94118577-f84f-4857-951b-8812f23cc977.jpgFoto dok: Getty Images

Bagi kamu pecinta fashion dan film pastinya sudah tidak asing lagi dengan serial dan film ikonik berjudul “Sex and the City”.

Pertama kali ditayangkan pada tahun 1998, serial yang menceritakan tentang keempat sahabat di New York City tersebut berhasil menuai kesuksesan dan menjadi kiblat bagi para pecinta fashion di seluruh dunia.

Baru-baru ini, serial ikonik tersebut diproduksi ulang dengan judul “And Just Like That” dan dikabarkan rilis pada bulan Desember mendatang.

Sebelum menonton serialnya, berikut kami rangkum 8 outfit ikonik sang pemeran utama, Carrie Bradshaw (Sarah Jessica Parker) yang menjadi ikon mode dari kota New York pada tahun 90-an.

1/8 The iconic tutu skirt

1.jpgFoto dok: HBO 

Para pecinta serial Sex and the City pastinya tidak asing lagi dengan outfit ikonik yang dikenakan Sarah Jessica Parker saat ia berperan sebagai Carrie Bradshaw. Pasalnya, tank top merah muda yang dipadukan dengan rok tutu serta strappy sandals ini ditampilkan pada opening scene dari serial fenomenal rersebut. Untuk mengingat kembali, pada opening tersebut denting suara musik jazz mengiringi tampilan Carrie yang sedang berjalan di kota New York sembari terciprat air dari bis kota yang berhiaskan wajahnya. Sejak saat itu, gaya ikonik ini terlihat diadaptasi oleh perempuan di perkotaan di seluruh dunia, termasuk Jakarta. Crazy right?

2/5 The Dior by John Galliano newspaper dress

2.jpgFoto dok: Glamour.com/ Christopher Peterson

Carrie's famous Dior slip dress, adorned with newspaper print, is nothing short of legendary. Dress ikonik yang dirancang oleh rumah mode Dior pada era John Galliano ini pertama kali ditampilkan pada autumn/winter 2000 Christian Dior runway show dimana model Angie Schmidt mengenakannya. Pada serial SATC, Carrie mengenakan dress tersebut pada musim ketiga episode 17 berjudul "What Goes Around Comes Around," ketika ia bertemu kembali dengan istri Mr. Big, Natasha di sebuah restoran.

3/5 The Fendi Baguette Bag

3.jpgFoto dok: racked.com 

It’s no secret that Carrie's effortless style shaped the wardrobes of millions of women, even down to their accessory choices. Sejak dikenakan olehnya pada serial Sex and the City, tas dengan desain minimalis ini sontak menjadi salah satu produk terlaris keluaran rumah mode asal Italia tersebut dan menyandang status sebagai  “It-handbags of the 2000s”. Tidak hanya itu saja, statusnya sebagai cult bag sepanjang masa bahkan membuat kehadirannya kembali diperhitungkan saat sekuel serial TV ikonis tersebut, And Just Like That…, digarap. Pada foto sneak peek yang dirilis pada bulan Juli tahun ini, Sarah Jessica Parker terlihat menjinjing tas Fendi Baguette kala mengikuti proses syuting di New York dan foto tersebut menuai perhatian penggemarnya di seluruh dunia.

4/5 The Dior Saddle Bag

4.jpgFoto dok: HBO

As were many stylish women of the 2000s, Carrie was also a fiend for Galliano-era Dior. Pada salah satu episode-nya, ia terlihat mengenakan tas berdesain pelana kuda tersebut dalam berbagai kesempatan. Tak hanya itu saja, Dior’s Creative Director, Maria Grazia Chiuri juga meredefinisi ulang tas ikonik tersebut dan menampilkannya kembali pada runway show untuk koleksi Dior musim gugur/dingin 2018-2019. Saat ini, tas tersebut terus dihadirkan dalam berbagai model dan tidak hanya populer di luar negeri, tetapi juga di Indonesia.

5/5 The asymmetric flower dress by Eugene Alexander

5.jpgFoto dok: HBO

Outfit Carrie Bradshaw selanjutnya adalah sebuah dress asimetrikal berhiaskan bunga berukuran XXL karya perancang Amerika, Eugene Alexander. Tidak hanya ikonik, dress yang penuh sejarah ini juga pernah dikenakan oleh mendiang Whitney Houston pada sampul depan majalah Life tahun 1987. Bedanya, Carrie mengenakan versi mini dress dengan satu bunga besar, sedangkan Whitney menampilkan dua bunga Hibiscus pada gaunnya.

6/6 Vivienne Westwood Wedding Dress

6.jpgFoto dok: Vivienne Westwood  

Gaun pengantin karya desainer asal Inggris, Vivienne Westwood menjadi gaun inti dari seluruh perjalanan cinta Carrie Bradshaw dan Mr. Big. Dibuat dengan material sutra satin duchess berwarna champagne, gaun bervolume besar dengan taffeta dalam nuansa gading ini turut dihiasi dengan sematan burung berwarna biru sebagai aksesori kepala Carrie. Tidak hanya itu saja, setelah di fitur pada film film Sex And The City di tahun 2008, wedding dress ini kabarnya laku keras dan menjadi gaun pengantin yang paling banyak dicari.

7/8 The reworked suit

7.jpgFoto dok: HBO 

Pada adegan pertemuan kembali keempat sahabat setelah Samantha memutuskan pindah ke Los Angeles, Carrie tampak mengenakan celana kain dan rompi senada dalam warna putih di atas kemeja bergaris merah muda dan dasi besar. Seluruh tampilan ini merupakan rancangan Ralph Lauren yang dilengkapi dengan sepatu hak tinggi rancangan Manolo Blahnik.Tampilan preppy yang segar dan mencuri perhatian tentunya sejalan dengan DNA mode seorang Carrie Bradshaw dan gambaran kota New York itu sendiri.

8/8 With or without the belt

8.jpgFoto dok: everyoutfitonsatc instagram

Who could forget when Carrie wore a belt as a crop top extension? Dari semua outfit yang Carrie kenakan pada serial TV show Sex and the City, para penonton banyak yang mempertanyakan sang desainer kostum, Patricia Field akan pilihannya. Namun ia mengatakan bahwa keputusan tersebut diambil secara cepat. “But no one becomes a fashion icon without at least a little risk, right?”, ia mempertegas.