unsplash.png

Foto:Dok.unsplash.com

Tak hanya kekayaan alam, Indonesia juga memiliki segudang talenta berbakat yang membanggakan. Surabaya, sebagai salah satu kota terbesar dan terpadat di Indonesia, kerap memunculkan nama-nama baru yang membanggakan nama Indonesia di kancah internasional. Misalnya saja Chilla Kiana, Ayu Maulida Putri, sampai Dellie Threesyadinda. Berikut kami rangkum sosok dari Kota Pahlawan yang memiliki segudang prestasi membanggakan baik nasional maupun internasional.


1/5 Chilla Kiana 

Penyanyi kelahiran 30 September 1996 ini berhasil membawa nama Indonesia di kancah dunia. Chilla Kiana ikut terlibat dalam sejumlah serial Disneyl Channel Asia. Dirinya sukses membawakan lagu Disney yang berjudul “The Glow” dalam versi Bahasa Indonesia. Setelah lagu “The Glow”, Chilla Kembali terpilih untuk menyanyikan lagu “Elena of Avalor” sekaligus mengisi suara untuk karakter Princess Elena. Tidak hanya menyanyi saja, perempuan kelahiran Surabaya ini juga mahir bermain piano. Atas bakat menyanyi dan bermain piano, saat ini Kiana telah bergabung dengan label musik ternama yaitu Universal Music Indonesia. We are proud of you, Chilla.


2/5 Ayu Maulida Putri 

Ayu Maulida Putri, perempuan berdarah Surabaya ini berhasil meraih gelar Putri Indonesia 2020. Perjalanan karier Ayu dimulai dari dunia modeling dimana sejak duduk di bangku SD, Ayuma tertarik dengan dunia fashion. Berbagai perlombaan fashion telah diikutinya hingga pada tahun 2019, ia memenangkan penghargaan Best Catwalk Female Model dalam ajang Face of Indonesia yang digelar di Indonesia Fashion Week di tahun yang sama. Wanita yang kerap disapa Ayuma ini bahkan berhasil mewakili Indonesia di kontes kencantikan dunia, Miss Universe 2020 yang digelar di Florida, Amerika Serikat. Pada event tersebut, Ayu berhasil memenangkan piala kategori “Top 11 Best National Costume Miss Universe 2020”. Pencapaiannya tersebut membanggakan nama Indonesia di kancah dunia. 

 

3/5 Dian Kyriss
Tanpa judul.jpg

 Foto:Dok.kumparan.com

Dian Kyriss merupakan sosok sosialita yang berasal dari Jawa Timur. Sosialita cantik ini dikenal sebagai pecinta batik, dimana dirinya telah mengoleksi ribuan batik dari seluruh pelosok Indonesia. Dian telah mengoleksi lebih dari 2000 kain batik yang memiliki varian harga bermacam-macam. Beberapa jenis batik yang dikoleksi Kyriss mulai dari batik asal Sidoarjo, Jogja, Solo, Pekalongan, Tasikmalaya, Lasem, Kalimantan, hingga Sumatera. Dari kedelapan koleksi tersebut, batik tertua yang dikoleksi olehnya berusia lebih dari 150 tahun. Kecintaannnya akan batik adalah bentuk kegiatan penyelamatan untuk batik Indonesia yang memiliki filosofi tinggi.


4/5 Dellie Threesyadinda

Dellie Threesyadinda merupakan atlet kelahiran Surabaya. Wanita yang kerap disapa dengan Dinda ini telah menunjukkan prestasinya selama 20 tahun berlaga di cabang olahraga mamanah.  Wanita kelahiran 1990 ini merupakan putri dari atlet panahan senior, Lilies Handayani. Bakat memanah Dinda diperoleh dari sang Ibu yang sering mengajaknya untuk latihan memanah sejak ia duduk di bangku sekolah dasar. 

Karirnya melonjak ketika tahun 2004, ia bergabung ke dalam tim provinsi yang akan berlaga di PON. Tidak hanya itu, segudang prestasi pernah diraihnya. Seperti dua medali emas PON 2012, medali emas dan perak di SEA Games 2013, serta medali emas Archery World Cup Antalya yang diselenggarakn tahun 2016 lalu. 
 
5/5 Rahmad Adi Mulyono
bayu.jpg

 Foto:Dok.correcto.id

Rahmad Adi Mulyono merupakan seorang mahasiswa peraih beasiswa atlet dari Universitas Muhammadiyah Surabaya. Rahmad berhasil mengharumkan nama Indonesia ketika dirinya diutus untuk mewakili Indonesia dalam berbagai event bergengsi. Ia berhasil meraih medali perunggu nomor speed dalam ajang Piala Dunia Panjat Tebing 2022, yang diselenggarakan di Jungnang Sport Climbing Stadium, Seoul, Korea Selatan pada bulan Mei 2022 yang lalu. Pria kelahiran 31 Oktober 2000 ini memulai perjalanan karirnya sebagai atlet di tahun 2013 dimana dirinya memenangkan juara ketiga piala koni kategori speed classic.

Tidak hanya itu, Mulyono bahkan dipercayakan oleh Federasi Panjat Tebing Indonesia untuk tampil di Asian Youth Championship di tahun 2017.  Saat ini Mulyono berlatih keras untuk mengikuti Asian Games 2022 dan Olimpiade Panjat Tebing di Paris tahun 2024 yang akan datang.