camper.jpgFoto dok: @tslphoto

Kegiatan liburan tidak hanya dapat dilakukan dengan pesawat, kapal pesiar ataupun kereta. Berbagai aktivitas yang memicu adrenalin juga bisa menjadi salah satu pilihan liburan yang menyenangkan. Melakukan perjalanan darat dengan campervan tentu belum menjadi hal yang lumrah untuk dilakukan di Indonesia. Namun, bukan berarti hal ini tidak dapat dilakukan. Dari Kanada hingga Namibia, destinasi wisata ini merupakan tempat yang ramah bagi para wisatawan campervan. Jika kamu ingin mencobanya sekali dalam hidupmu, tempat-tempat wisata ini juga menawarkan servis rental campervan yang dapat kamu nikmati. Berikut ulasannya.  

1/5 Alberta, Kanada

Canada.jpgFoto dok: pixabay.com

Alberta merupakan salah satu provinsi di bagian barat Kanada. Provinsi yang dikenal akan pemandangan alamnya yang menakjubkan ini dihiasi oleh padang rumput hijau membentang, pegunungan dengan puncak bersalju dan kota-kota yang kaya akan warisan seni dan budaya. Salah satu destinasi yang paling banyak digemari para wisatawan campervan adalah Taman Nasional Danau Waterton. Taman nasional yang dikelilingi oleh pegunungan terjal dan medan hutan belantara ini memiliki jalur hiking yang indah serta danau-danau berair biru yang kayak akan satwa alamnya seperti rusa. Selain taman nasional, pengunjung juga dapat menikmati danau Louise yang sering dijadikan objek fotografi. Di danau ini, para wisatawan bisa menyewa kano dan melakukan perjalanan hiking. Beberapa tempat yang tidak kalah menakjubkan juga wajib dikunjungi saat bertandang ke provinsi ini, seperti Air Terjun Athabasca, Taman Nasional Jasper, Taman Nasional Banff, Elk Island National Park dan Lethbridge. Untuk menyewa campervan kamu bisa klik di sini.
 
2/5 North Coast 500, Skotlandia

scotland.jpgFoto dok: pixabay.com

Bagi petualang sejati, North Coast 500 yang berada di Skotlandia ini merupakan surga dunia yang tak tertandingi keindahannya. Terletak di sepanjang Pantai Utara Skotlandia, North Coast 500 atau yang sering disebut NC500, merupakan sebuah jalan panjang yang melingkar sepanjang 500 mil atau kurang kebih 830 km.
 
NC 500 menawarkan pemandangan laut biru, hutan hijau di sepanjang lereng pegunungan, udara sejuk, serta ketenangan yang jauh dari hiruk-pikuk Ibu Kota. Rute ini akan dimulai dari Inverness, salah satu kota di dataran tinggi Skotlandia, yang dapat diakses melalui jalur darat dari Glasgow atau Edinburgh. Jika mengambil jalur yang berlawanan dengan jarum jam, kamu akan menelusuri pantai utara lalu menelusuri pantai barat dan melewati Ullapool dan Torridon Hills yang terkenal. Jika tidak kembali ke Inverness, para wisatawan campervan akan mengunjungi Isle of Skye, sebuah pulau kecil yang dikelilingi oleh rerumputan dan bebatuan dimana kita dapat melihat seluruh pemandangan alam dari pegunungan tinggi. Klik di sini untuk menyewa campervan.
 
3/5 New Zealand

NZ.jpgFoto dok: pixabay.com

New Zealand merupakan salah satu negara di dunia yang tidak hanya terkenal dengan pemandangan alamnya saja tetapi juga kualitas udaranya. Salah satu tempat favorit bagi para wisatawan campervan adalah Blue Lake. Berlokasi di Nelson Lakes National Park, danau berair jernih berwarna biru keungungan ini di kelilingi oleh pegunungan batu dan jalan yang berliku-liku. Selain itu kamu juga dapat mengunjungi Tongariro Alpine Crossing, dimana kita dapat melihat danau-danau. Berwarna hijau emerald yang dihasilkan oleh mineral yang mengalir dari lingkungan termal danau. Untuk menikmati pemandangan gunung, Franz Josef Glacier, Area Warisan Dunia yang pertama kali ditemukan pada tahun 1865. Berjalanan kaki menyusuri es bersama pemandu berpengalaman serta menyewa helikopter untuk menikmati pemandangan adalah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di sini. Klik di sini untuk menyewa campervan.
 
4/5 Algarve Coast-Portugal

Algarve.jpgFoto dok: pixabay.com

Algarve adalah salah satu daerah yang paling banyak dikunjungi di Portugal dan salah satu tujuan wisata pantai utama di Eropa. Daerah yang terletak di Selatan negara ini terkenal dengan pantainya yang penuh dengan tebing menakjubkan serta  cuacanya yang sempurna sepanjang tahun. Dicintai oleh para peselancar, kota ini juga dijuluki sebagai "California dari Eropa.” Selain dikelilingi pantai yang indah, gua-gua bebatuan serta desa-desa nelayan yang indah, Algarve juga menjadi salah satu kota di Eropa yang ramah akan wisatawan. Saat berkunjung ke kota ini, sempatkan untuk mengunjungi Ponta da Piedade. Dikenal sebagai pantai terindah di dunia, pantai ini terletak dekat dengan kota Lagos. Untuk mengakses pantai ini, para wisatawan harus berjalan dari mercusuar Ponta da Piedades dan menyusuri tangga di sekitar formasi batu. Klik di sini untuk menyewa campervan.
 
5/5 Namibia Overland

Namibia.jpgFoto dok: pixabay.com

Berbeda dengan empat destinasi sebelumnya, Namibia menawarkan pengalaman perjalanan yang unik dan berbeda. Iklim yang kurang bersahabat, rumput kering, singkapan granit serta hamparan gurun pasir yang membentang, membuat negara ini sangat sulit untuk dilintasi. Namun, di balik hal tersebut, Namibia menjadi negara paling terkenal karena aktivitas petualangannya yang menakjubkan. Dari hamparan luas Taman Nasional Etosha di utara yang merupakan rumah bagi kawanan gajah besar dan Etosha Pan yang mistis, hingga Fish River Canyon yang berliku-liku di selatan, yang terbesar ke-2 di dunia, Namibia adalah negara luar biasa yang patut dijelajahi pada setiap tur petualangan darat. Jika kamu berencana untuk menjelajahi Namibia, pastikan untuk mengunjungi Gurun Namib, mendaki ke puncak Dune 45 di Sossusvlei, bertemu orang-orang Himba yang berpakaian oker dan bertemu gajah di Etosha. Kegiatan darat di Namibia adalah semua tentang adrenalin. Klik di sini untuk menyewa campervan.