Perkembangan startup di Indonesia tentunya menjadi salah satu hal yang patut di amati di tahun-tahun mendatang. Tidak hanya startup-nya saja, ada baiknya jika kita juga melihat sosok-sosok di balik kesuksesan usaha rintisan tersebut. Kali ini, Indonesia Tatler mengangkat tentang sosok bersahaja di balik kesuksesan Biznet yaitu seorang techno entrepreneur, Adi Kusuma. Simak selanjutnya disini. 

Membangun Biznet

1.jpgfoto: Dok. maxmanroe.com

Setelah menyelesaikan kuliahnya di Amerika pada tahun 1998 silam, Adi pun bekerja sebagai seorang system programmer di Software House International, New Jersey, A.S. Pada sebuah wawancara dengan media lokal, Adi mengatakan bahwa ide pertamanya muncul ketika ia melihat sales dikantornya menelfon menggunakan call free 1800 ke kator untuk mengambil koneksi internet dan mengambil e-mail. Melihat peluang yang besar, akhirnya ia pun memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan membangun Biznet yang pada saat itu menggunakan koneksi wireless dan infra red ke gedung yang dituju yang kemudian di dalamnya dibangun jaringan. Adi juga mengatakan bahwa saat ia memulai, internet masih digunakan hanya untuk menggantikan faksimili. Koneksi internet gedung pun masih sangat sulit. Ketika perusahaan jaringan seperti Indosat dan Telkomsel membutuhkan 2 bulan untuk memasang jaringan, Biznet hadir untuk mempersingkat waktu tersebut. 

 Perkembangan Biznet

2.jpgfoto: Dok. swa.co.id

Saat di luncurkan pada tahun 2000, Biznet hanya melayani gedung-gedung saja. Lalu pada tahun 2006, Biznet akhirnya berkesempatan untuk membuat kabel optik untuk daerah Sudirman sepanjang 10 km. Dan pada tahun 2007 Biznet membangun 50 km lagi namun ke daerah yang berbeda yaitu Thamrin dan Fatmawati. Dalam periode 6 tahun terhitung dari tahun 2000-2006, total ada 13 perusahaan yang telah dilayani oleh Biznet. Hingga sekarang Biznet sudah membangun lebih dari 6.500 km kabel.

Adi Memilih Jalannya Sendiri

3.jpgfoto: Dok. liputan6.com

Dalam perjalanan karirnya sebagai seorang techno entrepreneur yang mendirikan Biznet, Adi megatakan bahwa ini adalah pilihan jalannya sendiri. Berada ditengah keluarga yang berlatar belakang bisnis, membuat Adi juga ikut belajar bagaimana menjadi seorang pengusaha. Kemudian Adi menggabungkan dua bidang tersebut yaitu bisnis dan teknik menjadi satu perpaduan yang merdu, hingga ia dapat membangun dan membawa Biznet menuju kearah sukses.

 Tips Sukses Seorang Adi Kusuma

4.jpgfoto: Dok. tech in Asia Indonesia

Dibalik kesuksesannya Biznet, Adi juga berperan sebagai koki bagi usaha yang sedang dibangunnya. Hingga sekarang Adi memiliki lebih dari 800 karyawan. ‘Anda harus bisa menjadi koki untuk produk anda sendiri’ begitulah yang dikatakan oleh Adi melalui wawancaranya dengan salah satu media swasta. Karena seorang koki tahu bagaimana menghasilkan hidangan yang dapat menarik perhatian masyarakat dan juga bagaimana cara menjual cita rasanya kepada masyarakat. Ia pun menerapkan hal tersebut ke dalam bisnisnya. 

Baca juga : 5 Tempat Wisata Tersembunyi Yang Wajib Kamu Kunjungi Di Sukabumi

Tags: Entrepreneur, Society, Indonesia, Startup, Sukses