jerry.jpeg

Foto: Dok. generationt.asia

Memiliki kecintaan terhadap alam dan tanah air merupakan hal yang telah melekat dalam diri Jerry sejak lama. Pria asal Indonesia tersebut berhasil mendirikan Yayasan Bawah Anambas, perusahaan nirlaba yang berfokus dalam pemulihan serta pelestarian keanekaragaman hayati dan lingkungan laut. Selain itu, yayasan tersebut juga membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat adat di Anambas Kepulauan Riau, Indonesia. Simak ulasan berikut untuk mengetahui aksi-aksinya yang menginspirasi.

1/5 Atas Cinta & Kontribusi Positifnya Terhadap Alam Indonesia
Jerry Winata mulai dikenal melalui tindakan positif & kontribusinya terhadap alam Indonesia. Selain kecintaannya terhadap alam, Jerry juga sering mendukung atau berpartisipasi aktif dalam memerangi diskriminasi terhadap minoritas.
Ia mendirikan Yayasan Bawah Anambas pada tahun 2018 dengan tujuan membantu pemulihan dan konservasi lingkungan laut,  dan keanekaragaman hayati serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat adat Kepulauan Riau di lepas pantai Sumatera.

2/5 Mendirikan Bawah Anambas Foundation Untuk Membantu Pemulihan dan Pelestarian Lingkungan Laut
Sebelum terjun ke organisasi yang berfokus pada lingkungan dan pengembangan masyarakat, Jerry sebelumnya bekerja untuk World Bank dan PBB pada isu-isu yang berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan dan ketahanan pangan, Dan tentunya masih sejalan dengan interestnya, terutama karena ia menghabiskan kebanyakan waktu dalam karirnya di bidang ‘development’ atau pengembangan.
Melalui Bawah Anambas, Jerry & yayasan bertujuan untuk menciptakan, mempromosikan dan meningkatkan ekosistem, kesejahteraan masyarakat dan gaya hidup berkelanjutan di Anambas Kepulauan Riau, Indonesia.

3/5 Tergabung Dalam Obama Foundation Leaders Asia Pacific
Terlebih lagi yayasan ini memfokuskan pekerjaannya pada tiga aspek yaitu; Above (di darat), Below (underwater) dan Beyond (kesejahteraan). Jerry juga mendapatkan penghargaan sebagai salah satu anggota dari Obama Foundation Leaders Asia Pasifik melalui aksi-aksinya.
Terdapat lebih dari 250 pulau dan sekitar 45.000 penduduk yang tersebar di tujuh kecamatan pada Kabupaten Anambas, yang dimana delapan puluh persen populasi bergantung pada laut sebagai sumber pendapatan utama mereka, baik melalui budidaya perikanan atau pemancingan. Saat ini, penangkapan ikan yang berlebihan merupakan salah satu masalah utama di daerah tersebut, hal ini membuat laut tidak memiliki cukup waktu untuk pulih dengan sendirinya dan menyebabkan populasi ikan laut terus menurun. "You can't talk about conservation to a hungry man or a mother worried about their children's education. That's why it's really important for us to be able to do conservation in order to make sure the people are not forgotten". lanjut jerry.

4/5 Tiga Pilar Utama Bawah Anambas Foundation
Terlebih Yayasan Bawah Anambas memiliki tiga pilar utama; konservasi hutan, konservasi laut dan pengembangan masyarakat. Mereka juga bekerja secara langsung dengan masyarakat setempat untuk bertindak atas pilar-pilar tersebut. Bawah Anambas juga berkomitmen untuk mendukung tujuan pemerintah Indonesia seperti pengelolaan sampah padat, pembersihan pantai dan mengembangkan masyarakat setempat melalui program pemberdayaan ekonomi seperti mata pencaharian alternatif, program bahasa Inggris dan pemberdayaan perempuan.

5/5 Solutive Action: To Give and To Nurture
Selain konservasi laut, hutan & pemberdayaan ekonomi, yayasan naungannya itu juga menyediakan program pendidikan bahasa dan pemberdayaan perempuan. Seperti yang dikatakan Jerry, sebagian besar program pengembangan masyarakat Bawah Anambas diarahkan untuk memberikan sumber pendapatan alternatif bagi masyarakat. "A significant portion of our community development program is catered or geared toward providing them with alternative livelihood. We do this so they will still be able to put food on the table for their family; they will still be able to support their children to go to school while allowing our ocean to restore".