Pemerintah Jokowi secara resmi mengumumkan daftar menteri Kabinet Jilid II pada Rabu (23/10). Dari 34 nama yang terpilih, Erick Tohir terpilih menjadi menteri BUMN. Berikut 5 fakta mengenai pria yang akrab disapa Erto ini. 

1/5 Pengusaha sukses 

erick 8.jpgFoto: Dok. Erick Thohir Instagram 

Meskipun akan menjadi menteri, nyatanya Erick Thohir merupakan seorang pengusaha sukses terutama di bidang media. Pria kelahiran Jakarta ini memulai bisnis pada tahun 1993 dengan mendirikan grup media Mahaka Group. Mahaka Group  adalah perusahaan yang menaungi beberapa radio seperti Gen FM, Delta FM, Jak FM dan stasiun televisi JakTV. Tidak hanya itu, mantan ketua TKN Jokowi-Ma’aruf Amin ini juga menjabat sebagai Presiden Direktur ANTV. 

2/5 Orang penting di industri sepak bola 

erick 6.jpg Foto: Dok. Erick Thohir Instagram

Tidak hanya merupakan orang penting di dunia bisnis media, Erick Thohir juga merambah dunia bisnis olahraga. Pria berumur 49 tahun ini tercatat pernah menjadi pemegang saham terbesar di satu klub sepak bola Italia, Inter Milan pada tahun 2013 hingga 2018. Selain memiliki Inter Milan, di saat yang bersamaan Erick juga menjadi owner dari klub sepak bola Amerika , D.C United dan klub Indonesia, Persib Bandung. Saat ini, Erick Thohir menjadi pemilik dari klub Inggris yaitu Oxford United. 

3/5 Latar belakang pendidikan yang cemerlang 

erick 3.jpgFoto : Dok. Erick Thohir Instagram

Kesuksesan sosok Erick dalam dunia bisnis tentu tidak lepas dari rekam akademiknya yang cemerlang. Erick Thohir diketahui menempuh pendidikan sarjananya di Glendale University dan mendapat gelar sebagai Bachelor of Arts. Lalu pada tahun 1993, Erick menyelesaikan studi masternya dalam bidang bisnis administrasi di National University of California, Amerika Serikat.

4/5 Kehidupan pribadi yang jarang disorot 

erick 7.jpgFoto: Dok . Erick Thohir Instagram

Sejak dikabarkan menjadi akan menjadi salah satu menteri, semua hal yang berhubungan dengan Erick menjadi perbincangan, salah satunya adalah keluarganya. Diketahui bahwa Erick Thohir sudah memiliki seorang istri yang bernama Elizabeth Tjandra. Meskipun jarang terekspos oleh media, diketahui bahwa Elizabeth memiliki paras yang rupawan. Dari pernikahan mereka, Erick dan Elizabeth memiliki 4 orang anak yang bernama Mahatma Arfala Thohir, Mahendra Agakhan Thohir, Makayla Amadia Thohir dan Magisha Afryea Thohir. 

5/5 Sosok di balik kesuksesan Asian Games 2018

erick 4.jpgFoto: Dok. Erick Thohir Instagram

Kesuksesan Asian Games 2018 tidak terlepas dari peran Erick Thohir. Tahun lalu saat perayaan Asian Games di Jakarta dan Palembang, Erick menjabat sebagai Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC). Di bawah kepemimpinannya, Asian Games untuk pertama kalinya berhasil disiarkan di Amerika Latin.


Baca juga: Ini Dia Fakta Nadiem Makarim, Calon Menteri Muda Pilihan Jokowi

Tags: Jokowi, Erick Thohir, Menteri, Menteri Jokowi