11.jpgFoto dok: Instagram @theroyalfamily

Dunia kembali berduka. Sebagaimana disampaikan oleh pihak Istana Buckingham, Pangeran Philip menghembuskan nafas terakhirnya pada Jum’at (09/04) dalam usia 99 tahun. Kepergian Duke of Edinburg tersebut tentunya tidak hanya meninggalkan duka bagi rakyat Inggris, tetapi juga keluarga yang ditinggalkan.

Dikenal sebagai seorang suami yang setia serta ayah yang mengayomi, Pangeran Philip selalu terlihat berdampingan dengan sang Ratu, baik dalam acara penugasan maupun saat menjelajah dunia.

Selama 73 tahun mengarungi bahtera rumah tangga, keduanya juga sering membagikan berbagai momen membahagiakan. Untuk mengenang sang Pangeran, berikut 8 potret kebersamaan Ratu Elizabeth dan Mendiang Pangeran Philip.

1/8 Royal Engagement

1.jpg Foto dok: Marthastewart.com 

Flashback ke tahun 1974, foto ini diambil saat keduanya mengumumkan pertunangannya di Istana Buckingham. Ratu Elizabeth terlihat mengenakan gaun sederhana dan Pangera Philip memandangnya dengan penuh cinta.

2/8 Royal Wedding

2.jpgFoto dok: townandcountrymag.com 

Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip menikah pada 20 November 1947 di Westminster Abbey. Kala itu sang ratu berusia 21 tahun, sementara Pangeran Philip berusia 26 tahun.

3/8 Honeymoon in Broadlands, Hampshire

3.jpgFoto dok: insider.com 

Setelah menikah, pasangan berbahagia ini menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan dan menikmati bulan madu mereka di Broadlands, Hampshire. Pada foto yang diabadikan ini, keduanya terlihat bergandengan tangan dan menatap satu sama lain penuh mesra.

4/8 Queen’s Coronation

4.jpgFoto dok: goodhousekeeping.com 

Ratu Elizabeth dinobatkan sebagai Ratu Inggris pada tahun 1953. Kala itu, usianya masih 27 tahun dan pada foto ini, Pangeran Philip merupakan orang pertama yang menyampaikan penghormatan kepada istrinya.

5/8 Family photo

5.jpgFoto dok: people.com 

Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip terlihat menghabiskan waktu bersama dengan ketiga anaknya, Charles, Anne, dan Andrew dan anjing Corgi mereka di Balmoral.

6/8 Wedding anniversary

6.jpgFoto dok: abcnews.go 

Diambil pada November 2007, foto ini diabadikan saat keduanya merayakan ulang tahun pernikahan berlian mereka di Broadlands, Hampshire. Tempat ini juga merupakan tempat di mana keduanya menghabiskan malam pernikahan mereka pada tahun 1947 silam. Selalu terlihat bergandengan tangan, Pangeran Philip tidak pernah lupa untuk selalu berpose menghadap sang istri.

7/8 Queen Elizabeth's Birthday

7.jpgFoto dok: macleans.ca 

Diabadikan pada tahun 2019, keduanya terlihat menyapa para warga Inggris saat tur di sekitar Windsor untuk merayakan ulang tahun Ratu yang ke-90.

8/8 Prince Philip's Birthday 

8.jpegFoto dok: people.com 

Philip merayakan ulang tahunnya yang ke-99 pada (10/06/2020) dengan sang istri tercinta dan membangikan foto kebersamannya di halaman Windsor Castle. Dilihat dari foto ini, kondisi kesehatan Pangeran Philip sempat menurun beberapa tahun terakhir. Namun, ia selalu terlihat gagah dalam setelan dengan padanan jas navy bergaya double breasted dan dasi resmi Household Division. Sementara, Ratu Elizabeth tampil elegan dengan dress bernuansa flora rancangan penata busana pribadinya, Angela Kelly.