Bagi beberapa orang, berwisata bukan hanya sekedar mencari pengalaman berpetualan yang baru, tetapi juga untuk menenangkan diri dan melepas sres dari kegiatan sehari-hari yang melelahkan. Tidak hanya di luar negeri, Indonesia juga memiliki berbagai destinasi indah sepi pengunjung yang menanti untuk dieksplorasi. Berikut ini lima kota di Indonesia yang menawarkan ketenangan serta pemandangan menakjubkan.

1/5 Malinau

Malinau.jpgFoto dok: celebes

Merupakan salah satu daerah hasil dari pemekaran Kabupaten Bulungan di dalam wilayah provinsi Kalimantan Utara, kota Malinau wajib kamu kunjungi. Selain masih tergolong sepi, kota ini banyak menyimpan sejarah serta tempat-tempat menenangkan. Dengan kepadatan penduduk yang kecil, kemajuan sektor wisatanya cukup pesat. Terkenal dengan beberapa air terjun dan keindahan alam yang ditawarkan,  beberapa tempat wisata yang bisa kamu datangi adalah Air Terjun Semolon, Air Terjun Martin Bila hingga Sungai Tanjung Lima.

2/5 Pacitan

pacitan.jpgFoto dok: pacitantourism.com

Beralih ke kota Jawa Timur, Kota Pacitan termasuk daerah pedalaman yang masih sepi pengunjung. Tentunya menawarkan banyak keindahan alam yang jarang kita temui di kota-kota besar, seperti adanya Pantai Klayar, Pantai Seruni, Pantai Telengria dan masih banyak lagi. Jika kamu suka dengan pantai, kota ini wajib kamu kunjungi karena pantai-pantai yang dimiliki tak kalah indahnya, bahkan salah satu pantainya, Watu Karung, sering dijuluki sebagai Raja Ampat dari kota Jawa Timur ini karena dikelilingi oleh batu-batu karang besar nan eksotis serta air biru dengan ombak yang cocok untuk berselancar.

3/5 Alor

Alor.jpgFoto dok: The Indonesi Saga

Walau nama ini sudah sering kita dengar, kota ini termasuk yang sepi penduduk. Merupakan sebuah pulau yang terletak di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara, tentunya tempat ini memiliki spot wisata perairan yang cantik. Beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi antara lain Air Terjun Mataru, Pantai Ling Al, sampai ke Taman Laut Selat Pantar yang konon merupakan taman laut terindah nomor 2 didunia karena memiliki tumbuhan serta biota laut yang menakjubkan. Kalau kamu suka dengan olahraga diving, pulau Alor ini wajib kamu kunjungi karena memiliki banyak titik penyelaman.

4/5 Berau

Berau.jpgFoto dok: selasar.co

Kota selanjutnya yang wajib kamu kunjungi untuk menikmati pemandangan alam dan mengasingkan diri dari keramaian kota adalah Berau. Terletak di salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Timur, jumlah penduduk yang ada masih sangatlah sedikit. Beberapa spot yang bisa kamu kunjungi adalah Pulau Derawan, Pulau Kakaban serta Pulau Maratua. Adapun Labuan Cermin yang menghadirkan danau dua rasa yaitu air tawar dan air asin, dengan warna biru yang sangat cantik dan jernih.

5/5 Jembrana

JEMBRANA.jpgFoto dok: Putrama.co.id 

Kota terakhir yang bisa kamu kunjungi adalah kota Jembrana. Terletak di bagian barat Kabupaten Bali, tempat ini menawarkan banyak keindahan yang wajib kamu kunjungi.  Beberapa tempat wisata unggulannya termasuk Pantai Medewi, Pantai Baluk Rening serta Pantai Candikusuma. Jika kamu sudah bosan dengan perairan, kamu juga bisa pergi ke Desa Wisata Sangkaragung ataupun Puncak Mawar Dewasana.