Bulan November akan menjadi bulan besar bagi dunia otomotif Indonesia. Pada Jumat (12/11), Presiden Joko Widodo meresmikan Sirkuit Mandalika yang akan menjadi tuan rumah ajang bergengsi World Superbike (WSBK) yang akan diadakan pada 19-21 November 2021.

Berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, sirkuit dengan panjang 4,3 kilometer tersebut dirancang dengan teknologi aspal terbaru (Stone Mastic Asphalt) untuk mendukung event kelas dunia.

Bersamaan dengan event peresmian, Presiden Jokowi juga turut meresmikan jalan by pass sepanjang 17,3 kilometer yang menguhubungkan Bandara Internasional Lombok (BIL) dengan KEK Mandalika. Pembangunan tersebut dipersiapkan untuk memberikan kenyamanan akses serta memangkas waktu tempuh antara kedua lokasi.

Pada acara tersebut Presiden Jokowi juga tampak didampingi oleh beberapa Menteri termasuk, Menteri BUMN Erick Thohir beserta pembalap nasional Sean Gelael. Sebelumnya, Rifat Sungkar juga berkunjung ke lapangan untuk menjajal sirkuit berstandar internasional tersebut.

Berikut kami hadirkan momen peresmian dan keseruan mereka.

Presiden Joko Widodo

1.jpgFoto dok: BPMI Setpres/Kris

Presiden Jokowi saat meresmikan Sirkuit Mandalika, di KEK Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB, pada Jumat (12/11/2021).

Pada acara peresmian yang dilangsungkan pada Jum’at (12/11), Presiden Joko Widodo tampak sporty dan kasual dalam balutan jaket hitam karya UMKM asal Bandung, Rabbit and Wheels serta helm buatan lokal RSV SV300 Double Visor berwarna senada. Tidak hanya itu saja, motor custom hijau bertuliskan "RI1" dari basis Kawasaki W175 oleh Katros Garage yang dikendarainya juga turut menyita perhatian.

Erick Tohir

erick.jpeg Foto dok: Erick Thohir

Acara peresmian Sirkuit Mandalika juga turut dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Selain mendampingi Presiden Joko Widodo, Erick juga mengunggah foto dirinya yang terlihat sedang bertugas untuk mengibarkan bendera tanda start dan finis.

Sean Gelael

Pembalap mobil Tanah Air, Sean Gelael juga turut hadir mendampingi Presiden Joko Widodo dan Erick Tohir dalam peresemian Sirkuit Mandalika.

Rifat Sungkar

Screen Shot 2021-11-13 at 16.04.58.pngFoto dok: Youtube Rifat Sungkar

 

Screen Shot 2021-11-13 at 16.05.08.pngFoto dok: Youtube Rifat Sungkar

Diluar dari acara peresmian, pembalap nasional Rifat Sungkar mendpatkan kesempatan menjajal aspal sirkuit Mandalika. Dalam video yang tayang di kanal YouTube-nya, Rifat terlihat menyusuri sirkuit dengan mengendarai skuter berwarna merah.