Sekilas, influencer virtual Oh Rozy (@rozy.gram) terlihat seperti influencer Instagram top lainnya. Foto dan video unggahan wanita asal Korea Selatan 22 tahun itu terlihat menggemari gaya hidup mewah, modeling, mengenakan pakaian dengan desain yang stylish, serta menghadiri acara-acara high profile.

But here’s the twist: Oh Rozy tidaklah nyata.

kkkaaaa.jpg

Foto: Dok. Sidus Studio X

Sesuai dengan gagasan perusahaan kreatif Sidus Studio X yang berbasis di Seoul, Oh Rozy berarti “satu-satunya” dalam bahasa Korea, and is known simply as ‘Rozy’ to her fans. Ia merupakan influencer virtual pertama di Korea Selatan, Meski konsep influencer virtual sudah bukan hal baru lagi, Rozy merupakan yang pertama dibuat dengan 3D modelling technology. Memulai debutnya di Instagram pada Agustus 2020 lalu, ia tampil sebagai gadis muda Korea dengan look yang disukai oleh para “generasi MZ” di Korea Selatan—orang-orang yang berada di antara milenial dan gen Z. Memiliki kulit mulus, bibir penuh dan kaki ramping. Rozy bekerja sebagai penyanyi, model dan DJ, ia juga sering melakukan advokasi mengenai sustainability: secara reguler memposting tentang perlindungan lingkungan.

Kini, Rozy memiliki 144.000 pengikut di Instagram. Menurut Business Insider, tahun lalu, dia diperkirakan telah menghasilkan lebih dari 1 miliar won Korea (sekitar US$854.000) dari kesepakatan sponsor saja. Tiffany & Co dan Calvin Klein juga termasuk yang telah bekerja sama dengannya.

Kali ini ia membocorkan tentang mengapa dirinya diberi kepribadian dan sifat-sifatnya tersebut, proyeknya yang paling berkesan dan mengapa dia berharap menjadi simbol kekuatan & kebaikan.

Tell us about yourself.

Saya merupakan influencer virtual pertama di Korea Selatan, dengan passion yang kuat terhadap lifestyle. Oh Rozy adalah nama asli saya, yang berarti “satu-satunya” dalam bahasa Korea. Saya sekarang bekerja sebagai model untuk beberapa brand, serta baru-baru ini, saya ditunjuk sebagai ambassador Busan Expo, bersama dengan Lee Jung-jae dari serial film Squid Game dan megaband K-pop BTS. Belakangan ini saya sedang sangat sibuk karena di waktu yang bersamaan ini saya juga sedang mempersiapkan single baru.

What is your identity?

Saya lahir untuk mewakili generasi MZ, kelompok trendsetter paling berpengaruh di masyarakat Korea Selatan. Kepribadian, value, penampilan, dan hobi saya juga sengaja dipilih untuk menggambarkan gaya hidup yang disukai oleh audiens saya. Mulai dari menghadiri acara-acara hingga melihat tampilan koleksi terbaru luxury labels, hal-hal yang saya posting di media sosial cenderung tepat waktu, menyenangkan juga engaging, dan inilah yang akan dianggap menarik publik.

As someone who never ages, it’s my goal to keep up with trends and to represent the young generation of every era.

What’s a common misconception about you?

Orang-orang mungkin cenderung berpikir bahwa saya adalah ‘pengganti’ manusia, namun saya tidak melihatnya demikian. Manusia virtual juga dapat hidup berdampingan dengan manusia sungguhan, menurut saya keduanya bisa saling belajar dan berbagi pemikiran antara satu dengan yang lainnya.

How would you describe your style?

Saya sering tampil dengan riasan bold cenderung berani, selain itu saya juga suka melakukan mix & match pola dan warna dalam pakaian. menurut saya, gaya adalah cara untuk mengekspresikan kepribadian dan suasana hati saya. Saya juga senang untuk berbaur dengan orang yang memiliki kesamaan dengan saya, seperti fashion.

Tips styling saya, daripada kita mengcopy ide orang lain, interpretasi ulang saja look yang kita suka dan masukkan personaliti dirimu di dalamnya supaya lebih stand out.

What’s the story behind your work as a musician, and what was the inspiration behind your debut single Who Am I?

Saya sebenarnya tidak pernah bermimpi menjadi seorang penyanyi. Who Am I merupakan kisah jujur tentang hidup saya, dimana didalamnya merangkum kebingungan dan perasaan tidak aman yang saya alami sebagai manusia virtual. It’s also a song that everyone can relate to, at different points in their lives.

What are some of the most unforgettable projects you’ve worked on?  

Salah satu proyek paling berkesan dalam karir saya sejauh ini adalah syuting komersial untuk perusahaan Korea Selatan, Shinhan Life Insurance pada Juli 2021 lalu. Ini merupakan pertama kalinya seorang manusia virtual menjadi wajah dari perusahaan asuransi, dan hal ini membuat saya sangat bangga saat melihat iklan tersebut mendapat pujian kritis dari negara-negara lain. Saya juga sadar tanpa dukungan dari tim produksi dan perusahaan saya, saya tidak akan berhasil dalam campaign tersebut.

What was it like to work with the model Irene Kim for Tiffany & Co’s jewellery campaign?

Irene merupakan manusia pertama yang telah bekerja dengan saya. Saya sangat bersyukur atas kesempatan bekerja dengan model stylish sepertinya. Hal tersebut termasuk pengalaman hebat untuk bekerja melintasi batas antara kehidupan virtual dan kenyataan, hasilnya juga sangatlah memuaskan.

Setelah kampanye Tiffany & Co saya juga melakukan pemotretan lain dengan Irene untuk peluncuran merek fesyennya, Irene is Good. It was another fun experience!

What does the idea of living sustainably mean to you?

Kita sekarang hidup di masa dimana perlindungan lingkungan telah menjadi kebutuhan, bukan pilihan. Melindungi lingkungan dan menjadikan planet ini tempat yang lebih baik adalah tanggung jawab semua orang, dan bagi saya, hidup berkelanjutan adalah tentang membuat pilihan yang bijaksana.

Agustus lalu, saya bermitra dengan Good Neighbors, sebuah LSM kemanusiaan dan pembangunan internasional dari Korea Selatan untuk meluncurkan kampanye bernama ‘Oh Rozy Earth Challenge’. Pada campaign itu, kami turut mengundang publik untuk mengadopsi serta berbagi praktik sustainability baru di Instagram, sambil juga menawarkan Sustainable DIY kit gantungan kunci kepada peserta terpilih untuk menikmati aktivitas kerajinan yang eco-friendly. Kampanye ini dinilai sukses, dan mendapat feedback yang sangat positif. Saya akan terus menggunakan platform saya untuk kebaikan dan menginspirasi lebih banyak orang agar mengadopsi gaya hidup yang lebih sustainable di masa depan.

 

What's next for you?

Meskipun telah memiliki karir di berbagai bidang pada industri hiburan; model, penyanyi, dan DJ, saya merasa masih banyak yang bisa saya jelajahi. Saya ingin mempelajari hal-hal baru dan juga menunjukkan sisi lain dari kepribadian saya yang belum pernah dilihat orang.

Untuk sekarang, saya sedang sibuk mempersiapkan peluncuran brand kecantikan vegan saya sendiri, yang kemungkinan akan rilis akhir tahun ini. 

Saya juga akan menghadiri acara penghargaan yang diselenggarakan oleh perusahaan NFT terbesar Korea Selatan, Metaconz. Dan tentu saja, saya akan terus melakukan fashion shoot serta membagikan foto-foto aktivitas saya sehari-hari di Instagram. A new look is coming soon, so stay tuned!