1658707767-30000778487-1280.jpg

Foto: Dok. allkpopstar.com

Korea Selatan seolah tidak pernah kehabisan figur dan talenta berbakat. Baru-baru ini ADOR, sebuah label musik baru HYBE Corporation yang dipimpin oleh mantan chief brand officer perusahaan Min Hee-jin, telah mengungkapkan girl grup K-pop pertamanya yaitu NewJeans. Girl group yang beranggotakan lima perempuan ini hadir di layar kaca dengan segudang kemampuan dan bakat menarik yang bisa disandingkan dengan para pemain lama. Bagi para pecinta K-pop, inilah saat yang tepat untuk mengenal mereka. 

1/5 Beranggotakan lima orang

Seperti layaknya girl group lainnya, NewJeans terdiri dari lima anggota perempuan: Hani, Danielle, Min Ji, Haerin dan Hyein. Salah satu hal menariknya adalah para member tersebut lahir di tahun 2000-an, dengan member termuda kelahiran tahun 2004 (Kim Min Ji dan Hani), tahun 2005 (Danielle), tahun 2006 (Haerin), dan member tertua, Haerin, yang lahir di tahun 2008. Dikutip dari allkpop.com, kelima member tersebut dikabarkan akan melakukan debut pertamanya di bulan Agustus mendatang.

2/5 Perjalanan debut yang mengejutkan

Menjelang peluncuran grup, ternyata antisipasi masyarakat dan netizen terhadap apa yang akan Min kumpulkan sudah sangat. Pada 22 Juli yang lalu, Min Hee-jin, bersama dengan ADOR, mengumumkan di media sosial bahwa mereka akan mengungkapkan konten tentang girl grup tersebut. Alih-alih merilis konten teaser yang memperkenalkan grup sebelum debut mereka, pada hari itu para penggemar langsung melihat peluncuran “Attention” yang mengejutkan dan kalender yang berisi konten untuk rilis mendatang. 

Tidak hanya itu, grup ini juga telah merilis beberapa video musik untuk lagu lainnya seperti Hype Boy, dimana masing-masing menampilkan alur cerita berbeda yang berfokus pada masing-masing anggota NewJeans, serta video untuk lagu Hurt. Ketiga lagu tersebut bersama dengan satu lagunya yang berjudul Cookie, akan ditampilkan di mini album grup idol tersebut.

3/5 “NewJeans” mempunyai arti tersendiri

4193524987.jpeg

Foto: Dok. Gora Juara

Bagi ADOR dan para member itu sendiri, nama 'NewJeans' melambangkan sebuah tekad kuat mereka untuk menciptakan tren baru dan memimpin jalan baru di industri ini. Mereka akan seperti celana jeans yang dicintai oleh semua orang, tanpa memandang usia atau jenis kelamin. Melalui penamaan ini, NewJeans diharapkan menjadi sebuah ikon baru di industri musik. Hal ini karena baik grup maupun label mereka sendiri semuanya mengedepankan tentang kreativitas yang inovatif.

NewJeans juga merupakan sebuah gagasan kreatif dari Min Hee-jin, yang dulunya bertanggung jawab atas elemen kreatif yang terkait dengan banyak hits artis SM Entertainment, seperti Girls' Generation, Shinee, Red Velvet, Exo dan yang paling terkenal. 

4/5 Setiap member memiliki bakat tersendiri

newjeans-attention.jpeg

Foto: Dok. https://kpopchart.net/

Berbicara mengenai talenta, para member hadir dengan berbagai talenta yang sudah mereka asah sejak dini. Salah satu contohnya adalah Danielle dan Hanni. Masing-masing dari mereka memiliki kontribusi dalam pembuatan lirik untuk dua lagu NewJeans, yaitu 'Attention' dan 'Hype Boy'. Hal ini tentunya menjadi salah satu prestasi besar yang patut dibanggakan oleh grup idol tersebut, karena tidak semua member ataupun penyanyi memiliki bakat dalam menulis lagu.

Selain itu, setelah perilisan 'Hurt' dan 'Attention', para penggemar mereka juga diketahui sering menghujani grup tersebut dengan berbagai pujian. Selain dari sisi vokal, konsep NewJeans juga seolah memberikan kesegaran tersendiri bagi para penggemar musik pop Korea. 

5/5 Menawarkan konsep unik

Sebuah girl group dengan konsep yang penuh warna mungkin menjadi sebuah hal yang terlintas di kepala ketika para penggemar baru menggali segala informasi mengenai NewJeans. Musik NewJeans memiliki konsep retro, sebagian besar terinspirasi oleh tahun 2000-an dan akhir 1990-an. Mereka juga memiliki aplikasi interaktif yang disebut “Phoning” yang dirancang untuk bernostalgia pada berbagai aplikasi dan situs web pada saat awal kemunculan internet . Selain itu, dengan banyaknya penggunaan ikon kelinci, citra hewan tersebut juga dengan cepat diasosiasikan dengan NewJeans.

Dengan mode dan font nostalgia, NewJeans membawakan beberapa hal baru ke ranah dunia K-pop dengan cara melihat ke masa lalu.