1111.jpgFoto: mb.com.ph

Pada momen pertandingan Euro 2020 antara timnas Hongaria vs Portugal, Stadion Puskas Arena, Budapest, Hongaria menarik perhatian dunia. Menjadi tempat laga pembukaan grup F pada ajang sepak bola bergengsi ini, stadion tersebut dipenuhi oleh kurang lebih 67.000 penonton suporter kedua tim.

Berbeda dari stadion-stadion lainnya, pembatasan jumlah penonton tidak berlaku di tempat ini. Pasalnya, hal tersebut dapat terwujud berkat percepatan program vaksinasi yang digulirkan di negara itu. Cakupan vaksinasi yang luas juga membuat asosiasi sepak bola Hongaria menginzinkan stadion tersebut untuk diisi maksimal.

Dilansir dari media asing, sekitar 5,3 juta warga Hongaria dari total 9,8 juta jiwa, diperkirakan telah menerima vaksin Covid-19, sebelum kick-off turnamen Euro 2020 dimulai pada 11 Mei 2021. Tingginya cakupan vaksinasi tersebut juga didukung oleh keputusan berani Perdana Menteri Hongaria, Viktor Orban yang menentang aturan Uni Eropa untuk menggunakan vaksin dari Rusia serta China guna mempercepat program vaksinasi di negara tersebut.

Selain menarik perhatian para pecinta bola, Hongaria juga menjadi salah satu negara favorit para wisatawan. Tidak hanya itu saja, negara yang menjadi rumah bagi tempat pemandian air panas ini memiliki sejuta pesona, mulai dari bangunan hingga sejarahnya yang patut di eksplorasi. Berikut lima destinasi rekomendasi kami di Budapest yang wajib masuk ke dalam daftar liburanmu.

1/5 Gellért Thermal Bath

gellert.jpgFoto dok: Budapest River Cruise 

Budapest dijuluki sebagai Kota Spa bukan tanpa alasan. Lebih dari 118 mata air panas alami mengalirkan 70 juta liter atau kurang lebihnya 15,3 juta galon air bersifat teraputik setiap harinya. Bertempat di Gellért Hotel yang terkenal di dunia, pemandian air panas di tempat ini hanyalah salah satu dari berbagai Spa yang memanfaatkan kualitas air yang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan. Spa mewah bergaya Art Noveau ini memiliki berbagai fasilitas kelas atas mulai dari ruang mandi uap, sauna, teras berjemur, pemandian air panas dan ruang pijat untuk memenuhi segala kebutuhan tamu. Jika kamu sedang berlibur di Budapest, pastikan untuk mengunjungi spa ini di pagi hari untuk menghindari keramaian dan pesan tur berpemandu untuk melewati antrean.

2/5 Budapest Chocolate Museum

coklat.jpgFoto dok: Trip Advisor

Apakah kamu penggemar coklat? Jika iya, maka berkunjung ke Budapest Chocolate Museum wajib masuk ke dalam daftar liburanmu. Berlokasi di pinggiran kota Budapest, museum ini menghadirkan berbagai cokelat lezat serta cerita menarik mengenai cokelat Hungaria yang penuh sejarah. Mengambil inspirasi dari buku Willy Wonka, museum ini akan membawa pengunjung ke dalam perjalanan kuliner melalui sejarah cokelat, lengkap dengan sesi mencicipi. Di tempat ini, para tamu juga bisa menikmati marzipan dan chocolate fountain, membuat coklat dan menjelajahi koleksi lukisan Hungaria yang bersejarah. Untuk kenyamanan, pengunjung juga disarankan untuk memesan tiket terlebih dahulu.

3/5 Széchenyi Thermal Baths

baths.jpgFoto dok: Daily News Hungary

Berlokasi di jantung Taman Kota Budapest, Pemandian Széchenyi adalah salah satu kompleks pemandian air panas terbesar di Eropa. Dibangun pada tahun 1913, spa ini memiliki tiga kolam renang luar ruangan besar, 10 kolam renang kecil di dalam, ruang pijat, sauna, ruang mandi uap, dan bahkan pemandian bir. Dibuka sepanjang tahun, tempat ini juga mengusung gaya Neo-Baroque yang megah dan menawan. Untuk menghindari keramaian antrean, pastikan untuk membeli tiketnya beberapa hari sebelum berkunjung.

4/5 Buda Castle

Buda Castle.jpgFoto dok: Lonely Planet

Distrik Kastil Buda yang ikonis ini memiliki kastil bersejarah dan kompleks istana megah berlatarkan pemandangan yang menawan. Istana bergaya Barok yang menakjubkan ini selesai dibangun pada tahun 1769, tetapi halaman kompleksnya pertama kali dibangun pada tahun 1265. Bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO, bekas Istana Kerajaan sekarang menjadi rumah bagi Museum Sejarah Budapest dan Galeri Nasional Hungaria . Castle Hill, yang terdiri dari seluruh kuadran atas Várnegyed (Castle Quarter), menampung berbagai museum, toko, restoran, kafe, dan hotel. Meskipun mengunjungi situs ini tidak memerlukan pemesanan sebelumnya, sangat disarankan agar perngunjung mendaftar untuk mengikuti tur berpemandu untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarah kastil dan kompleks istana.

5/5 Fisherman’s Bastion

5.jpgFoto dok: Guideadvisor.com

Menara pengintai Neo-Romawi yang bertempat di Fisherman's Bastion memberikan beberapa pemandangan terbaik di Budapest. Dibangun antara tahun 1895 dan 1902, tujuh menaranya melambangkan Tujuh Kepala Suku Magyar yang mendirikan negara Hongaria pada tahun 895M. Dikelilingi oleh tembok tebal yang pernah melindungi Kastil Buda dari serangan musuh, legenda mengatakan bahwa bangunan ini dulunya dilindungi oleh serikat nelayan. Oleh karena itu nama Fisherman’s pun digunakan untuk benteng ini. Selain pemandangan indah, kamu juga bisa menemukan berbagai spot untuk berfoto saat berkunjung.