cover.jpgFoto dok: unsplash.com/@nickkane

Selain pemandangan bukit pasir menjulang dan hamparan rerumputan hijau membentang yang kaya akan satwa liar, Afrika juga memiliki kisah sejarah yang memukau. Salah satunya adalah pulau Zanzibar yang terletak di Tanzania.

Membentang di sebelah timur pesisir Afrika, Zanzibar dijuluki Kepulauan Rempah-Rempah lantaran produksi rempahnya yang melimpah seperti cengkih, pala, kayu manis, dan lada. Pada tahun 1986, pulau Zanzibar dinobatkan sebagai penghasil cengkeh nomor satu di dunia di bawah kekuasaan Kesultanan Oman. Tidak hanya itu saja, negara ini juga di kenal oleh banyak wisatawan karena merupakan tanah kelahiran dari sang legenda rock, Freddy Mercury. Jika kamu menginginkan suasana berbeda untuk liburan kali ini, maka Zanzibar merupakan tempat yang dapat kamu kunjungi. Berikut lima alasan mengapa pulau ini pantas masuk ke dalam daftar liburanmu.
 
1/5 Rumah dari berbagai pantai indah

pulau indah.jpgFoto dok: Unsplash.com/@good_citizen 

Bermandikan cahaya matahari dan dihiasi dengan berbagai pantai yang indah, Pulau Zanzibar terdiri dari dua pulau besar yaitu Pulau Unguja dan Pemba. Hampir seluruh pantai di pulau ini berpasir putih dan airnya berwarna biru kehijauan. Beberapa pantai yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan adalah Pantai Nungwi, Pantai Kendwa, Paje, dan Kiwengwa yang seluruhnya berada di pulau Unguja. Namun untuk snorkelling ataupun diving, Pulau Pemba merupakan tempat yang tepat karena pemandangan bawah lautnya yang indah. Selain menikmati waktu berjemur di pantai, wistawan juga dapat menginap di berbagai hotel luxury maupun budget yang berdiri di sepanjang tepi pantai. Iklimnya yang tropis serta pemandangan alam yang menakjubkan, membuat pulau ini sulit untuk dilupakan.

Jika kamu ingin menikmati piknik pinggir pantai yang mewah dan snorkelling secara privat, The Safari Blue menawarkan servis yang menakjubkan. Sementara, jika kamu ingin melakukan perjalanan di sepanjang garis pantai Stone Town sambil menikmati musik live dan koktail atau bahkan melakukan kencan romantis dengan pemandangan mekajubkan, Nakupenda Isles Safari & Sunset Dhow Cruise bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak hanya itu, kamu pun juga akan dibawa berkeliling dengan pakar berlayar, Rahim Saggaf.

Untuk tempat menginap, Travel Photographer Aline Coquelle mengatakan pada Tatler Singapore beberapa hotel favoritnya seperti Emerson, Jafferji House dan Serena Zanzibar. Jika kamu memilih untuk tinggal di resor mewah, maka Casadamare, Chole Mjini dan Fundu Lagoon Resort bisa menjadi pilihan yang tepat bagimu.
 
2/5 Rumah bagi bangunan bersejarah

sejatrah.jpgFoto dok: honeymoonguide.co.au

Bagi kamu pecinta sejarah, jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke sebuah kota bernama Stone Town yang terletak di Pulau Unguja. Kota tua yang masuk dalam daftar “World Heritage UNESCO” ini adalah rumah bagi bangunan-bangunan kuno abad ke-19. Jalanan yang berliku serta gang-gang sempit juga merupkan ciri khas dari kota ini. Selain Stone Town, kamu juga dapat berjalan-jalan mengelilingi Prison Town yang terletak hanya 15 menit dari kota tua tersebut. Di pulau ini, kamu akan dibawa ke dalam bangunan bersejarah yang sekarang dijadikan museum serta ke tangkar kura-kura raksasa yang berusia puluhan tahun. 

Tidak hanya kaya akan sejarah, Zanzibar juga menjadi rumah bagi berbagai arsitektur multikultural penuh warna. Saat berjalan di kota Stone Town, matamu akan dimanjakan dengan bangunan yang memadukan gaya arsitektur Arab, Afrika dan India. Di sepanjang jalan, terdapat bangunan-bangunan indah dan unik dengan façade dan jendela bernuansa tiga budaya. Detail kecil pada bangunan di Zanzibar seolah menceritakan gambaran historis pengaruh multikultur di pulai tersebut.  
 
3/5 Mercury House

freddy house.jpgFoto dok: fineartamerica.com 

Salah satu objek wisata yang sangat sayang jika dilewatkan adalah ‘Mercury House.’ Tempat ini merupakan rumah kelahiran serta rumah tinggal penyanyi grup musik, Queen, Freddy Mercury. Memiliki nama asli Farrokh Bulsara, Freddy lahir di Zanzibar pada tahun 1946 dan menetap di sana hingga umur delapan tahun. Memang tidak banyak yang dapat dilihat di rumah tersebut. Namun, sebagai penggemar berat Queen, berfoto didepan rumahnya merupakan suatu kewajiban. 

4/5 Surga makanan lezat

Makanan.jpgFoto dok: unsplash.com/@anniespratt

Bagi pecinta kuliner, Forodhani Garden adalah surga dari berbagai makanan khas Zanzibar yang tidak kalah lezat dari negara-negara lain. Tempat ini adalah sebuah taman kota di siang hari yang disulap menjadi pusat jajanan Zanzibar di malam hari.

Beberapa makanan yang dijual disana adalah antara lain, Zanzibar Pizza (di Indonesia adalah Martabak telur), Mishkaki (Sate Daging Sapi), Seafood BBQ (cumi, udang, gurita, lobster, dan ikan yang ditusuk tusuk seperti sate), dan apabila sedang musimnya maka kamu akan menemukan durian di pulau ini. Selain makanan, minuman khas Zanzibar yang tidak boleh dilewatkan adalah air tebu yang dicampur dengan potongan jahe dan jeruk nipis.

Selain taman kuliner, Zanzibar juga kaya akan restoran, bar dan tapas yang dapat kamu kunjungi. Dikutip dari Tatler Singapore, beberapa tempat favorit Travel Photographer, Aline Coquelle yang wajib kamu kunjungi adalah Livingstone Café, Lukmaan, Stonetown Café, Taperia, The Seyyida Hotel dan 6 Degree.

5/5 Bebas Visa untuk WNI

visa.jpgFoto dok: unsplash.com/@hclojacky

Untuk mengunjungi pulai ini, WNI tidak perlu bersusah payah membuat visa karena Tanzania memberikan 30 hari bebas kunjungan. Cukup mengurus Visa on Arrival di bandara kedatangan, kamu akan dengan sangat mudah untuk masuk ke negara ini. Selain itu, pulau Zanzibar juga memiliki banyak kesamaan dengan Indonesia. Iklim yang tropis dan penduduknya yang mayoritas Muslim, pulau ini akan memanjakanmu layaknya negeri sendiri.