wong kar wai.jpeg Foto dok: mubi.com

Setelah delapan tahun vakum dari dunia perfilman, sutradara asal Hong Kong, Wong Kar Wai kembali ke layar kaca dengan serial TV berjudul “Blossoms Shanghai”.

Dijadwalkan tayang pada tahun 2022 mendatang, serial TV ini juga menjadi karya serial pertamanya sekaligus menandakan peralihan sang sutradara ke dunia televisi.

Diadaptasi dari sebuah novel pemenang penghargaan berjudul “Blossoms” karya Jin Yucheng, “Blossom Shanghai” akan bercerita mengenai kehidupan jutawan Shanghai, Mr. Bao (Hu Ge) yang penuh teka-teki.

Berlatarkan pertumbuhan ekonomi besar-besaran di Shanghai tahun 1990-an, cerita dari serial ini dimulai dari kehidupan Mr. Bao sebagai seorang oportunis muda yang penuh masalah hingga ia menjadi seorang jutawan dan memiliki segala kemewahan yang ditawarkan oleh kota emas tersebut.

Selain itu, serial ini juga akan dilengkapi dengan cerita romansa dimana Bao memiliki keterikatan pada empat wanita yang mewakili pengejarannya dalam hidup, yaitu petualangan, kehormatan, cinta dan kepolosan.

Pada salah satu wawancaranya, Wong Kar Wai mengatakan bahwa ia akan bekerja sama dengan sinematografer Peter Pau, pemenang Oscar untuk film “Crouching Tiger, Hidden Dragon” dan penulis naskah pemenang penghargaan asal Shanghai, Qin Wen. Tidak hanya itu saja, serial ini juga merupakan kelanjutan dari karya film sebelumnya yaitu, “In the Mood for Love” dan “2046”.

Meski saat ini “Blossom Shanghai” masih dalam tahap produksi dan belum ada tanggal pasti mengenai perilisannya, serial ini sangat layak untuk dinanti. Terlebih bahwa serial ini akan dipimpin oleh dua sutradara berdarah dingin, Wong Kar Wai dan Peter Pau.

Bagi para pecinta film, nama Wong Kar Wai pastinya tidak asing ditelinga. Beberapa film terbaiknya seperti “In The Mood For Love” dan “Chunking Express” masuk dalam daftar 100 film berbahasa asing terbaik di BBC Culture.

Tidak hanya itu saja, film “In The Mood For Love” juga tayang di Festival Film Canes dan dinominasikan untuk Palme d’ Or pada tahun 2020 lalu, di mana pemeran utamanya, Tony Leung meraih penghargaan dalam festival film tersebut. Sementara, film “Chungking Express” juga membawa Wong Kar-Wai meraih penghargaan sebagai sutradara terbaik di ajang Hong Kong Film Awards.