Ketika mendengar Albuquerque apa yang terlintas di kepala Anda? Wilayah metropolitan terbesar ke-60 di Amerika Serikat ini memang bukanlah salah satu destinasi favorit para pecinta travelling. Namun, di balik itu ada banyak destinasi memukau yang jarang terjamah yang patut kamu masukkan ke dalam travel wish-listmu. Berikut lima alasan mengapa kamu harus mengunjungi Albuquerque.

1/5 Hot air balloon capital of the world

Ballon.jpgFoto dok: National Geographic 

Lupakan sejenak Cappadocia di Turki atau Serengeti di Tanzania. Jika kamu ingin menikmati pemandangan alam dari atas balon udara, Albuquerque adalah tempatnya. Setiap tahun di bulan Oktober, negara bagian New Mexico ini menjadi rumah sebuah ajang tahunan bagi lebih dari 500 balon udara warna-warni yang disebut dengan "International Balloon Fiesta". Area festival balon udara ini terletak di bagian utara Albuquerque, tepatnya  di sebuah padang rumput seluas 147 hektar. Pada malam hari, para pilot akan menyalakan balon udara secara bersamaan hingga menghasilkan cahaya di kegelapan.

2/5 Memiliki pemandangan alam yang fenomenal

PHENOMENAL.jpgFoto dok: Pinterest/@Kimjew 

Every corner in Albuquerque is postcard perfect. Sejauh mata memandang adalah pemandangan dan lanskap yang berbeda-beda. Membuat tempat ini sangatlah wajib kamu kunjungi untuk berlibur. Berlatarkan pemandangan gunung, hutan pinus, bebatuan kapur, tebing menjulang hingga sungai yang mengalir deras, selalu ada tempat untuk berpetualang di kota indah ini. Ketika berkunjung, jangan lewatkan wisata gunung berapi aktif di Chaco Canyon. Selain itu, kamu juga wajib menyempatkan diri untuk berkunjung ke Pegunungan Sandia Albuquerque (watermelon mountains) yang memantulkan bayangan warna merah muda dan hijau saat matahari terbenam. Jika ingin melihatnya dari dekat, kamu pun dapat mengendarai Sandia Peak’s Aerial Tramway yang akan membawamu ke ketinggian 10.378 kaki dan menikmati pemandangan kota yang indah. Trem udara ini dibangun pada tahun 1966 dan akan melewati menara batu, tebing, puncak, dan hutan yang dihiasi dengan peopohonan aspen, pinus, semak ek dan cemara.

3/5 Merupakan kota yang penuh sejarah dan budaya

old town.jpgFoto dok: TripAdvisor 

Albuquerque adalah salah satu kota dengan budaya paling beragam di Amerika Serikat dan merupakan pusat pengaruh dan tradisi Southwestern. Sebagai zona metropolitan utama New Mexico, kita tidak hanya akan melihat budaya Indian Amerika, Hispanik, Latin dan Anglo seperti kebanyakan kota di New Mexico, tetapi kita benar-benar merasakan keberagaman dari masyarakat Afrika Amerika, Asia, Timur Tengah dan komunitas etnis beragam internasional lainnya, menciptakan perpaduan unik antara budaya dan warisan yang menjadikannya tujuan wisata yang istimewa.

Selama berabad-abad, penduduk asli Amerika dan Spanyol mengalami konflik, pertempuran, dan pemberontakan dan hanya dalam beberapa abad terakhir, penduduk kota memulai hidup bersama yang selaras, mengatasi perbedaan, berdamai dengan masa lalu dan merayakan kehidupan yang tentram bersama. Keunikan dan perbedaan tersebutlah yang menjadikan kota ini sebagai rumah bagi beragam budaya dan sejarah.

4/5 Home to dozens of craft breweries, wineries and coffee shops

da5ac923-4aa9-4238-b90e-7bed5a40e71a.jpgFoto dok: Abqjournal.com 

When it comes to liquid tourism, Albuquerque does not shy away from being one of the best. Di kota indah penuh sejarah dan budaya ini, kamu tidak akan kehabiskan tempat untuk menyaksikan berbagai pembuatan bir lokal yang terus berkembang pesar. Beberapa top breweries di kota ini juga telah membawa pulang berbagai medali dari beberapa kompetisi paling bergengsi di dunia. Jika kamu bukan penikmat beer, maka berbagai local wineries juga dapat kamu kunjungi. Jangan lewatkan untuk memesan segelas Blanc du Noir di Gruet dan bawa pulang sebotol 2016 Viognier atau 2014 Meritage dari Casa Rondeña. Jika kamu mencari sesuatu untuk menambah semangat di pagi hari, manjakanlah dirimu di salah satu kedai kopi lokal. Cobalah segelas Cortado di Zendo atau red chile mocha yang diracik dengan sempurna di The Brew.

5/5 Amazing local cuisines

39922948-bc30-4574-ac43-591f1de65f41.jpgFoto dok: El Pinto 

Selain pemandangan alam yang indah, Albuquerque juga terkenal akan berbagai makanan lokal yang unik yang memadukan cita rasa Amerika dan Spanyol. Bahan-bahan utama yang menjadi ciri khas hidangan di kota ini adalah cabai hijau dan merah yang dipanggang sempurna. Saat berkunjung jangan lewatkan untuk mencicipi berbagai macam Mexican food dan BBQ yang pastinya akan memanjakan lidahmu.