Berbagai nama baru secara resmi menempati kursi DPR periode 2019 hingga 2024. Namun yang berhasil mencuri perhatian adalah beberapa nama tersebut yang berasal dari kalangan muda. Salah satunya adalah Hillary Brigitta Lasut. Hillary yang masih berusia 23 tahun ini berhasil menduduki satu kursi di DPR dari fraksi Partai NasDem untuk Dapil Sulawesi Utara dengan perolehan suara sebanyak 70.345 suara. Penasaran seperti apa sosok seorang Hillary? Cek 5 faktanya di sini.

Memiliki pengetahuan luas akan politik 

hillary 1.jpgFoto: Dok. Instagram Hillary Lasut 

Keberhasilan Hillary duduk di DPR tentu berbekal dari pengetahuan politiknya yang luas sedari kecil. Ya, Hillary lahir dari keluarga yang memiliki latar belakang politik. Ayah Hillary adalah Elly Engelbert Lasut, Bupati Kepulauan Talaud periode 2004 hingga 2009 dan 2009 hingga 2012. Sedangkan ibunya adalah Telly Tjanggulung, Bupati Minahasa Tenggara periode 2008-2013.

Rekam jejak akademik yang cemerlang 

hillary 2.jpgFoto: Dok. Instagram Hillary Lasut

Pengetahuan tentang politik tentu tidak hanya didapat Hillary dari keluarganya, namun juga dari pendidikan. Hillary sendiri memiliki rekam jejak akademik yang cemerlang. Wanita kelahiran Manado ini menamatkan studi S1 dalam bidang hukum di Universitas Pelita Harapan. Namun yang membuatnya hebat adalah dirinya berhasil mendapat beasiswa platinum sebesar 100% untuk menamatkan studi S1nya. Tidak berhenti disitu, Hillary sudah merampungkan studi Masternya di jurusan hukum internasional di Washington University, Amerika Serikat. 

Berprestasi dari dulu 

hillary 51.jpgFoto: Dok. Instagram Hillary Lasut

Tidak hanya pintar dalam hal akademik, Hillary juga aktif dan memiliki segudang prestasi di luar akademik sejak muda. Sebut saja diantaranya adalah saat masih berusia 14 tahun, ia pernah menjadi peserta Bunaken Teen Idol di tahun 2009 dan Miss Manado International School di tahun yang sama. Ia juga terpilih sebagai Ketua OSIS SMA 1 Manado periode 2013-2014 dan pernah terlibat dalam Karantina dan Pelatihan Duta Paskibraka Indonesia di tahun 2013 mewakili Manado. Tidak berhenti di situ, Hillary jago dalam debat. Ia pernah menjadi "3rd Winner Of  the Extemporaeous Speech Contest (2011)" dan peraih juara II Debat Internal FH UPH (2014). 

Masuk dalam deretan anggota DPR termuda

hillary 5.jpgFoto: Dok. Instagram Hillary Lasut  

Keberhasilan Hillary meraih satu kursi di DPR tentu menjadi wajah baru di pemerintahan. Secara Hillary merupakan satu dari 3 anggota DPR terpilih untuk periode 2019 hingga 2014 yang masih berusia 23 tahun. Dua di antaranya adalah Muhammad Rahul (23 tahun) Partai Gerindra dapil Riau I dan  Farah Puteri Nahlia (23) PAN dapil Jabar IX

Bertekad untuk membawa perubahan di DPR 

hillary 3.jpgFoto: Dok. Instagram Hillary Lasut

Walaupun masih dibilang memiliki umur yang muda, visi Hillary sebagai seorang anggota DPR tidak bisa dianggap remeh. Dilansir pada satu interview, Hillary mengungkapkan bahwa dirinya akan berjuang menjadi generasi milenial dan kaum perempuan untuk politik yang bersih. Dirinya juga akan rajin menghadiri rapat dan akan memiliki tim media sendiri untuk mengawasi kinerjanya di DPR.

Baca juga: 4 Fakta Menarik Mengenai Anggota DPR Termuda Periode 2019-2024, Farah Puteri Nahlia

Tags: Hillary Brigitta Lasut, Dpr 2019-2024, Anggota Dpr