rk_nadiemmakarim_211019.jpgFoto: Dok. Straits Times

Sudah beredar deretan nama yang digadang-gadang akan menjadi menteri di kabinet Jokowi jilid II. Salah satu nama yang beredar adalah Nadiem Makarim. Nama pendiri GO-JEK ini kian santer beredar akan menduduki jabatan menteri pilihan Presiden Jokowi. Nah, bagi kamu yang penasaran dengan sosok Nadiem, yuk cek 5 faktanya di sini. 

1/5 Mengemban pendidikan di salah satu universitas terbaik dunia 

Sosok Nadiem yang sukses sekarang tentu tidak lepas dari rekam akademisnya. Pria kelahiran Singapura ini diketahui merupakan lulusan universitas bergengsi yang termasuk dalam Ivy League yaitu Brown University. Sehabis itu, dirinya melanjutkan pendidikan pasca-sarjananya di salah satu universitas terbaik dunia yaitu Harvard Business School.

2/5 Sempat bekerja sebelum membangun GO-JEK 

Sebelum sukses membangun GO-JEK sekarang, Nadiem Makarim sempat di salah satu perusahaan konsultan di Jakarta yaitu Mckinsey & Company. Kala itu, ia bekerja sebagai konsultan manajemen. Selain itu, Ia juga pernah menjadi managing director Zalora, bekerja bersama Rocket Internet, dan membantu perkembangan Lazada Indonesia.

3/5 Masuk dalam 50 inovator dunia versi Bloomberg 

Kesuksesan Nadiem dalam dunia teknologi membuat namanya berhasil masuk dalam list 50 inovator dunia versi majalah Bloomberg tahun 2018 lalu. Menurut pernyataan dalam Bloomberg, tidak ada platform atau aplikasi teknologi lain yang memberikan perubahan di Indonesia secepat GO-JEK. Tidak hanya dari Bloomberg, Nadiem merupakan tokoh termuda yang mendapatkan Nikkei Asia Prize ke 24 untuk inovasi ekonomi dan bisnis.

4/5 Resmi mengundurkan diri dari GO-JEK 

Sepertinya rumor tentang pemilihan Nadiem menjadi salah satu menteri di kabinet Jokowi jilid II akan menjadi fakta. Diketahui juga bahwa Nadiem hadir di Istana Negara untuk memenuhi panggilan Presiden Jokowi pada hari Senin (21/10). Ditambah mulai pada hari ini, pria berumur 35 tahun ini secara resmi mengundurkan diri menjadi CEO dari GO-JEK. Tentu hal ini membuat dugaan semakin kuat jika Nadiem akan masuk dalam deretan menteri 2019-2024. 

5/5 Sudah memiliki istri dan satu anak 

Tidak banyak diketahui, Nadiem sudah memiliki istri dan sudah menjadi ayah dari satu orang anak. Pria keturunan Arab ini resmi mempersunting kekasihnya yang bernama Franka Franklin pada tahun 2014 lalu. Dari pernikahannya, pasangan ini sudah memiliki satu orang putri yang bernama Solara Franklin Makarim. 

Baca juga: Hengkang Dari Go-Jek, Alamanda Shantika Wujudkan Mimpinya Membangun Sekolah Programming

Tags: Society, Nadiem Makarim, Gojek, Menteri