Tepat pada perayaan Hari Ulang Tahun Jakarta yang ke-494 yang jatuh pada hari ini, Tatler Indonesia merangkum beberapa fakta menarik yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya.

Jakarta.jpgFoto dok: Masahble.SEA

1. Pasar Tanah Abang yang berlokasi di Jakarta Pusat merupakan pusat grosir dan wisata belanja terbesar di kawasan Asia Tenggara. Blok A Tanah Abang memiliki luas bangunan mencapai kurang lebih 150.000 m2 dengan jumlah kios sebanyak 7.854. Jumlah pengunjung Blok A Tanah Abang rata-rata mencapai 80.000 orang per hari yang berasal dari seluruh Indonesia serta mancanegara. Estimasi nilai transaksi bisnis dan perputaran uang di Blok A Tanah Abang mencapai kurang lebih sekitar Rp. 500 Milyar per hari.

2. Maskot Ibu Kota Jakarta yang sesungguhnya bukanlah Monas, melainkan Elang Bondol dan Salak Condet. Hal ini tertuang dalam Keputusan Gubernur Nomor 1796 Tahun 1989 tentang Penetapan Salak Condet dan Burung Elang Bondol Sebagai Identitas/Maskot DKI Jakarta. Sementara Monas merupakan landmark yang dibangun untuk mengenang jasa pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia hingga terjadinya Proklamasi 17 Agustus 1945.

3. Stadion Utama Gelora Bung Karno dinobatkan menjadi stadion terbesar di Indonesia dan terbesar ke-28 di dunia. Ketika dibangun pada tanggal 24 Agustus 1962 sebagai kelengkapan sarana dan prasarana dalam rangka Asian Games 1962, stadion ini mampu menampung lebih dari 120.000 penonton. Namun saat ini, Stadion Utama Gelora Bung Karno hanya memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 78.000 saja.

4. Sebelum mendapatkan nama yang kita kenal sekarang, Jakarta telah berganti nama sebanyak 13 kali. Beberapa nama di antaranya adalah Sunda Kelapa, Jayakarta, Kota Praj’a Jakarta dan lainnya. Tidak hanya itu saja, beberapa nama pun juga dipengaruhi oleh negara yang menjajahnya, seperti Stad Batavia, Gemeente Batavia dan Stad Gemeente Batavia dari Belanda dan Jakarta Toko Betsu Shi dari Jepang.

5. Berdasarkan data statistik dari Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2019, jumlah kendaraan bermotor di DKI Jakarta tercatat sebanyak 11.839.921 kendaraan yang terdiri dari empat jenis yaitu, mobil penumpang, bus, truk dan sepeda motor. Dari keempat jenis kendaraan di tahun 2019, presentase jumlah sepeda motor di DKI Jakarta mencapai 69% atau sebanyak 8.149.590 unit dibandingan dengan jenis kendaraan lainnya.

6. Jakarta merupakan kota megapolitan dengan jumlah mall terbanyak di dunia, jumlahnya mencapai 130 mall.

7. Jakarta adalah rumah bagi 47 museum dan menjadi salah satu kota dengan jumlah museum terbanyak dibandingkan dengan kota-kota lain di dunia. 

8. Kota Jakarta dikenal sebagai “The Big Durian” oleh wisatawan asing karena meninggalkan kesan yang tak terlupakan. Sama seperti kesan yang didapatkan ketika memakan buah tersebut.

9. Berdasarkan data terbaru yang dirilis oleh The Skyscrapper Center pada tahun 2020, Jakarta menjadi salah satu kota pemilik gedung pencakar langit terbanyak di dunia. Ibu kota Indonesia ini juga menempati posisi ke-8 dengan 414 gedung tinggi.

10. Setidaknya ada ada lebih dari 580 KRL yang datang dan pergi setiap harinya dan mengangkut sekitar 13 ribu penumpang per hari di Stasiun Jakarta Kota. Stasiun yang berlokasi di Jakarta Barat ini juga ditetapkan sebagai cagar budaya dan pernah menjadi yang terbesar se-ASEAN.