Dunia investasi di kalangan selebriti sudah semakin umum, terutama investasi yang mengutamakan “sustainable life & environment”. Semakin banyak selebriti menggunakan platform yang mereka miliki untuk menciptakan startup baru serta mensupport wirausahawan sesuai dengan tujuan yang masing-masing dari mereka yakini, Sebagian dari mereka berinvestasi dalam sustainability-focused startups yang bertujuan baik untuk bumi ini. Selain mensupport dengan cara berinvestasi secara tidak langsung mereka juga membantu meningkatkan awareness terhadap isu ini kepada masyarakat atau pendukungnya. Don’t we just love these names?!

1/5 Leonardo DiCaprio 1926531384-origin.jpeg

Foto: Dok. Leonardo DiCaprio Foundation

Melalui Leonardo DiCaprio Foundation, Founder Leonardo DiCaprio mendukung organisasi dan inisiatif yang mengutamakan zero waste. Foundation tersebut bertujuan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi bumi kita. Salah satu CEO, Terry Tamminen menjelaskan bahwa yayasan ini berinvestasi dalam mengubah limbah menjadi bahan berharga menarik, seperti satu botol plastik daur ulang sama dengan sepasang tali sepatu Allbirds. LDF memiliki ketertarikan untuk pendanaan terhadap  enam  bidang program, yaitu Wildlands Conservation, Oceans Conservation, Climate Change, Indigenous Rights, Transforming California, and Innovative Solutions.  

2/5 Beyoncé
Beyonce-slideshow.jpeg

Foto: Dok. Getty Images

Beyoncé, salah satu penyanyi pop paling berpengaruh di dunia yang juga memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Ia melakukan “sustainable act” nya melalui investasi terhadap perusahaan minuman, WTRMLN WTR pada tahun 2016. Dirinya berinvestasi pada WTRMLN WTR karena keresahannya terhadap food waste, dan perusahaan tersebut mengedepankan no waste principal dimana mereka membuat cold pressed juice berbahan buah semangka yang ditolak oleh industri makanan / toko karena terlihat terlalu ‘jelek’ untuk dijual di pasaran.

3/5 Pharrell Williams
Pharrell-slideshow.jpeg

Foto: Dok. Human Race

Pharrell Williams, musisi, rapper, dan juga produser asal amerika ini ternyata juga merupakan investor pada perusahaan tekstil asal New York, Bionic Yarn. Produk yang dikeluarkan oleh Bionic Yarn juga termasuk produk daur ulang yang mengutamakan minimalisasi sampah. Mereka membuat kain dari sampah plastik di laut yang didaur ulang. Brand tersebut juga telah berkolaborasi dengan merek-merek baju ternama yaitu H&M, G-Star Raw, dan  Timberland.

4/5 Ashton Kutcher

ashton-kutcher-slideshow.jpeg

Foto: Dok. Getty Images

Ingin mengurangi penggunaan tisu karena ingin menekan pemangkasan pohon dan perambahan hutan? That is what Ashton Kutcher does, bersama dengan para investor selebriti lainnya, Kutcher berinvestasi pada Cloud Paper. Cloud Paper merupakan perusahaan tisu berkelanjutan dimana mereka membuat produknya tidak dari pohon, melainkan bambu. Ia mendukung Cloud Paper bersama dengan selebriti lain yang memiliki visi sama, yaitu Ciara, Robert Downey Jr, Gwyneth Paltrow, dan Mark Cuban. 

5/5 Nikki Reed

Nikki-Reed-Bayou-slideshow.jpeg

Foto: Dok. BaYou with Love

Nikki Reed, aktris yang membintangi film Twilight Saga itu juga merupakan seorang Co-Founder dari “BaYou with Love”, merek perhiasan miliknya yang mengutamakan pendaur-ulangan produk pada material yang digunakan. BaYou with Love, mendaur ulang logam termasuk emas dari limbah elektronik, juga lab-grown diamond dari Diamond Foundry, perusahaan berlian yang membuat sendiri berliannya di sebuah laboratorium.  Menciptakan sebuah set perhiasan pertama yang tidak hanya mengedepankan keberlanjutan, namun juga cerita dibalik produknya, seperti tagline-nya yang berbunyi “luxury with a story”.