157641664_3898972153529465_5030657659895151802_n.jpgFoto dok: Anya Taylor-Joy Instagram

Karier Anya Taylor-Joy dalam dunia seni peran meningkat pesat dalam beberapa tahun belakangan ini. Setelah sukses memenangkan penghargaan Golden Globe 2021 dan SAG Awards 2021 berkat aktingnya dalam serial The Queen’s Gambit, aktris berusia 25 tahun ini juga terlibat dalam sebuah proyek film karya Edgar Wright berjudul ‘Last Night in Soho’ yang baru saja dirilis tadi malam. Tidak hanya itu saja, aktris kelahiran Miami ini pun turut melebarkan sayapnya di dunia mode. Baru-baru ini, dirinya dikabarkan telah resmi ditunjuk sebagai global ambassador Dior untuk Fashion & Beauty. Berikut ini enam fakta menarik mengenai dirinya.

1/6 Fasih berbahasa Spanyol

Meski lahir di Miami, Amerika Serikat, Anya menghabiskan masa kecilnya di Buenos Aires, Argentina sebelum pindah ke London, Inggris. Aktris berparas cantik ini mengatakan bahwa ia sempat tidak ingin belajar Bahasa Inggris karena menurutnya ia sangat senang dengan suasana Argentina.

2/6 Dirinya selalu menolak peran sebagai seorang kekasih

Selama karier aktingnya, Anya diketahui tidak pernah berperan dalam film sebagai seorang kekasih belaka. Ia mengaku senang memerankan karakter perempuan yang kompleks serta penuh cerita, dan akan menolak tawaran jika mendapatkan peran sebagai kekasih. Menurutnya, perempuan sama dengan laki-laki yang memiliki banyak cerita menarik untuk dibicarakan. Tidak hanya sekedar menjadi kekasih yang dinilai dari penampilan.

3/6 Merupakan penari balet terlatih

Sebelum terjun ke dunia akting, Anya Taylor-Joy sempat menjadi penari balet hingga ia berusia 15 tahun. Ketika ditanya mengenai kegiatan menarinya, ia mengatakan bahwa di usia 15 tahun, ia hanya memiliki dua pilihan yaitu menjadi penari profesional atau melakukan sesuatu yang berbeda. Ia pun memilih untuk berfokus pada dunia seni peran. Kecintaannya terhadap akting tumbuh sejak ia berusia 10 tahun di mana dirinya bermain di sebuah teater sekolah. “I can’t give up acting. Acting is the love of my life. And so I have to follow it,” ujarnya. Kendati demikian, ia pun kini kembali menari dan mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat baik untuk kesehatan fisik dan mentalnya.

4/6 Bercita-cita untuk bermain dalam pertunjukan musikal
 
Memiliki ketertarikan dalam berbagai hal, Anya pun bercita-cita untuk dapat terlibat dalam pertunjukan musikal. Menurutnya, mempelajari keterampilan baru sangatlah penting dan hal tersebut menggairahkan jiwa kreatifnya.

5/6 Namanya mulai dikenal saat bermain film The Witch di tahun 2015

Sebelum melebarkan sayapnya ke dunia seni peran, Anya memulai karier sebagai seorang model. Pada tahun 2014 silam ia memulai debut aktingnya pada film Vampire Academy. Namun, perannya sebagai Thomasin pada film “The Witch” karya Robert Eggers mengangkat namanya dan tak lama setelah itu berbagai tawaran bermain film dan serial TV pun datang kepadanya.

6/6 Resmi ditunjuk sebagai global ambassador Dior untuk Fashion & Beauty
 
Setelah Emma Raducanu, kini rumah mode asal Prancis, Dior resmi menunjuk Anya Taylor-Joy sebagai global ambassador untuk lini fashion dan beauty-nya. Aktris pemeran Beth Harmon dalam serial ‘The Queen’s Gambit’ tersebut dipilih karena kecantikannya yang unik dan kepribadiannya yang kritis serta menyenangkan.