan Camilla selalu dikaitkan dengan mendiang Diana.

Setelah Ratu Elizabeth II meninggal, keluarga kerajaan harus membuat beberapa perubahan internal yang signifikan, khususnya perihal gelar kerajaan. Misalnya saja, Prince William dan Kate Middleton yang berubah gelarnya menjadi Prince and Princess of Wales. Begitu juga Camilla yang bergelar menjadi Permaisuri. Berikut beberapa hal tentang Camilla yang mungkin tidak kamu ketahui.

1/8 Besar di Sussex

pic1.jpg

Foto: Dok. Getty Images

Camilla Rosemary Shand lahir pada 17 Juli 1947 di London. Ia dibesarkan oleh keluarga yang harmonis dan penuh kasih sayang. Camilla dibesarkan di The Laines, yaitu sebuah rumah dari abad ke-18 di Plumpton, Sussex. Meskipun Camilla bukan bangsawan, namun ia berasal dari keluarga yang kaya raya hingga dapat mengirimkannya bersekolah di Swiss.

2/8 Pernah Menikah

pic2.jpeg

Foto: Dok. Getty Images

Mungkin ada sebagian orang yang tidak ingat bahwa Camilla sebenarnya pernah menikah sekali dengan Andrew Parker Bowles. Di akhir tahun 1960, Camilla bertemu dengan Andrew pertama kali. Sedangkan pada awal tahun 1970-an, Camilla juga telah diperkenalkan kepada Raja Charles III yang masih muda. Namun, ketika itu Charles masih berada di Angkatan Laut dan selalu menghabiskan waktu berbulan-bulan di luar negeri untuk penempatan.

Oleh karena itu, Camilla tidak dapat menjalin hubungan dengan Charles dan memilih Andrew. Sempat putus-nyambung beberapa kali, pada tahun 1973 Camilla dan Andrew pun mengumumkan bertunangan. Kemudian pada 4 Juli 1973 keduanya resmi menikah. Pernikahan keduanya dikaruniai dua orang anak.

3/8 Raja Charles III Ayah Baptis Anak Camilla

pic3.jpeg

Foto: Dok. Getty Images

Kedua anak Camilla dengan Andrew ialah Laura Lopes dan Tom Parker Bowles. Ketika Camilla masih menjalin pernikahan dengan Andrew dan dirinya justru juga terlibat hubungan dengan Charles. Seketika, hal itu menjadi sebuah masalah di pernikahannya, salah satunya perihal pembaptisan anaknya, Tom. Camilla kemudian meminta Charles untuk menjadi ayah baptis bagi Tom.

Tom Parker Bowles merupakan putra pertama Camilla dan Andrew yang lahir pada 18 Desember 1974. Kini Tom menjadi anak tiri Charles walaupun Tom telah lebih dulu menjadi anak baptis dari ayah Pangeran William itu.

4/8 Hubungannya dengan Raja Charles III

pic4.jpg

Foto: Dok. Getty Images

Camilla dan Charles diketahui sering menghabiskan waktu bersama dan sering berfoto bersama. Bahkan, setelah Charles bertemu dan melamar Diana Spencer pada 1981. Perjuangan Diana dalam pernikahannya dengan Charles diketahui publik secara jelas karena tertuang dalam hasil wawancaranya dengan media Inggris. Camilla disebut-sebut sebagai orang ketiga dalam pernikahan itu. Akhirnya, pada tahun 1996, Charles dan Diana resmi bercerai. Sementara, Camilla menceraikan Andrew pada tahun 1995.

5/8 Camilla dan Raja Charles III

pic5.jpeg

Foto: Dok. Getty Images

Sejak cerita Diana tentang pernikahannya menjadi bahan perbincangan publik, kebencian terhadap Camilla berada pada titik tertinggi sepanjang masa dan ia menjadi musuh utama publik. Namun, terlepas dari itu, Camilla tetap memilih untuk mendukung Charles hingga pasangan itu resmi berkencan.

Situasi bahkan semakin sulit setelah kematian Diana pada tahun 1997. Namun, Charles bertekad untuk mempertahankan Camilla dalam hidupnya. Charles pun mulai membawa Camilla kembali ke hadapan publik. Kemudian, pada tahun 2005, pasangan ini menikah dalam sebuah upacara kecil di Windsor Guildhall.

6/8 Keputusan Ratu Elizabeth II

pic6.jpeg

Foto: Dok. Getty Images

Camilla telah berada di keluarga kerajaan untuk waktu yang lama dan ia terus berpartisipasi serta mewakili keluarga kerajaan dalam kegiatan sosial. Setelah menimbang berbagai hal, Ratu Elizabeth membuat keputusan penting untuk gelar Camilla di masa mendatang.

Pada bulan Februari tahun ini, Ratu Elizabeth II mengatakan dalam sebuah pesan yang menandai peringatan 70 tahun pemerintahannya, bahwa itu adalah “sincere wish”, ketika Camilla akan memiliki gelar Permaisuri saat Charles menjadi raja.

7/8 Sikap Kepedulian Camilla

pic7.jpeg

Foto: Dok. Getty Images

Terlepas dari semua skandal yang mengelilingi Camilla, dia tidak pernah membiarkan dirinya hanya dilihat sebagai istri Raja Charles III. Sebaliknya, ia selalu bersemangat tentang banyak hal sosial dan secara aktif meningkatkan kesadaran orang-orang di sekitarnya untuk terus peduli satu sama lain.

Kepedulian pertama Camilla ditunjukkan oleh rasa keingintahuannya tentang osteoporosis, yaitu suatu kondisi yang sangat mempengaruhi ibu dan neneknya. Tidak hanya itu, Camilla juga menyoroti isu-isu, seperti kekerasan dalam rumah tangga, pemerkosaan, dan kekerasan seksual.

8/8 Memiliki Lima Cucu

pic8.jpeg

Foto: Dok. Getty Images

Seperti Raja Charles III, Camilla juga memiliki cucu dan telah menjadi seorang nenek sejak lama. Diketahui bahwa ia memiliki lima cucu, sama seperti Raja Charles III. Putranya Tom memiliki dua anak, yaitu Lola dan Freddy. Sementara putrinya Laura memiliki tiga anak, yaitu Eliza, Gus, dan Louis. Salah seorang cucunya, yaitu Eliza bahkan menjadi pengiring pengantin untuk pernikahan Kate Middleton dengan Pangeran William pada tahun 2011 lalu, tepatnya ketika Eliza baru berusia empat tahun.